City Travel
Wisata Sejarah di Nikko (Part 1)
2015-11-25 10:21:54
HIS Travel

Nikko mungkin saja tidak sebesar dan seramai Tokyo. Tetapi karena keindahan dan banyaknya objek wisata menarik yang terdapat di sana, kota ini menjadi salah satu kota yang sayang sekali kalau dilewatkan selama wisatamu ke Jepang.

Nikko terletak 140 Km arah utara dari Tokyo. Daerah ini sangat cantik dengan kotanya yang terletak di dekat kaki gunung, dialiri oleh sungai, danau, kolam dan air terjun.

Nikko Edomura Wonderland

Nikko Edomura (Edo Wonderland) adalah sebuah taman hiburan yang menceritakan tentang sejarah kehidupan masyarakat Jepang selama Periode Edo (1603 – 1868). Taman ini benar-benar ditata layaknya kota kecil yang memiliki arsitektur gata Edo serta masyarakat Jepang yang menggunakan pakaian tradisional. Kamu bisa mencoba berbagai atraksi menarik yang berada di sana. Pokoknya kamu jangan sampai tidak mengunjungi Edo Wonderland ya!

Lembah Irohazaka

Image source : http://www.japan-guide.com/

Satu hal yang seringkali terlewatkan oleh para  wisatawan ketika bepergian ke suatu tempat adalah bagaimana menikmati perjalanan itu sendiri. Menempuh ribuan kilometer, melewati benua dan samudra untuk mengunjungi tempat wisata yang dikagumi dengan berbagai cara untuk sampai ke sana. Pesawat, kereta, bus, kapal, taxi bahkan jalan kaki akan kamu lakukan. Semua perjalanan yang kamu lakukan juga memberikan kisah tersendiri yang tak kalah menarik dibandingkan kisah ketika kamu berada di lokasi wisata yang ingin kamu tuju.

Di Nikko, Prefektur Tochigi juga memiliki lokasi wisata unik berupa jalanan yang berliku memutari gunung, lho. Tempat itu disebut Irohazaka (いろは坂). Jalanan di Irohazaka yang curam dengan jurang di sisi jalan akan membuat perjalananmu menjadi lebih menantang. Inilah spot wisata perjalanan yang sedang digandrungi di Nikko. Pada musim dingin, kamu bisa menyaksikan pepohonan yang tumbuh di sekitar Irohazaka dilapisi oleh putihnya salju. Yang pasti kamu tidak akan bosan di perjalanan.

Danau Chuzenji

Image source : http://youinjapan.net/

Danau Chuzenji adalah simbol keindahan alam di daerah ini selama sepanjang tahun. Danau yang berlokasi di sekitar Gunung Nantai ini berada di ketinggian 1236 meter di atas permukaan laut . Di atas danau tersebut, kamu bisa naik gondola gantung hingga ke ruang observasi Akechidaira untuk melihat panorama di sekitar lembah, danau, hingga Air Terjun Kegon. Danau Chuzenji dapat dijangkau dengan bis dari JR dan Stasiun Tobu Nikko sekitar 50 menit perjalanan atau dengan mobil kira-kira 60 Km dari Utsunomiya.

Danau Chuzenji tercipta karena erupsi Gunung Nantai yang telah terjadi 20 ribu tahun silam. Diperkirakan danau ini memiliki luas 25 kilometer dengan kedalaman mencapai 163 meter. Jangan lupa naik boat untuk menikmati pemandangan yang sangat indah di sana ya.

Kuil Toshogu

Kuil kuno Toshogu (Ueno Toshogu) merupakan satu dari sekian banyak bangunan bersejarah dari kejayaan masa lampau negeri matahari terbit, Jepang. Kuil ini merupakan salah satu dari situs warisan dunia oleh UNESCO. Kuil Toshogu yang didirikan pada tahun 1627 ini adalah sebuah kuil yang memuja Tokugawa Ieyasu (Tocho Daigongen), orang yang telah membangun sejarah Edo selama 300 tahun sebagai seorang dewa. 

Bangunan utama kuil dilapisi dengan emas. Karena begitu megah dan mewahnya, bangunan pun disebut “Konjiki dou” yang artinya “Kuil Emas”. Di daerah kuil Toshogu juga terdapat lentera berukuran raksasa, yang tingginya mencapai 6,8 meter. Lentera ini merupakan satu dari 3 lentera batu terbesar di Jepang.

Tiket masuk sampai ke halaman dan bagi para peziarah itu gratis, kok. Tetapi kalau kamu ingin melihat ke dalam kuil jinja, kuil buddha dan pajangan barang berharga, kamu akan dikenakan biaya 500 Yen untuk dewasa sedangkan 200 Yen untuk anak-anak (anak sekolah dasar). Kalau kamu datang dengan rombongan (lebih dari 20 orang) kamu akan dikenakan 400 Yen.

Taman Botan

Image source : http://www.visit-matsue.com/

Taman tersebut masih berada di sekitaran Kuil Toshogu. Bunga Botan adalah simbol bagi masyarakat kalangan atas Jepang, juga disebut sebagai “Raja dari ratusan bunga”. Di dalam taman ini terdapat sekitar 250 jenis tanaman botan. Kalau kamu datang ke taman ini pada musim dingin, itu merupakan saatnya “Hatsumode” (acara berkunjung ke kuil saat menyambut tahun baru) dan kamu bisa melihat Botan yang tumbuh di musim dingin. 

Terutama pada bulan Januari sampai pertengahan Februari, bunga Botan akan mekar dengan indahnya. Dengan berlatarkan putihnya salju, kamu dapat melihat warna putih, pink dan merah dari bunga Botan yang bersemi di tengah dinginnya musim salju. Sungguh pemandangan yang tak boleh kamu lewatkan!

Kamu juga bisa kok membeli “jimat Botan” yang hanya dijual ketika bunga Botan sedang bersemi yang sangat lucu, lho. Untuk masuk ke taman ini, kamu harus membayar 600 Yen untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak usia sekolah dasar ke bawah. Tetapi kalau kamu datang bersama rombongan (lebih dari 20 orang), kamu akan dikenakan 500 Yen per orang. 

Jam buka taman ini adalah dari pukul 09:30 – 16:30 (jam terakhir masuk).

Kuil Futarasan

Image source : http://traveljapanblog.com/

Kuil ini bisa dibilang bertetangga dengan Kuil Toshogu karena hanya berjarak sekitar 10 menit jalan kaki saja dari kuil tersebut. Meskipun bertetangga, Kuil Futarasan ini memiliki gaya desain yang jauh lebih kalem dibandingkan dengan Kuil Toshogu dan mirip dengan kuil Shinto pada umumnya. Kuil ini dibangun dengan tujuan untuk memuja 3 gunung suci di Nikko, yaitu Gunung Nantai (Futarasan sendiri merupakan nama alternatif untuk Gunung Nantai), Gunung Nyoho dan Gunung Taro. 

Karena Gunung Nantai sejak dulu dianggap sebagai gunung suci, sudah sejak lama Kuil Futarasan ini menjadi kuil penting di area Shimotsuke (sekarang menjadi Prefektur Tochigi). Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu berada di Kuil Futarasan adalah sebuah jembatan suci bernama Jembatan Shinkuo yang lokasinya berjarak sekitar 1 kilometer dari kuil ini. 

Semoga perjalananmu menyenangkan!

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/group-tour-packages/7h5m-joyful-tokyo-nikko-world-heritage

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia 

Image source : http://www.thisgirlloves.co.uk/