City Travel
Wisata Santai yang Menyenangkan di Nusa Lembongan
2016-12-05 09:36:39
HIS Travel

Bali merupakan pulau yang menjadi salah satu atraksi wisata paling populer di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan bali? Mungkin tidak ada. Bahkan kebanyakan wisatawan mancanegara pun berkunjung ke Indonesia karena daya tarik pulau ini.

Tapi, kalau kamu mulai jengah dengan hiruk pikuk Pulau Dewata, masih ada kok, tempat wisata yang tidak kalah menarik! Kamu bisa mengunjungi Pulau Lembongan yang merupakan beberapa pulau kecil nan indah yang mengelilingi Bali.

Pulau Lembongan atau dalam bahasa Bali disebut Nusa Lembongan merupakan sebuah pulau kecil di dekat Nusa Ceningan dan 2 km di sebelah barat laut Nusa Penida terletak di Selat Badung sebelah tenggara Pulau Bali.

Karena jaraknya yang cukup dekat, Pulau Lembongan hanya membutuhkan perjalanan darat sekitar 1 jam dari Jimbaran kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan cruise sekitar 45 menit hingga 1 jam. Tarif untuk menyeberang sekitar 65,000. Karena perjalanan yang terkadang berangin dengan jarak yang cukup jauh ini, sebaiknya kamu menyiapkan obat antimo untuk yang mudah mual ya.

Tapi kalau kamu yang tidak ingin tertidur selama perjalanan, kamu bisa naik ke dek atas di kapal karena pemandangan Selat Badung yang benar-benar cantik!

Di Pulau ini tersedia berbagai aktivitas air yang sangat menarik, diantaranya adalah surfing, scuba diving, snorkelling, kayaking, banana boat, dan salah satu atraksi populernya adalah Bali Marine Walk!

Bali Marine Walk merupakan salah satu aktivitas air yang berlokasi di pantai Nusa Lembongan. Sesuai namanya, kamu bisa berjalan di dalam air sambil menikmati keindahan terumbu karang dan memberi makan para ikan yang bergerombol.

Bali Marine Walk menggunakan helm terbuka yang memungkinkan pemakainya untuk bertahan di bawah air.  Helm ini disambung dengan selang udara yang disambungkan dengan tank scuba untuk pernafasan kamu. Bagian dalam helm dirancang dengan mekanisme defogging yang mencegah jendela depan dari embun, sehingga kamu bisa melihat pemandangan dalam air dengan leluasa. Helm ini juga rilengkapi dengan ventilasi udara yang terus membuang udara yang tidak diperlukan dari helm.

Karena hanya membutuhkan helm untuk bisa berjalan di dalam air, dan tidak membutuhkan pakaian khusus, kamu bisa memakai pakaian bebas ketika melakukan marine walk.

Kalau kamu ingin mengabadikan momen ketika sedang berada di dalam air, kamu bisa meminta kepada staff untuk difoto dengan biaya sekitar 100,000 per foto, atau kalau kamu sudah menyiapkan kamera sendiri, pastikan untuk bisa bertahan untuk setidaknya di kedalaman 8 meter ya.

Selain berbagai aktivitas air, Nusa Lembongan juga terdapat tempat-tempat wisata menarik yang sayang kalau tidak kamu kunjungi, lho.

Image source : thunta00.wordpress.com

Bosan dengan pemandangan pantai yang begitu-begitu saja? Kamu bisa coba mengunjungi Devil’s Tears yang disebut-sebut sebagai tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Nusa Lembongan. Devil’s Tears menghadirkan pemandangan spektakuler dari atas tebing.

Salah satu saat terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika petang, karena kamu akan bisa menyaksikan sunset yang cantik, atau sekedar duduk menikmati hembusan angin laut seraya melihat ombak besar menghempas sisi tebing.

Kalau kamu berkunjung ke sini, dimohon untuk memperhatikan langkah dan jangan berdiri terlalu dekat dengan sisi tebing karena berbahaya!

Tebing ini berada di bagian timur Nusa Lembongan dan berdekatan dengan Dream Beach.

Kalau kamu tidak begitu suka dengan kegiatan air tetapi ingin menikmati pemandangan Nusa Lembongan, Samudera Hindia, Nusa Ceningan dan Nusa Penida yang indah dari Pura Puncak Sari. Pura Puncak Sari merupakan pura terbesar di Nusa Lembongan. Pura ini menjadi pura yang digandrungi pengunjung bukan hanya dari sisi sejarah dan budaya-nya saja, tetapi juga panorama yang ditampilkan dari pura ini.

Image source : hartalembonganvillas.com

Kalau kamu ingin menikmati aktivitas yang cukup menantang, kamu bisa mengunjungi Goa Gala, yang merupakan goa buatan bermaterial batu kapur yang terdapat di dekat Dream Beach. Goa ini dibuat oleh seorang pertapa bernama Made Byasa karena terinspirasi dari kisah Mabarata sehingga ia membuat tempat ini untuk pengasingan dirinya untuk lebih mendalami kisah tersebut.

Uniknya, goa ini memiliki fasilitas-fasilitas seperti dalam rumah pada umumnya lho. Bahkan Goa Gala juga dikenal dengan nama Underground House.