Food
8 wisata kuliner di Dubai
2018-05-01 08:16:47
HIS Travel

Apa yang akan kalian pikirkan begitu mendengar kata Dubai? Mungkin kita langsung berpikiran tentang yang mewah-mewah dan juga yang serba mahal ya. Mungkin banyak dari kita yang ingin berlibur atau berwisata ke Dubai karena keindahan dan pesona gemerlap malam Dubai yang tak pernah padam. Namun kita akan segera mengurungkannya karena tidak punya budget yang cukup. Padahal jika kita jeli dan cerdik, sebenarnya banyak penginapan murah di Dubai dan selain itu harga makanannya juga banyak yang relatif murah jika kita pandai mencarinya. Jika kalian berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Dubai, maka kalian wajib hukumnya untuk mencoba wisata kuliner di Dubai. Berikut adalah beberapa jenis makanan khas Dubai yang wajib kalian cicipi :

1. Falafel

image source : https://toriavey.com/toris-kitchen/falafel/

Jenis makanan pertama yang bisa kalian santap ketika berada di Dubai adalah makanan bernama Falafel. Makanan yang satu ini adalah makanan khas Timur Tengah yang bisa kita temui dengan mudah di berbagai tempat makan timur tengah di Dubai. Makanan  khas Timur Tengah ini bentuknya seperti bola-bola, terbuat dari kacang chickpea atau kacang Arab yang ditumbuk dan dipadatkan. Lalu bola falafel ini digoreng menggunakan minyak kapas. Kalian bisa menemukan penjual falafel di sepanjang jalanan kota Dubai dan harganya cukup terjangkau ya!

2. Fattoush

image source : https://www.taste.com.au/recipes/festive-fattoush/a90Eks12

Hidangan kedua ini sangat cocok bagi kamu yang ingin hidup sehat dan mungkin saja sedang diet. Fattoush sendiri adalah salad khas Timur Tengah yang mudah sekali kamu temukan di Dubai. Di dalam satu porsi Fattoush ini kita bisa menemukan sayuran yang dicampur dengan roti bakar/goreng, dan juga ditambah dengan ayam berempah. Sayuran yang biasnaya digunakan adalah selada, timun, tomat, dan juga ditambah dengan taburan buah delima. Bisa membayangkan betapa sehatnya makanan yang satu ini?

3. Al harees

image source : http://blog.papaorder.com/2016/02/22/do-you-love-al-harees-learn-how-to-cook-it/

Kuliner khas Dubai yang wajib kalian coba ketiga adalah santapan bernama Al Haress. Makanan khas Dubai adalah makanan yang memang identik dengan makanan timur tengah. Makanan bernama Al Haress ini sebenarnya adalah bubur khas Dubai. Bubur ini dibuat dengan gandum utuh yang telah dimasak menggunakan daging dan juga ditambahkan bumbu khusus. Biasanya Al haress ini disajikan secara hangat dan ditaburi berbagai jenis kacang-kacangan di atasnya. Duh bikin ngiler deh~

4. Kabsa

image source : https://www.hungryforever.com/recipe/kabsa-recipe/

Jika kalian ingin melakukan wisata kuliner di Dubai maka kalian harus mencoba yang namanya Kabsa. Makanan yang satu ini adalah makanan yang super lezat dan tidak boleh kalian lupakan ketika mampir ke Dubai. Nasi Kabsa ini adalah salah satu jenis hidangan yang cukup populer di Dubai, satu porsi Kabsa kita bisa menikmati nasi khas yang dimasak dengan bumbu khusus yang bercampur berbagai jenis rempahan seperti misalnya kayu manis, kunyit, kapilaga, daun salam, pala, dan juga limau hitam. Diidangkan bersama daging dan juga acar. Campuran di dalam nasi Kabsa ini membuat kita ketagihan. Kamu bisa menikmati nasi Kabsa ini di restaurant timur tengah ya!

5. Samoosa

image source : https://www.indianspice.co.za/2016/06/are-you-useless-at-samoosa-folding/

Next, ada makanan khas Timur selanjutnya yang bisa kalian jajal ketika liburan ke Dubai. Makan ini bernama Samoosa, mungkin kalian sudah paham dan tidak asing lagi ya dengan makanan yang satu ini karena di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang menjual Samoosa. Nah bagi kalian yang belum tahu mengenai samoosa maka kali ini kami akan membahasnya sedikit. Samoosa aadalah salah satu jenis makanan yang modelnya hampir seperti pangsit goreng namun bentuknya segitiga. Di dalam samoosa biasnaya diberi isian daging, nah samoosa ini biasanya digoreng dan juga bisa dipanggang. Kalian bisa menikmati hidangan samoosa ini dengan menyeruput teh khas Arab yang hangat.

6. Hummus

image source : https://cooking.nytimes.com/recipes/12703-hummus

Hummus ini bukanlah jenis makanan utama dan bukan makanan berat. Hummus merupakan makanan khas Timur Tengah yang bertekstur seperti selai dan digunakan untuk cocolan makanan lainnya. Hummus ini adalah salah satu cocolan atau saus khas Dubai yang cara membuatnya cukup mudah. Hummus ini terbuat dari kacang arab yang digiling hingga halus kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti bawang putih, minyak zaitun, air perasan lemon, dan juga saus wijen atau disebut juga sebagai Tahini. Hummus ini memiliki tekstur yang light dan rasa yang gurih dan authentic. Wajib dicoba ketika mampir ke Dubai!

7. Tabbouleh

image source : https://www.taste.com.au/recipes/super-easy-tabbouleh/16dcb249-05a1-4aa7-a114-d1270d555178

Makanan selanjutnya yang bisa kamu konsumsi ketika berada di Dubai adaalah makanan bernama Tabbouleh. Makanan ini makanan untuk vegetarian ya. Pada tahun 2014, makanan bernama Tabbouleh ini masuk ke dalam menu tradisional Unni Emirat Arab yang telah ditetapkan oleh Golden Globe 2014. Tabbobuleh ini berisi potongan peterseli, potongan tomat, daun mint, bulgur, daun bawang yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon, minyak zaitun, dan juga garam untuk menambah cita rasa. Ketika liburan ke Dubai wajib untuk mencicipi makanan sehat yang satu ini ya!

8. Moutabel

image source : https://id.pinterest.com/pin/433401164111319122/?lp=true

Makana terakhir yang harus kita cicipi ketika berada di Dubai adalah Moutabel. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan Hummus. Hanya saja terbuat dari terong dan memiliki rasa yang pedas. Sama seperti hummus, Moutabel juga digunakan sebagai saus cocolan. Biasanya masyrakat Dubai menggunakan Moutabel sebagai cocolan untuk daging panggan maupun cocolan roti khas Timur Tengah. Jika penasaran bagaimana rasanya maka kalian bisa mencari makanan ini di beberapa restaurant timur tengah.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai wisata kuliner di Dubai. Jika ingin mendapatkan liburan di Dubai yang menarik kami menyarankan agar Anda berlibur bersama HIS Travel. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi Anda semuanya!