Tips
Wisata Aman dan Lancar dengan Coin Locker
2016-10-28 04:31:17
HIS Travel

Transfer di Jepang memang sudah sangat praktis. Perjalanan bisnis jarak jauh pun tidak terbatas hanya dengan menggunakan pesawat, namun kereta juga merupakan transportasi terbaik untuk mencapai lokasi wisata yang jauh.

Untuk kamu yang sedang berwisata ke Jepang dengan tujuan yang beragam, memang masalah transportasi sudah bisa teratasi. Namun bagaimana dengan barang bawaanmu? Seandainya hotel tempatmu menginap dekat dengan stasiun, pilihan drop baggage memang bisa dilakukan. Tapi itu hanya berlaku untuk mereka yang sudah melakukan proses payment. Kalau kamu hanya baru membooking dan kemungkinan untuk berpindah hotel masih cukup besar, kamu harus memikirkan cara lain dimana menyimpan barang bawaanmu.

Di Jepang saat ini banyak tersedia coin locker yang bisa kamu gunakan. Ukurannya beragam, mulai dari small, medium, hingga large. Harganya pun beragam mulai dari 300 yen untuk locker ukuran small, 500 yen untuk ukuran medium, hingga 700 – 800 yen untuk locker ukuran large.

Adanya coin locker memang sangat membantu wisatawan. Kamu bisa langsung simpan barangmu di stasiun dan langsung pergi ke destinasi wisata tanpa harus pergi ke hotel. Kamu jadi bisa menghemat waktu.

Enaknya lagi, coin locker ini tidak hanya ada di stasiun atau di bandara saja. Di lokasi-lokasi wisata juga kamu bisa menemukan coin locker. Untuk keamanannya bisa dijamin kok.

Coin locker di Takeshita-dori

Coin locker di Museum Ghibli

Nah, kalau kamu ingin menggunakan coin locker, sebelumnya kamu harus membaca keterangan yang tertera di locker tersebut ya. Karena waktu penyimpanan locker berbeda-beda. Ada yang per jam, per 3 jam, per 6 jam dan perhari. Kamu tidak perlu khawatir, kok. Karena, di locker-locker tersebut biasanya disertai juga keterangan dalam bahasa Inggris.

Nah, bagaimana cara menyimpan barangmu?

Pertama kamu cari coin locker terdekat yang tersedia. Pilih locker yang sesuai dengan barang bawanmu. Pastikan barang yang akan kamu simpan tidak berisi barang-barang yang penting.

Opsi pembayaran berbeda tergantung jenis loker. Ada yang harus menggunakan uang muka 100 yen untuk bisa mengunci baru kemudian membayar sisanya ketika kamu akan mengambil barang, ada pula yang harus membayar seluruhnya di muka. Bahkan ada pula locker yang menerima transaksi menggunakan IC card.

Setelah kamu menaruh barang dan membayar, tutup rapat sampai terdengar bunyi semacam KLIK yang berarti locker sudah terkunci.

Kamu harus ingat bahwa begitu kamu locker sudah terkunci, kamu hanya bisa membuka kalau memang sudah tidak mau memakainya lagi ya. Karena kalau kamu membuka dan ingin menutupnya lagi, kamu akan dikenakan biaya dari awal.

Jangan sampai lupa untuk mengambil kunci atau tagihan dari lockernya dan mengingat lokasi lockermu ya. Karena setiap stasiun ada banyak sekali coin locker, dan tempatnya terpisah-pisah. 

Selamat berwisata...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia