People & Culture
Warna-Warni Festival Hantu Phi Ta Khon di Dan Sai Thailand
2017-06-12 05:34:10
HIS Travel

Selain Songkran, festival air terbesar di Thailand, ternyata negeri gajah putih ini juga memiliki beragam festival tahunan lainnya. Salah satunya yaitu Phi Ta Khon, festival hantu yang rutin diadakan setiap tahun di wilayah Dan Sai, provinsi Loei, Thailand. 

Mendengar kata hantu, tidak salah jika kamu mengaitkannya dengan hal-hal mistis dan menyeramkan. Akan tetapi, Phi Ta Khon justru sebaliknya. Festival ini dipenuhi dengan ornamen-ornamen warna-warni dan kemeriahan tiada henti yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Thailand.


Image source : flicker.com

Tradisi Phi Ta Khon bermula dari kisah kembalinya Pangeran Vessandorn, seseorang yang diyakini sebagai titisan Buddha, ke desa tempat dia sebelumnya di buang. Masyarakat setempat merasa begitu gembira dan langsung mengadakan festival penyambutan yang begitu meriah. Sampai-sampai para hantu pun dipercaya turut merasakan kegembiraan tersebut. Oleh karena itu, festival ini disebut juga sebagai festival hantu.

Festival Phi Ta Khon yang penuh warna dan semangat yang tinggi menjadi fokus utama dari perayaan tersebut, dimana penduduk setempat menari dan mengenakan topeng besar berwujud hantu yang terbuat dari batang pohon kelapa yang diukir dan anyaman rotan yang membuat mereka terlihat begitu seram. Namun, topeng tersebut dicat warna-warni sehingga menjadi daya tarik tersendiri.


Image source : thaivisa.com

Festival hantu Phi Ta Khon berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Dimulai dengan upacara pemanggilan Phra Uppakut yang dipercaya akan membuat festival ini bebas dari masalah. Upacara dipimpin oleh pria berpakaian putih yang menjadi pelayan pemimpin roh yang disebut Jao Por Guan. Mereka kemudian pergi dari Kuil Phon Chai menuju Sungai Man untuk mencari batu di dasar sungai yang melambangkan Phra Uppakut. Batu tersebut kemudian dibawa kembali ke kuil.

Pada hari kedua, warga lokal akan berpakaian seperti Phi Ta Khon dan dengan riang berdansa dan melakukan pawai di sekitar kota. Bisa dibilang ini adalah puncak dari festival Phi Ta Khon yang sangat terkenal. Kamu akan melebur bersama warga lokal dan wisatawan lainnya. Kamu juga bisa melihat beragam kostum berwujud hantu yang menyeramkan, tetapi sangat berwarna-wani.

Sore harinya ada prosesi pemujaan Phra Wet. Prosesi tersebut dipimpin oleh pemimpin Por Saen yang memegang nampan Bai Sri. Saat prosesi berlangsung, semua penduduk desa akan berpakaian putih. Jadi, jangan sampai kamu salah kostum ya!


Image source : windowonphuket.com

Sedangkan pada hari terakhir, roket bambu akan diluncurkan ke langit dengan harapan membawa hujan yang cukup untuk pertanian mereka. Kemudian festival Phi Ta Khon diakhiri dengan melempar kostum dan topeng raksasa ke sungai. Mereka percaya hal tersebut dapat mencegah nasih buruk dikemudian hari. 

Selain pawai bertopeng yang sangat unik, ada kegiatan lain yang bisa kamu nikmati saat festival hantu Phi Ta Khon berlangsung yaitu lomba membuat topeng Phi Ta Khon, lomba Phi Ta Khon anak-anak, lomba untuk menerbangkan roket setinggi mungkin, dan kegiatan mendengarkan kotbah mengenai kisah Budha, terutama mengenai kisah pangeran Vessandorn. Tidak ketinggalan, ada juga festival dan stand makanan yang menjual produk lokal khas Thailand.


Image source : flicker.com

Tidak ada tanggal pasti kapan festival ini dilangsungkan. Pemerintah setempat mengatakan bahwa Phi Ta Khon biasa dilangsungkan antara bulan Maret hingga Juli. Untuk menentukan tanggal yang tepat, mereka harus menunggu bisikan gaib terlebih dahulu. Biasanya paranormal desa setempat yang menerima bisikan tersebut. 

Beruntungnya, untuk tahun ini mereka sudah menetapkan tanggal yang pasti yaitu 24 - 26 Juni 2017. Jadi kamu bisa bersiap-siap mengikuti festival Hantu Phi Ta Khon di Thailand!

Top image source : walter-travels.blogspot.co.id