Tips
WAKTU TERBAIK UNTUK BERKUNJUNG KE HONGKONG
2017-11-28 07:38:06
HIS Travel

Setiap negara memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, begitu pun dengan Hongkong. Negara ini tentu memiliki kondisi dan budaya yang berbeda dengan Indonesia. Sebelum pergi ke Hongkong, cari tahu dulu kondisi cuaca dan acara apa saja yang ada di sana untuk menentukan waktu terbaik untuk berkunjung.

Berbeda dengan Indonesia yang beriklim tropis, Hongkong memiliki iklim sub tropis dengan perkiraan cuaca yang lebih variatif. Musim panas di Hongkong umumnya panas dan lembab, sementara musim dingin sejuk dan kering. Inilah uraian kondisi iklim Hong Kong sehingga rencan bepergian ke sana dapat direncanakan terlebih dahulu.

Bulan Maret - April dan Oktober - November: Ini adalah saat terbaik dalam setahun untuk mengunjungi Hong Kong. Waktu musim semi (Maret - April) di Hongkong membuat malam hari terasa sejuk. Sedangkan di bulan Oktober dan November ada angin sepoi-sepoi yang menyejukkan. Sinar matahari yang terik namun tidak terasa panas membuat musim gugur menjadi waktu yang ideal untuk mengunjungi Hongkong.

Source: https://nazarul14.wordpress.com/2017/03/13/hosema-part-i/

Bulan Mei - September: Di bulan-bulan ini adalah musim topan di Hong Kong, inilah sebabnya tidak disarankan untuk mengunjungi Hongkong di bulan-bulan ini. Bulan Juni sampai Agustus adalah saat kota cenderung menjadi sangat panas, basah dan lembab. Suhu bisa melampaui 31 °C dan tingkat kelembaban yang tinggi membuat setiap orang sulit untuk menikmati aktivitas di luar ruangan. Di periode ini juga akan banyak turun hujan lebat disertai angin topan.

Source: http://kiechan.blogspot.co.id/2014/02/surprise-hongkong-bisa-sedingin-itu-my.html

 

Desember - Februari: Cuaca di Hongkong akan jadi sangat dingin pada periode ini. Suhu akan tetap kering dan langit mendung, dengan temperature yang bisa turun hingga di bawah 10 °C.

 

Tak hanya berdasarkan cuaca, berbagai festival yang diadakan di Hongkong juga bisa dijadikan pertimbangan waktu berkunjung.

Antara bulan Februari hingga April banyak sekali festival menarik di Hongkong yang bisa dikunjungi. Di periode ini terdapat Festival Bela Diri Hongkong di mana akan ada atraksi bela diri kung fu atau pertunjukan bela diri dari negara-negara lain. Tak hanya itu, ada pula Fetival Buku yang menghadirkan banyak penulis ternama. Selain itu ada Festival Film Internasional Hongkong yang biasanya diadakan selama tiga minggu, dari akhir bulan Maret hingga awal bulan April.

Satu lagi event yang tak kalah  besar di Hongkong adalah Festival Tahun Baru Cina atau lebih dikenal dengan sebutan Tahun Baru Imlek. Saat Tahun Baru Imlek akan banyak lampion merah dipasang sebagai makna keberuntungan, serta dimeriahkan pula dengan festival kembang api.

Source: https://blog.oup.com/2015/03/word-game-chinese-new-year-lantern-festival/

Perayaan Malam Natal di Hongkogn juga berlangsung meriah. Berbagai toko dan tempat-tempat umum di Hongkong akan didekorasi secara khusus untuk meramaikan Malam Natal. Tapi perlu diperhatikan untuk ketersediaan akomodasi atau tempat menginap karena membludaknya jumlah wisatawan pada hari tersebut. Selain itu, jika ingin reservasi restoran untuk Malam Natal sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari.

Pada bulan September ada beberapa Festival Pertengahan Musim Gugur, di antaranya perayaan kelahiran Tin Hau yang diadakan di hari ke-23 di bulan ke-tiga pada tahun Lunar. Ada juga Perayaan Cheung Chau Bun yang biasa diadakan selama empat hari di bulan keempat pada tahun Lunar. Tak hanya itu, ada pula perayaan kelahiran Sidharta Gautama di Pulau Lantau yang diadakan pada hari ke-delapan di bulan ke-empat tahun Lunar.

Di bulan Oktober hingga November ada Festival Dine and Wine di mana para pengunjung bisa mencoba berbagai aneka wine, serta penawaran eksklusif bagi para pencinta kuliner.

Source: https://www.flavoursapulia.com.hk/news/winedine2016/

 

Itu tadi penjelasan mengenai waktu terbaik untuk berkunjung ke Hongkong. Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Hongkong yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Hongkong bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Hongkong murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!