City Travel
Wakayama Trip
2015-08-07 08:54:08
HIS Travel

Prefektur Wakayama beribukota Wakayama berada di selatan Osaka di wilayah kansai. Sejak zaman kuno, Wakayama disebut “negeri pohon” karena daerah ini dipenuhi hutan dan gunung (sekitar 70% merupakan kawasan pegunungan). Lembah dan pegunungan Prefektur Wakayama merupakan lokasi kuil-kuil Buddha dan Shinto yang penting, termasuk Gunung Koya dan tiga Kuil Shinto Kumano. Gunung Koya adalah pusat agama Buddha sekte Shingon. Di Wakayama terdapat taman pemakaman paling besar di Jepang. Wakayama juga dikenal dengan tanah yang subur dan pemandian air panasnya yang alami.

Tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi :

  • Gunung Koya

Gunung Koya (Koyasan) berlokasi di Wakayama. Kawasan ini memberikan kenyamanan tersendiri, terlebih karena kawasan ini memang dipadati oleh kuil-kuil dari ajaran Buddha Shingon. Gunung Koya merupakan destinasi wisata yang mudah dicapai. Setiap harinya tersedia kereta yang berangkat dari Stasiun Osaka Namba di kota Osaka menuju Stasiun Gokurakubashi yang berada di kaki Gunung Koya. Ada 3 macam kereta yang tersedia untuk menuju kesana. Ada yang berkelas limited express (perjalanan 80 menit), express (perjalanan 100 menit), dan local. Masing-masing kelas memiliki harga yang berbeda dan waktu tempuh yang berbeda pula.

Setelah sampai di Stasiun Gokurakubashi, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki cable car untuk menuju ke Stasiun Koyasan. Perjalanan ini memakan waktu hanya sekitar 10 menit.

Waktu yang paling baik untuk pergi ke Gunung Koya adalah pada saat musim gugur. Di sana kamu bisa menikmati keindahan daun berguguran. Gunung Koya ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada 7 Juli 2004 dan mendapatkan bintang 3 oleh Michelin Green Guide.

  • Okunoin

Di Gunung Koya terdapat sebuah tempat bersemayam salah satu orang paling dikenal dalam sejarah kepercayaan di Jepang. Okunoin merupakan salah satu tempat paling terkenal dan sakral di Gunung Koya. Jasad Kobo Daishi atau yang lebih sering dikenal dengan nama Kukai, seorang biksu pendiri ajaran Buddha Shingon disimpan di gunung ini. Selain itu, Okunoin  juga merupakan kompleks makam terluas di Jepang yang menjadikannya salah satu tempat berziarah terpopuler di Jepang. Untuk menuju ke Okunoin dari Stasiun Koyasan dengan bis hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

  • Kuil Kongobuji

Kuil Kongobuji merupakan kuil pusat dari ajaran Shingon Buddhism yang menguasai kawasan Koyasan. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini di musim gugur karena pastinya akan jauh lebih indah. Agar bisa menikmati keindahan arsitekturnya dan bersantai di taman zen, lebih baik jika kamu mendatangi Kongobuji di pagi hari.

  • Danjo Garan

Kawasan Danjo Garan dapat digambarkan sebagai pusat Koyasan, yang dibuka Kukai (alias Kobo Daishi) sebagai tempat untuk pelatihan rahasia agama Buddha aliran Shingon. Dua buah bangunan yang paling menonjol di kawasan Danjo Garan ini adalah aula Kondo dan Konpon Daito Pagoda, yang merupakan pagoda berukuran sangat besar setinggi 45 meter.

  • Kastil Wakayama

Kastil Wakayama (Wakayama-jō) dibangun pada tahun 1585 atas perintah Toyotomi Hideyoshi. Sekarang kastil ini berfungsi sebagai lambang Kota Wakayama. Wilayah kastil yang memiliki sekitar 600 pohon sakura ini juga merupakan tempat populer untuk menikmati bunga sakura pada musim semi. Taman Momijidani yang terletak di dalam wilayah kastil juga menawarkan pemandangan yang spektakuler pada musim gugur.

Untuk menuju ke sini kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Nankai Nakayama.

  • Kumano

Area Kumano dikenal sebagai “tanah suci tempat para dewa tinggal” dan merupakan salah satu dari dua tempat perziarahan yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO selain Camino de Santiago di Spanyol. Di Kumano terdapat “Kumano Sanzan”, yaitu tiga kuil Shinto yang terkenal; Kuil Agung Shinto Kumano Hongu, Kuil Agung Shinto Hayatama, dan Kuil Agung Shinto Kumano Nachi. Selain Kumano Sanzan, di Kumano kamu juga bisa melihat “Nachi no Taki”, yaitu air terjun setinggi 133m. Nachi no Taki termasuk dalam tiga air terjun besar di Jepang. Rute ziarah yang menuju ke Kumano Sanzan dikenal sebagai “Kumano Kodo”. Kumano Kodo adalah jalur ziarah yang digunakan para kaisar dan tentara Jepang sejak masa kekuasaan Heian (794-1192). Jalur ini melintasi hutan dan perkebunan, desa dan kota-kota kecil yang membentang di wilayah Kansai.

  • Hongu Onsen-kyo

Merupakan daerah mata air panas dekat Kumano Hongu Grand Shrine dan berisi tiga onsen yang berbeda; Yunomine Onsen adalah sebuah sumber air panas yang unik dan terpencil dan disebut-sebut sebagai mata air panas tertua di Jepang. Yuminome Onsen termasuk sebagai situs warisan dunia UNESCO. Kawayu onsen adalah sumber air panas yang cukup unik karena sumber air panas yang muncul setelah menggali di tepi sungai. Wataze Onsen adalah sumber air panas yang memiliki salah satu rotenburo (pemandian terbuka) bergaya taman yang merupakan salah satu yang terbesar di Jepang Barat.

Kalau kamu ingin mencoba berwisata alam di Jepang, maka Wakayama adalah pilihan yang tepat. Ada banyak sekali tempat-tempat yang menarik di Wakayama. Tempatnya terletak sekitar satu jam dari Osaka dan sekitar dua jam dari Kyoto. Tempat tersebut sangat strategis karena dekat dengan Bandara Internasional Kansai, bandara terbesar kedua di Jepang, yang dapat ditempuh dalam 40 menit.

H.I.S. Tours & Travel siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia