Food
Wajib Coba 12 Jajajan Khas Jepang Ini!
2017-09-26 07:52:33
HIS Travel

Jepang bisa dibilang surganya jajanan enak dan unik, tanpa terkecuali jajanan pinggir jalannya. Di Jepang sendiri, gerobak atau kios-kios yang berjajar di sepanjang jalan disebut Yatai. Yatai sering ditemukan di festival-festival atau pada hari biasa di sepanjang jalan. Karena mudah ditemui dan banyak pilihannya, Yatai menjadi permulaan wisatawan untuk berpetualang mencari makanan-makanan khas Jepang. Penjual menawarkan kemudahan dan kelezatan berbagai pilihan makanan yang tersedia di pinggir jalan dengan harga yang murah, kualitas baik, dan nikmat.

Sumber gambar: www.japan-talk.com

Berbagai pilihan makanan di Yatai disesuaikan dengan musim di Jepang, misalnya yakiimo (ubi bakar) dijual saat musim dingin atau kakigori (es serut) yang dijual saat musim panas, makanan-makanan yang dijual juga kadang bergantung dari daerah masing-masing. Nah, berikut ini 12 pilihan jajanan pinggir jalan khas Jepang yang umum dan paling enak untuk dicoba saat berkunjung ke Jepang!

1. Takoyaki

Sumber gambar: www.japan-talk.com
Takoyaki merupakan bola-bola cokelat keemasan yang dibakar dengan isi berupa tako atau gurita, tenkasu (tempura scraps), benishoga (jahe merah), dan bawang. Makanan ini berasal dari Osaka, adonan bola yang dibakar di atas panggangan dengan cetakan bisa menjadi tontonan pembeli dengan pertunjukan dari penjual yang akan memamerkan keahliannya membalikkan adonan bola dengan lincah menggunakan sumpit. Takoyaki yang sudah matang biasanya dimakan selagi hangat, gurih diluar dan lembut di dalam, dipadukan dengan saus mayonnaise khas Jepang yaitu saus berwarna cokelat yang mirip dengan Worcestershire, serta aonori (rumput laut kering) dan katsuobushi (ikan cakalang kering). Takoyaki memiliki rasa yang menakjubkan, tapi hati-hati ketika memakannya karena panas dan bisa membuat lidah agak kelu, ditiup perlahan kemudian bisa dinikmati.

2. Yakisoba

Sumber gambar: travelphotodiscovery.com
Festival di Jepang belum lengkap tanpa adanya Yakisoba. Mie putih, daging (biasanya babi), kol dan bawang ini dipanggang bersamaan di atas pemanggang, kemudian di atasnya ditaburi benishoga, katsuobushi, aonori, dan sedikit saus Worcestershire, mayonaise Jepang, dan sebagai tambahan biasanya telur. Mie yang kenyal dengan paduan berbadai topping membuat Yakisoba selalu dicari wisatawan saat berkunjung ke Jepang.

3. Yakitori

Sumber gambar: www.japanimal.org
Makanan klasik khas Jepang dengan bentuk seperti sate ini berbahan dasar ayam. Yakitori begitu populer di seluruh Jepang, daging ayam ditusuk dan dibakar di atas panggangan tentunya setelah dilumuri bumbu yang unik. Bahan-bahan bumbunya termasuk wasabi, umeboshi (buah plum), karashi (mustard), tare (saus kedelai), dan garam. Tidak hanya daging ayam yang ditusuk dalam satu tusukan, tetapi berbagai variasi seperti negima yakitori misalnya dilengkapi dengan bawang dan tsukune yang dicampur dengan bumbu daging ayam cincang. Meskipun ayam yang biasanya menjadi pilihan daging untuk bahan dasar yakitori, daging babi dan daging sapi juga kadang disediakan penjualnya.

4. Imagawayaki

Sumber gambar: www.japan-talk.com
Imawagayaki merupakan makanan manis yang dijual di pingging jalan dibuat dengan adonan telur, tepung, gula dan air yang dipanggang pada cetakan berbentuk lingkaran. Imawagayaki yang sudah matang berwarna cokelat keemasan dan didalamnya berisi pasta kacang merah, cokelat atau custard. Jajanan ini pertama kali dijual di area jembatan sekitar zaman Edo, imawagayaki juga terkenal sebagai taiko-manju dari wilayah Kansai.

5. Ikayaki

Sumber gambar: www.japan-talk.com
Ikayaki merupakan cumi utuh yang dipanggang dengan stik, terdengar terlalu mewah disebut jajanan pinggir jalan tetapi penjual di Yatai memiliki konsep yang sederhana untuk ikayaki. Hasil laut yang segar yang dipanggang dan dilumuri saus spesial kemudian ditambahkan irisan lemon atau jeruk nipis menjadikan tekstur cumi lebih terasa dan lezat dinikmati ketika hangat.

6. Yakiimo

Sumber gambar: www.japan-talk.com
Ingin merasakan sensasi makanan kuno khas Jepang? Cobalah yakiimo. Satsuma-imo (salah stau jenis ubi Jepang) dibakar di atas tungku api dan disajikan di atas kertas cokelat sebagai pembungkus. Biasanya dinikmati selagi panas-panas, gigit bagian kulit ubi pelan-pelan. Jajanan ini biasanya ditemukan sepanjang musim gugur dan musim dingin dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh, tetapi di musim lainnya juga yakiimo kadang gtersedia di Yatai. Mudah sekali untuk menemukan penjual yakiimo, ikuti aroma manis ubi yang tercium sepanjang Yatai, atau pasang telinga untuk mendengarkan suara-suara penjual yang menyanyikan lagu-lagu andalan mereka.

7. Yaki Tomorokoshi

Sumber gambar: www.japan-talk.com
Yaki tomorokoshi merupakan jagung bakar yang dilumuri saus lezat, mirin dan mentega, yang memberikan rasa manis pada jagung, gurih dan lembut terasa pada tekstur jagungnya. Jagung banyak ditemukan sepanjang musim panas dan di musim ini yaki tomorokoshi bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan dan festival-festival musim panas yang banyak digelar di seluruh wilayah Jepang. Jagung bakar menawarkan panganan kecil yang bisa mengisi perut, pilihan jajanan pinggir jalan yang sehat dibanding jajanan yang digoreng atau cemilan manis.

8. Krepes

Sumber gambar: www.japan-talk.com
Panganan ini populer dan dikenal dengan asalnya dari Perancis, tetapi krepes sudah sering ditemukan dan dikenal sebagai makanan Jepang. Krepes juga populer menjadi jajanan pinggir jalan di Jepang, dibuat oleh Tokyo's buzzy Harajuku yang terkenal. Krepes dibuat dari mentega yang dimasak di atas lempengan wajan, kemudian diisi dengan bahan-bahan manis seperti cream, cokelat dan buah, dilipat menjadi bentuk segitiga dan dilapisi kertas sebagai kemasan untuk dimakan sambil berjalan-jalan.

9. Wataame

Sumber gambar: www.japan-talk.com
Panganan manis dengan bentuk seperti awan yang lembut, wataame yang juga dikenal dengan sebutan watagashi merupakan cotton candy khas Jepang. Wataame bisa ditemukan di Yatai sepanjang jalan atau festival-festival di seluruh wilayah Jepang, pembeli bisa menyaksikan cotton candy yang berputar di stik dan menggumpal atau bisa langsung membeli wataame yang sudah dikemas dalam kemasan plastik yang biasanya bergambar karakter manga. Panganan ini begitu disukai oleh anak-anak.

10. Permen Buah

Sumber gambar: muza-chan.net
Jajanan pinggir jalan yang terkenal di mana pun, permen buah ini bisa ditemukan di seluruh Jepang dengan berbagai variasi. Mulai dari anzu ame (permen aprikot) hingga ringo ame (permen apel), jangan lupa dilumuri sirup buah yang disediakan. Ketika berkunjung ke Jepang, cobalah ichigo ame (permen strawberry) saat musim strawberry untuk merasakan nikmatnya buah-buahan segar dari Jepang yang diolah menjadi jajanan lezat.

11. Choco Banana

Sumber gambar: joaomaia.photoshelter.com
Choco Banana merupakan hidangan penutup yang menarik, tidak hanya di restoran hidangan ini juga terkenal menjadi jajanan pinggir jalan. Sesuai dengan namanya, pisang yang dilumuri dengan cokelat ini menjadi favorit wisatawan. Pillihan cokelat bisa disesuaikan seperti cokelat, cokelat putih, hingga taburan warna-warni yang manis.

12. Kakigori

Sumber gambar: sugoi.vn
Tidak ada kreativitas yang mengalahkan ramuan khas Jepang ini, kakigori atau es serut merupakan jajanan populer bagi wisatawan saat berkunjung di musim panas. Es yang diserut ditambahkan berbagai rasa seperti teh hijau dan lemon, ditaburi topping lezat seperti kacang merah hingga mochi, jelly dan cream. Kakigori biasanya dinikmati sambil memakai yukata di bawah langit malam dan menyaksikan kembang api selama festival musim panas, itulah gambaran klasik musim panas di Jepang.

Itulah 12 jajanan pinggir jalan yang pastinya membuat wisatawan ingin mencoba semuanya. Selain unik, lezat, dan harganya terjangkau, jajanan khas Jepang ini selalu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Jangan sampai melewatkan untuk mencoba semua jajanan pinggir jalan khas Jepang di atas saat berkunjung ke Jepang.

Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!

 

 

tour jepang, tour ke jepang, paket tour jepang, promo ke jepang, liburan ke jepang, tiket kereta jepang, wisata jepang, disneyland jepang, shinkansen jepang, sewa wifi jepang, japan rail pass, sim card jepang