People & Culture
Ingin Menghadiri Upacara Pernikahan Di Thailand? Simak Yang Satu Ini Dulu Yuk!
2017-08-25 08:09:11
HIS Travel

Pernikahan merupakan hal yang amat sakral. Upacara ini, umumnya dilakukan sekali seumur hidup, sampai menempuh hari tua yang bahagia. Agar prosesi berjalan lancar, upacara pun dilakukan secara normal dan menyesuaikan dengan kaidah yang berlaku. Hal ini berlaku dimanapun, termasuk juga dengan upacara pernikahan di Thailand.

Selain menikah dalam suasana yang meriah, setiap insan pasti ingin menikah dengan orang yang ia sayangi. Kepribadian yang unik, dan berbalut dengan sosok yang rupawan, membuat setiap mempelai berusaha sekuat tenaga untuk mengusahakan segalanya di hari H. Bila Anda ada di posisi mereka, Anda tentu akan melakukan hal yang sama bukan?

Ketika upacara pernikahan akan digelar, ratusan undangan pun disebar. Mungkin, Anda pernah menerima salah satu undangan pernikahan tersebut, atau bahkan, Anda pernah diundang untuk menghadiri upacara pernikahan di Thailand?

Sebagai tamu undangan yang baik, Anda tentunya akan menyempatkan diri untuk menghadiri pesta tersebut. Namun, Anda tentunya butuh referensi seputar gambaran prosesi upacara pernikahan di Thailand bukan?

Referensi ini Anda perlukan, agar nanti saat Anda menghadiri acara bersama partner Anda, kalian berdua tidak lagi merasa canggung dengan suasana unik di upacara tersebut. Bilapun Anda sudah terlanjur penasaran, mari kita simak artikel berikut yang mengulas upacara pernikahan di Thailand berdasarkan fakta yang ada. Selamat menyimak!

 

Di Thailand, Jeda Waktu Tunangan Dengan Prosesi Pernikahan Berlangsung Amat Cepat


Image source : http://warta.sumedang.info/

Setiap negara tentunya memiliki trend yang cukup unik dalam setiap penyelenggaraan prosesi pernikahannya. Di Thailand, makin banyak orang yang melakukan prosesi pernikahan, hanya berselang beberapa jam dari prosesi pertunangan. Dalam kata lain, mereka melakukan pertunangan di pagi hari, kemudian pada malam harinya mereka sudah melangsungkan pesta pernikahan.

Bila Anda diundang untuk menghadiri pesta pernikahan disana, pastikanlah Anda betul-betul menanyakan tentang tanggal dan jam acara secara persis. Jangan sampai Anda sudah jauh-jauh kesana, tapi Anda malah tidak ikut hadir dalam prosesi hari bahagia yang sedang dihelat.

 

Mayoritas Pengantin Thailand, Amat Mempercayakan Tanggal Prosesi Pernikahan Ke Para Pendeta


Image source : https://www.flickr.com/photos/caelable/

Bila orang yang mengundang Anda merupakan kalangan yang beragama Budha, mungkin Anda akan mendapati penentuan tanggal yang begitu mendadak. Hal ini amat mungkin terjadi, terlebih bila kedua mempelai amat memasrahkan tanggal berlangsungnya pernikahan mereka ke pihak pendeta.

Untuk itu, Anda harus siap berterus terang bilapun Anda tidak siap untuk menghadiri acara tersebut. Jangan sampai Anda sudah berkata iya, namun pada akhirnya malah membuat mereka kecewa. Akan tetapi, bilapun Anda masih ingin berjuang untuk dapat hadir, Anda masih bisa mencari tiket perjalanan ke Thailand via H.I.S Travel. Secara berkala H.I.S Travel akan menyelenggarakan program promosi, yang tentunya dapat menghemat biaya perjalanan Anda kesana.

 

Upacara Pernikahan Di Thailand Juga Mengenal Istilah Mas Kawin Loh! Jadi, Bukan Hanya Ada Di Indonesia Saja


Image source : http://www.viva.co.id/

Seperti halnya dengan negara tercinta, Thailand juga mengenal istilah mas kawin dalam prosesi pernikahannya. Untuk nilai mas kawin, biasanya sesuai dengan apa yang disepakati dengan orang tua calon mempelai wanita. Disana, mas kawin sendiri dikenal dengan istilah Thong Mun, yang berarti “Emas pada hari pernikahan”.

Namun saat Anda menghadiri pesta nanti, bilapun mas kawin yang dipersembahkan bukan berupa emas, Anda jangan heran. Walaupun secara harfiah Thong Mun adalah Emas, tak sedikit pasangan yang mempersembahkan property kepada pihak wanita.

Di negri gajah putih itu, masyarakatnya juga mengenal istilah “makin besar mas kawin, maka semakin terhormat pula kedudukanmu”. Oleh karenanya, bilapun pihak yang mengundangmu itu adalah golongan yang terhitung kaya, pastinya nilai mahar tidaklah murah. Bilapun nilai mas kawin yang disanggupi pihak calon mempelai pria ternyata dirasa kurang, orang tua calon mempelai wanita berhak menolak lamaran yang diajukan untuk putri kesayangannya.

 

Upacara Pernikahan Tidak Akan Lengkap Bila Tidak Ada Rangkaian Bunga Yang Terhubung Di Kepala Kedua Mempelai


Image source : http://perempuan.com/

Disana, prosesi pernikahan berlangsung dengan unik. Upacara pernikahan di Thailand, diselenggarakan dengan memasangkan rangkaian bunga yang saling terhubung di kepala kedua mempelai. Bila Anda menemukan upacara pernikahan di Thailand yang diberlangsungkan seperti ini, Anda terhitung beruntung. Sebab, tak banyak orang Indonesia yang bisa melihat upacara Rod Nam Sang tersebut.

 

Upacara Yang Dilakukan Dengan Prosesi Budha, Biasanya Disusul Dengan Pendaftaran Pernikahan Secara Budha Pula

Dalam upacara pernikahan di Thailand, terdapat prosesi pemberkatan yang ditandai dengan penuangan air ke telapak tangan masing-masing pengantin. Disini, pendeta akan membacakan kitab suci Budha, dan melanjutkan semua prosesi hingga pernikahan selesai. Selepas acara pernikahan tersebut, biasanya para pengantin akan mendaftarkan prosesi pernikahan yang sudah mereka lakukan secara Budha.

 

Pihak Yang Mengundang Anda Tidak Mendaftarkan Pernikahannya Secara Budha? Jangan Heran!

Seperti halnya dengan Indonesia, negri Thailand juga memiliki beberapa adat dan kebiasaan. Disana, ada sebagian orang yang memang tidak memeluk ajaran Budha, atau hanya sekedar percaya dengan kepercayaan tersebut. Bilapun pihak yang mengundang Anda tidak mendaftarkan pernikahannya secara Budha, Anda tidak perlu heran.

Disana, para pengantin yang tidak mengurus pendaftaran secara Budha akan datang ke sebuah kantor khusus yang sudah ditunjuk oleh negara. Meskipun prosesi pasca upacara dilakukan tidak dengan mengikuti ajaran Budha, pengantin perempuan biasanya tetap memakai baju adat Thailand, lengkap dengan hiasan bunga di kepala. Sementara mempelai pria, biasanya akan menggunakan jas dan dasi, yang lebih kekinian namun tetap elegan.

 

Itulah sederet fakta yang bisa Anda jadikan referensi tentang keunikan upacara pernikahan di Thailand. Setelah Anda mengetahui prosesi yang dijalankan, semoga Anda tidak lagi terheran-heran dengan segala keunikan yang terlihat selama pesta pernikahan dihelat. Anda juga dapat lebih mudah membaur, setelah tau tentang fakta-fakta tadi.

Satu hal yang pasti. Jangan lupa ucapkan selamat menempuh hidup baru kepada pasangan yang sudah mengundang Anda ya. Semoga dengan kehadiran Anda dan partner, kebahagiaan mereka bisa makin terlengkapi, dan silaturahmi dapat terjalin lebih erat lagi.

Ingin memesan tiket ke Thailand dengan lebih mudah? Segera kunjungi website H.I.S Travel!

Top image source : http://perempuan.com/