Tips
Tukar JR PASS dan Reservasi Tiket Dengan JR Pass
2016-12-03 07:14:15
HIS Travel

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Jepang, pastinya kereta akan menjadi transportasi utamamu selama berada di sana. Asiknya kalau kamu pergi ke Jepang adalah, mereka menyediakan banyak sekali pass-pass khusus untuk wisatawan asing dengan harga yang luar biasa murah.

Salah satu pass yang paling dicari adalah Japan Rail Pass atau yang biasa dikenal dengan JR Pass.

Kalau kamu membeli di agen travel di Indonesia, kamu bukan mendapatkan langsung pass-nya, namun kamu akan mendapatkan exchange order yang nantinya harus ditukarkan ketika kamu berada di Jepang.

Menukarkan exchange order bisa dilakukan di kantor Japan Rail yang biasa disebut dengan ‘Midori no Madoguchi’. Namun harap diingat ya, bahwa kamu tidak bisa menukarkan JR Pass ini di sembarang tempat, lho. Hanya ada beberapa tempat yang bisa menukarkan exchange order-mu menjadi JR Pass.

Ingin tahu dimana saja kamu bisa menukar exchange order-mu? Kamu bisa cek di sini

Kalau kamu sudah menuju ke stasiun yang melayani penukaran exchange order, kamu bisa langsung masuk dan berbicara kepada staff di sana bahwa kamu ingin menukarkan exchange order-mu menjadi JR Pass.

Meskipun JR Pass sudah di tangan, sebenarnya kamu tidak harus mengaktifkan di hari itu juga, lho. Ketika dalam proses penukaran, staff yang melayanimu akan menanyakan kapan JR Pass ingin kamu gunakan kemudian mereka akan mencetak tanggal aktif JR Pass sesuai dengan yang kamu inginkan untuk kemudian akan ditempel di halaman belakang JR Pass.

Salah satu keuntungan JR Pass adalah, kamu bisa menaiki kereta yang memerlukan reservasi tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Karena, antara kursi non-reserved dan reserved, sebenarnya perbedaan harganya cukup jauh, lho. Mereservasi kursi sangat menguntungkan, terutama untuk kamu yang akan menggunakan bullet train atau shinkansen.

Selain itu, kalau kamu sudah memiliki jadwal perjalanan yang jelas, kamu bisa langsung melakukan reservasi hingga untuk beberapa hari ke depan, sehingga kamu bisa tenang berwisata tanpa takut tidak dapat kursi ketika akan pergi ke kota lain di Jepang.

Melakukan reservasi juga sangat mudah, kok. Pertama, carilah 'Midori no Madoguchi' terdekat. Kalau sudah ketemu, kamu masuk kemudian mengantri di bagian reservasi. Petugas di sana bisa bahasa Inggris juga, kok.

Di counter, kamu hanya perlu menunjukan JR Pass mu, dan menyebutkan tanggal keberangkatan, tujuan, dan jumlah penumpang. Kemudian mereka akan menanyakan jam berapa kamu ingin berangkat, sesuai dengan yang kamu inginkan. Karena biasanya Shinkansen memiliki jadwal perjalanan yang berbeda-beda, tergantung tujuannya. Ada yang berangkat setiap 15 – 20 menit sekali, ada pula yang 30 menit hingga 1 jam sekali. 

Nah, kalau sudah dapat, sisanya tinggal petugas yang akan mengaturnya. Apabila kamu tidak bepergian secara pribadi, biasanya mereka akan memilih tempat duduk yang berdekatan. Tetapi, kalau kursi di kereta sudah hampir penuh, mereka akan menanyakan apakah kamu mau duduk di kereta meskipun tidak berdekatan.  

Nah, kalau jadwal sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka tiket akan langsung berada di tanganmu!

Gampang bukan?

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jrpass

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia