Info Muslim
Travel Guide Untuk Muslim Yang Ingin Berlibur Ke Korea Selatan
2017-08-10 17:06:23
HIS Travel

Kamu seorang muslim yang sedang merencanakan liburan ke Korea Selatan? Banyak yang mengatakan kalau berlibur ke sana, kamu akan kesulitan mencari makanan halal, atau bahkan masjid dan mushola untuk sholat.

Namun, hal itu tidak terbukti benar. Sudah bertahun - tahun, Korea Selatan menjadi negara tujuan wisata yang muslim-friendly. Jumlah fasilitas umum untuk memudahkan umat muslim di sana semakin meningkat. Makanan halal juga semakin bertebaran di Korea Selatan. Jadi, kamu dan umat muslim lainnya tidak perlu khawatir untuk mencari tempat makan dan tempat sholat.

Tempat Makan dan Restaurant Halal Korea Selatan
Meskipun Islam adalah agama minoritas di Korea Selatan, makanan halal semakin mudah untuk dicari. Beberapa toko grosir dan restaurant sudah mulai menyediakan fasilitas dan menu khusus untuk umat muslim, bahkan ada yang menyediakan mushola bagi para pengunjung muslim yang ingin beribadah. Para traveler muslim juga bisa meminta menu vegetarian yang tentu saja halal.


Image source : budgettravel2korea.com

Di seluruh penjuru Korea Selatan, ada sekitar 130 restaurant yang muslim-friendly, termasuk 14 diantaranya sudah memiliki sertifikat halal dan jumlahnya tentu saja akan terus bertambah. Restaurant tersebut dikatakan halal jika sudah mendapatkan sertifikat halal resmi dari Korea Muslim Federation (KMF). Sedangkan restaurant yang dikelola atau dimiliki oleh warga muslim, akan dianggap halal secara otomatis.

Kalau sedang berada di Seoul, pusat tempat makanan halal bisa kamu temukan secara mudah di Insadong dan Itaewon. Sedangkan di Busan, makanan halal banyak tersedia di sekitaran Masjid Busan. Tidak bisa menemukan restaurant halal di Korea Selatan? Kamu masih bisa meminta menu seafood atau vegetarian. Banyak restaurant Korea, bahkan yang tradisional sekalipun, menawarkan pilihan menu yang tidak mengandung babi. Selain itu, ada banyak pilihan masakan tradisional Korea Selatan yang bisa dimakan oleh umat Islam.

Hotel dan Penginapan
Bisa jadi, traveller muslim akan kesulitan mencari hotel yang muslim-friendly di kota Seoul. Namun, di sana ada beberapa hotel atau guesthouse yang bisa menjadi alternatif. Tempat tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung kebutuhan umat muslim, mulai dari lokasinya yang dekat dengan pusat makanan halal, dekat masjid, atau bahkan memiliki mushola pribadi di dalamnya.


Image source : jelasberita.com

Kalau kamu memang mencari penginapan seperti itu, salah satunya yang paling cocok adalah Eid Muslim Friendly Guesthouse. Lokasinya yang berdekatan dengan Itaewon, pusat muslim di Korea, menjadikan hotel ini  sebagai tempat menginap favorit bagi wisatawan muslim. Menginap di sana tidak akan terasa lengkap kalau belum mampir ke restaurant berjarak 2 km dengan nama yang sama seperti nama hotel terebut. Restaurant tersebut telah direview oleh ratusan travel blogger terkenal di seluruh dunia dan menjadi tempat makan paling favorit bagi umat Islam di Korea Selatan

Masjid dan Mushola
menemujan 15 masjid besar yang tersebar di penjuru Korea Selatan, tetapi yang paling besar adalah Seoul Center Mosque, yang didirikan sejak 1976. Masjid - masjid tersebut juga secara rutin mengadakan sholat Jumat, dengan jumlah jamaah Jumat yang cukup banyak. Selain itu, khutbah jumat kerap disampaikan menggunakan bahasa Inggris, Korea, dan Arab.


Image source : iamthebilly.wordpress.com

Sebagai satu-satunya masjid di kota Seoul, Seoul Center Mosque kerap dijadikan sebagai tempat berkumpulnya umat muslim Korea Selatan, lengkap dengan beragam fasilitas yang sangat muslim-friendly. Area di sekitar masjid juga menjadi tempat paling mudah untuk mencari makanan halal di Seol. 

Selain masjid, beberapa mushola juga bisa kamu temukan di beberapa tempat publik seperti mall, bandara, universitas, dan restaurant. Contoh yang mudah kamu temukan adalah pulau Nami, Lotte World, COEX Mall, bandara Incheon, dan tentu saja yang paling baru adalah K-Style Hub, sebuah pusat ibformasi turis yang dikelola oleh Korea Tourism Organization. Mushola-mushola tersebut memiliki sarana dan prasarana yang berbeda-beda. Mulai dari tempat wudhu, sandal wudhu, sajadah, mukenah, alquran, tasbih, dan fasilitas lainnya yang bisa kamu gunakan secara gratis


Image source : nizzarrahman.blogspot.co.id

Kebanyakan masjid dan mushola selalu mengadakan sholat lima waktu secara berjamaah. Jika dilihat dari desainnya yang menganut arsitektur tradisional Korea dan Arab maka kamu tidak akan menyesal untuk berkunjung. Mereka warga lokal juga sangat ramah tehadap para pendatang muslim, jadi jangan sia - siakan kesempatan bersosialisasi dan berteman dengan mereka.

Mulai sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mencari makanan halal, masjid, dan penginapan yang muslim-friendly di Korea Selatan. H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Korea Selatan pada H.I.S!

Top image source : airbnb.com