Tips
Travel Guide Singkat Sebelum Berlibur Ke Malaysia
2017-06-08 01:32:40
HIS Travel

Malaysia adalah sebuah negara berkembang yang menawarkan keberagaman kultur dan budaya. Berbatasan dengan Thailand di bagian utara serta Singapura dan Indonesia di bagian selatan. Mengakibatkan peleburan budaya dan surga bagi keanekaragaman hayati. Malaysia juga menawarkan beragam destinasi wisata mulai dari kota yang modern, pantai dengan dasar laut yang menawan, dan wilayah pegunungan yang indah.

Jika kamu mencari kuliner yang lezat, pulau-pulau yang cantik, kota yang modern, dan pemandangan yang indah, Malaysia adalah negara yang harus kamu pertimbangkan untuk liburan selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa travel guide singkat sebelum berlibur ke Malaysia:

Mata uang
Mata uang Malaysia disebut Ringgit Malaysia (MYR). Satu ringgit terdiri dari 100 sen. Kamu diharuskan untuk menggunakan ringgit ketika melakukan pembelian tunai. Meskipun transaksi dilakukan menggunakan ringgit, warga Malaysia sering menuliskan mata uangnya dalam satuan dollar. Nilai tukarnya adalah US$ 1 setara dengan MYR 3.5. Selain itu akses ATM internasional dapat ditemukan di seluruh wilayah Malaysia. Kartu kredit juga diterima secara luas, tetapi usaha kecil mungkin tidak menerimanya.


Image source : exchangeratecalculator.com

Budaya
Pemerintahan Malaysia mungkin dipegang oleh umat muslim, tetapi bukan berarti agama lain tidak bisa berkembang di negara ini. Orang Cina, India, dan suku asli semuanya berkontribusi terhadap kemakmuran dan kekayaan budaya bangsa Malaysia. Hasilnya, Malaysia kerap kali dipuji sebagai negara multikultural yang sangat baik.

Bahasa Melayu
Bahasa Melayu adalah bahasa nasional Malaysia dan sangat mirip dengan bahasa Indonesia. Penulisan alfabet juga menggunakan huruf romawi. Di beberapa tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan asing, banyak warga lokal yang berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu tidak mahir menggunakan bahasa Inggris dan Melayu, kamu tidak perlu khawatir. Bahasa Indonesia memiliki kemiripan dengan bahasa Melayu, jadi kamu masih bisa sedikit berkomunikasi dengan mereka.

Sistem Transportasi Umum
Malaysia memiliki sistem transportasi umum yang sangat komprehensif. Bagian semenanjung Malaysia dilayani oleh jaringan kereta api dan bus, sementara di Borneo Malaysia hanya terdapat bus. Ada juga jaringan penerbangan domestik yang komprehensif. Transportasi di sana sangat murah dan aman. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Thailand dan Singapura, sistem transportasi di Malaysia masih jauh tertinggal. 


Image source : chofriscapatricia.wordpress.com

Akomodasi
Malaysia menawarkan beragam tempat menginap baik di wilayah semenanjung maupun Borneo. Kamu masih bisa menemukan tempat menginap dengan biaya sewa kurang dari US$ 10 per malam. Bahkan hotel bintang 3 dengan fasilitas yang mewah bisa kamu sewa dengan harga US$ 30 per malam. Jika memilih akomodasi yang lebih mewah, tentu kamu harus membayar biaya sewa yang lebih mahal, yaitu sekitar US$ 150 untuk hotel bintang 5 bertaraf internasional.

Kuliner Malaysia
Kuliner Malaysia sering disebut sebagai yang terbaik di wilayah Asia tenggara. Mulai dari warung jajanan pinggir jalan yang murah sampai restoran mewah semuanya tersedia di berbagai wilayah Malaysia. Beberapa kuliner malaysia yang wajib kamu coba adalah nasi lemak, palak paneer, sang har kuey teow, nasi kandar, nasi daun pisang, mee siam, bubur century, dan nasi ayam.


Image source : resephariini.com

Destinasi Wajib
Malaysia terdiri dari dua wilayah yang berbeda, yakni semenanjung Malaysia dan pulau Borneo. Semenanjung Malaysia merupakan perpaduan antara ras Melayu, Cina, dan India dimana pusatnya adalah Kuala Lumpur yang sangat modern. Sedangkan Malaysia di pulau Borneo menawarkan hutan belantara, orang utan, puncak granit, dan suku-suku terpencil. Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Malaysia adalah Kuala Lumpur, Langkawi, Cameron Highlands, Taman Negara, Pulai Perhentian, Pulau Kapas, dan Melaka.


Image source : kuala-lumpur.ws

Waktu terbaik untuk Mengunjungi Malaysia
Sama seperti Indonesia, hujan bisa turun kapan saja sepanjang tahun di Malaysia. Biasanya curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Desember hingga Februari, terutama di wilayah Timur seperti Sabah dan Sarawak. Namun pada bulan-bulan tersebut, masih memungkinkan bagi kamu untuk berwisata di Semenanjung Malaysia yang curah hujannya sedikit lebih rendah. Sedangkan waktu terbaik untuk berlibur ke Malaysia adalah dari bulan Mei sampai September ketika musim kemarau tiba.  

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Melaysia pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia