Tips
Transportasi Umum di Australia
2016-08-11 08:59:49
HIS Travel

Seperti yang sudah kamu ketahui, Australia merupakan sebuah negara yang besar. Kamu yang ingin berwisata di Australia pun kebanyakan hanya mengunjungi satu negara bagian saja dikarenakan kekhawatiran akan transportasi antar negara bagian tersebut karena cakupan wilayahnya yang luas.
Namun sebenarnya, mengunjungi satu negara bagian yang satu dengan yang lainnya cukup mudah, karena di Australia sudah tersedia banyak sekali transportasi umum yang dapat menjangkau berbagai lokasi wisata di berbagai negara bagian di Australia.

 

1. Pesawat Udara

Untuk kamu yang memiliki waktu terbatas ketika berwisata di Australia, perjalanan melalui udara merupakan cara terbaik untuk menjangkau ke berbagai kota tujuanmu dalam waktu singkat. Waktu kamu bisa dialihkan untuk menikmati berbagai bentang alam Australia yang tidak boleh kamu lewatkan.
Ada banyak penerbangan domestik yang bisa kamu pilih. Ada Airnorth, Jetstar, Qantas Airlines, Rex Airlines, Tigerair dan Virgin Australia adalah beberapa maskapai yang melayani ke berbagai ibu kota negara bagian dan pusat-pusat regional. Persaingan di antara maskapai penerbangan domestik berarti peluangmu untuk mendapatkan tiket dengan harga terjangkau akan semakin besar!

 

2. Bus

Bus merupakan salah satu pilihan transportasi utama di Australia karena tersebar di seluruh penjuru negeri. Selain menjadi andalan untuk bepergian antar negara bagian, Bus juga menjadi salah satu transportasi utama dalam kota. Karena bus di Australia adalah alat transportasi yang nyaman, mudah dan ekonomis. Disediakan pula layanan bus gratis seperti bus CAT gratis di seputar kawasan pusat bisnis (Perth), dan bus gratis di seputar lingkaran kota (Adelaide). Ada juga Loop, layanan bus gratis yang melalui pusat kota (Brisbane). 
Setiap kota memiliki stasiun bus yang akan menyediakan berbagai informasi mengenai tiket dan rute bus. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh informasi mengenai diskon bagi pelajar, dan tikekt mingguan atau bulanan yang lebih murah dibandingkan dengan tiket biasa. Di Sydney, biasanya menggunakan tarif yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tarif bus di negara bagian lainnya. Untuk kamu yang sedang berwisata di Hobart, akan lebih menguntungkan apabila kamu menggunakan tiket Day Rover yang memungkinkan untuk bepergian tanpa batas untuk satu hari.

 

3. Kereta

Perjalanan dengan kereta merupakan cara yang nyaman dan terjangkau. Ditambah lagi dengan disajikannya pemandangan alamnya yang indah. Kereta api tersedia hampir di seluruh negara bagian di Australia, diantaranya Sydney (New South Wales), Brisbane (Queensland), Melbourne (Victoria), Adelaide (South Australia) dan Perth (Western Australia). Di beberapa kota seperti Sydney dan Melbourne, kereta menjadi alat transportasi dalam kota unggulan yang bahkan mengalahkan pamor bus. Untuk kamu yang ingin bepergian antar kota atau negara bagian, sering kali menggunakan kereta tidak menjamin harga yang lebih murah dibandingkan menggunakan pesawat. Jadi, sebaiknya kamu cek dulu jenis dan harga tiket apabila kamu ingin menggunakan kereta. 

 

4. Kapal Feri

Kapal feri adalah jenis transportasi yang sifatnya rekreasional dan hanya terdapat di beberapa negara bagian seperti Perth (Western Australia), Brisbane (Queensland), Sydney (New South Wales). Menggunakan kapal feri merupakan moda angkutan terbaik untuk menuju ke berbagai lokasi wisata yang letaknya berada di luar pulau utama Australia atau untuk menghubungkan dan melintasi antar sungai dan daerah pinggiran kota di kota-kota besar. Di Brisbane, kapal feri merupakan modus perjalanan yang populer.

 

5. Trem

Trem adalah transportasi yang sangat efisien dan hanya terdapat di Adelaide (South Australia) dan Melbourne (Victoria). Bahkan trem di Melbourne kini memiliki lajur trem yang paling kompleks dan banyak di dunia. 

 

6. Taksi

Image source : http://www.visitmelbourne.com/

Taksi menjadi salah satu transportasi andalan terlebih untuk kamu yang bepergian secara berkelompok, dan ingin mencapai destinasi secara langsung tanpa harus berpindah transportasi yang satu ke yang lain. Kalau kamu bepergian secara kelompok, harga naik bus dan naik taksi tidak akan berbeda jauh. Terlebih karena alat transportasi umum banyak yang tidak tersedia di malam hari (hingga pukul 12 – 1 malam), sehingga terkadang mau tidak mau kamu harus menggunakan taksi. 

Ada banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan jika memilih menggunakan transportasi umum, diantaranya adalah : 
-    Cakupan wilayah yang luas, terlebih di sekitar pusat kota
-    Waktu kedatangan dan keberangkatan yang akurat dan bisa dicek online
-    Kemudahan dalam pembelian tiket
-    Transportasi yang saling terintegrasi antara 1 transportasi ke transportasi lainnya
Namun, disamping berbagai keuntungan menggunakan transportasi umum, ada juga kelemahannya, diantaranya adalah : 
-    Banyak transportasi umum yang tidak tersedia di malam hari, 
-    Beberapa dari transportasi umum tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk keberangkatan selanjutnya.

 

H.I.S. Tours & Travel siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Australia kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/australia

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia