City Travel
TRANSPORTASI MUDAH UNTUK KE OBJEK WISATA DI HONGKONG
2018-01-03 08:00:36
HIS Travel

Punya rencana berlibur ke Hongkong dalam waktu dekat? Sebelumnya jangan lupa survey berbagai alat transportasi yang bisa digunakan untuk menuju berbagai objek wisata di Hongkong. Apa saja alat transportasi yang ada di sana, serta bagaimana cara menggunakannya? Simak tipsnya berikut ini.

1. MTR

Source: https://commons.wikimedia.org

Tak perlu khawatir dengan moda transportasi saat ingin jalan-jalan di Hongkong. Alat transportasi MTR bisa digunakan untuk bepergian sampai ke Shenzen. Mungkin ada yang bingung dengan penyebutan MTR karena terbiasa dengan istilah MRT jika bepergian ke Singapura atau negara-negara lainnya. Yang membedakan adalah MTR di Hongkong dikelola oleh MTR Corporation. Sedangkan MRT adalah nama umum kereta mass-rapid di seluruh dunia.

Untuk menikmati fasilitas MTR di Hongkong ini, diperlukan Octopus Card. Kartu sejenis e-money ini bisa dibeli di smeua stasiun MTR. Serunya lagi, sisa nominal di dalam kartu ini bisa di refund saat ingin meninggalkan Hongkong. Tak hanya untuk naik MTR, Octopus Card ini juga bisa digunakan untuk membayar transportasi bis, tram, ferry serta bisa dibelanjakan di toko-toko atau minimarket.

Jalur MTR di Hongkong bisa dibilang mudah dan simple. Ada 7 line MTR di Hongkong. Jalur yang sering dipakai adalah Red Line, yang melewati Mongkok, TST, Kowloon, serta menyebarang tunnel bawah laut ke Central. Jalur MTR Orange bisa digunakan untuk ke bandara dan Hongkong Disneyland.

Soal harga, tarif MTR ini menyesuaikan dengan jarak tempuh. Untuk jarak terdekat yakni 1-2 stasiun, tarifnya sekitar HKD 3.6 lalu untuk yang termahal dan terjauh, tarifnya sekitar HKD 22.

2. City Bus

Source: http://www.orientalmodelbuses.co.uk

Transportasi city bus di Hongkong yang bersih dan nyaman juga bisa dijadikan pilihan alat transportasi selama di sana. Bis ini sangat cocok dinaiki untuk tempat tujuan yang letaknya tidak begitu jauh. Menaiki bis merupakan pilihan tepat bagi yang malas menyusuri jalur transit MTR yang panjang dan seringkali melelahkan.

Sayangnya, banyak wisatawan masih takut tersesat dengan menaiki bis. Caranya mudah saja. Cukup perhatikan rute dan nomor bis yang biasanya terdapat di papan petunjuk di setiap halte bis. Dengan begitu, gak perlu takut nyasar.

3. Ferry

Source: http://www.nydailynews.com

Starferry di Hongkong biasa digunakan untuk menyeberang dari Kowloon/TST ke Central atau Wanchai. Ferry merupakan alat transportasi paling murah untuk melewati laut jika dibandingkan dengan MTR. Ferry ini memiliki interval keberangkatan setiap 10-12 menit sekali dengan waktu perjalanan selama 15 menit.
Kapal ferry ini akan terus beroperasi kecuali ketika datang angin topan. Selama perjalanan menggunakan ferry, para penumpang akan disuguhi pemandangan indah saat perjalanan dari Tsim Sha Tsui ke Central.

4. Tram

Source: https://www.ft.com/content

Satu lagi alat transportasi yang wajib dicoba saat di Hongkong, yakni tram. Tram ini hanya beroperasi di Hongkong Island. Kereta kuno yang sudah berusia satu abad ini tetap menjadi moda transportasi favorit karena harga tiketnya yang murah. Tram memiliki jalur di tengah-tengah jalan raya.

Terdiri dari dua tingkat, deck atas tram ini cocok bagi yang ingin menikmati keindahan Hongkong sambil ditemani semilir angin. Tempat duduk di deck atas ini menghadap ke depan layaknya di bis. Sedangkan di bagian bawah, tempat duduknya berhadap-hadapan seperti naik angkutan umum. Jalur tram terbagi atas jalur east dan west. Tram bisa dinaiki dari station tram yang berada di dekat relnya.

Itu tadi berbagai alat transportasi yang bisa digunakan selama berada di Hongkong. Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Hongkong yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Hongkong bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Hongkong murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!