Tips
Tram, Transportasi di Kota Matsuyama
2017-07-21 10:20:45
HIS Travel

Matsuyama, ibukota dari Prefektur Ehime yang terletak di area Shikoku Jepang merupakan kota yang unik. Kamu dapat menemukan berbagai hal menarik yang sayang jika dilewatkan. Mulai dari tempat bersejarah seperti Kastil Matsuyama, jeruk terbaik di Jepang, sampai Dogo Onsen yang menjadi latar dari anime terkenal karya Ghibli dapat kamu temukan di Matsuyama. Matsuyama adalah kota yang cukup tenang bila dibandingkan dengan kota sibuk seperti Tokyo. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kesibukan dan padatnya stasiun, maupun terbawa arus manusia yang berlalu-lalang seperti di Tokyo.

Ketika berpergian, Transportasi menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Untuk kota Matsuyama, tak akan lepas dari IYO Railway atau yang lebih dikenal dengan sebutan IYOTETSU . Sebuah perusahaan penyedia transportasi utama di kota Matsuyama. Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1887, IYO Tetsu mengoperasikan berbagai sarana transportasi seperti kereta, tram dan bus. Salah satu primadona IYO TETSU di Matsuyama adalah Tram. Jalur IYOTETSU Matsuyama Tram berada di tengah jalan raya, sehingga kamu bisa dengan mudah melihat Tram lalu-lalang di jalanan.   

IYOTETSU Matsuyama Tram Memiliki 5 Jalur. Yuk kita bahas masing-masing jalur. Jalur 1 dan Jalur 2 adalah loop-line yang berangkat dari Stasiun Matsuyama City dan kembali ke stasiun Matsuyama City. Pembeda dari jalur 1 dan jalur 2 adalah berkebalikan arah keberangkatannya. Jalur 1 menuju ke arah Stasiun JR Matsuyama, sedangkan Jalur 2 menuju ke arah Okaido. Stasiun Tram yang dilalui kedua Jalur ini sama.

Jalur 3 sampai Jalur 6 adalah Tram yang dari dan menuju ke Dogo Onsen. Pembeda dari Jalur- Jalur adalah Stasiun tujuannya. Jalur 3 Rute-nya adalah Stasiun Matsuyama City – Dogo Onsen (PP). Jalur 5  Rute-nya adalah Stasiun JR Matsuyama– Dogo Onsen (PP). Sedangkan untuk Jalur 6 Rute-nya adalah  Hommachi 6 – Dogo Onsen (PP).

Harga tiket dari Tram ini adalah 160 Yen untuk dewasa, dan 80 Yen untuk anak-anak. Kamu bisa langsung naik, dan membayar tiketnya saat turun. Buat Kamu yang ingin eksplorasi di Matsuyama lebih bebas, terdapat tiket terusan 1 Day Pass seharga 500 Yen,  dan 800 Yen untuk 2 Days Pass . Membeli tiket terusan bisa menghemat biaya transportasi bila kamu menggunakan Tram lebih dari 4 kali dalam hari yang sama. Tiket terusan ini dapat kamu beli di Iyotetsu Ticket Center (Matsuyama City Station), Iyotetsu Travel Center (Matsuyama Shieki Station), Shop Botchan Ressha (Dogo Onsen), Iyotetsu Railway stations (Cabang Matsuchika Town/Ōkaidō ), dan JR Matsuyama Station Tourist Information Center.

Pada dasarnya, untuk transportasi umum di kota ini berpusat pada dua tempat (Matsuyama Station, dan Dogo Onsen) dan semua jalur Tram melewati area Okaido. Jadi buat kamu yang ingin berkunjung ke Matsuyama, lebih praktis bila mencari penginapan di sekitar ketiga area tersebut.

Kastil Matsuyama dapat dijangkau 5 menit jalan kaki dari stasiun Ōkaidō. Ada juga Bianglala kota Matsuyama “Kururin” hanya berjalan kaki dari stasiun Matsuyama City. Kamu Bisa Gratis naik Bianglala “Kururin” kalau kamu punya Tiket terusan IYOTETSU!

Begitulah tentang Tram di Matsuyama. Awalnya mungkin membingungkan, tapi kalau sudah dicoba mudah sekali untuk dimengerti.