People & Culture
Tradisi Unik Perayaan Valentine di Berbagai Negara
2018-02-15 00:42:07
HIS Travel

Hari Valentine jatuh pada tanggal 14 Februari, dan pada hari itu, toko di banyak tempat akan dibanjiri dengan permen berbentuk hati, mainan boneka, balon, dan beragam jenis coklat.

Ada beberapa cerita tentang Valentine di seluruh dunia. Namun kebanyakan, tradisi tersebut berasal dari kisah Saint Valentines, seorang pendeta yang menikahi wanita muda secara diam-diam. Apapun kisah sebenarnya, cinta adalah fenomena global yang wajar terjadi pada seseorang dan hari Valentine dirayakan di seluruh dunia dengan cara yang menarik dan berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tradisi hari Valentine yang unik dan romantis dari seluruh dunia:

1. Jepang
Di Jepang, hari Valentine justru dirayakan oleh wanita dengan cara memberi hadiah yang romantis kepada pria. Ada berbagai jenis coklat untuk diberikan kepada beberapa pria dalam hidup mereka. Misalnya teman dekat akan menerima "Giri-choco," atau coklat biasa, dan pasangan romantis mereka akan diberi cokelat yang lebih berkelas. 

Sedangkan pada tanggal 14 Maret akan dirayakan “White Day”, hari dimana pria memberikan hadiah dan coklat yang jauh lebih mahal daripada yang mereka terima sebelumnya kepada para wanit yang mereka kenal.

Valentine di Berbagai Negara
Image source : letsjapan.wordpress.com

2. Korea
Seperti orang Jepang, orang Korea juga memperingati "White Day". Setelah para wanita memberi hadiah bunga, permen dan coklat kepada pria di Hari Valentine, teman-teman pria akan melakukan hal yang sama kepada para wanita pada tanggal 14 Maret. 

Sedangkan untuk mereka yang tidak beruntung dalam hal percintaan, orang Korea juga merayakan "Black Day" pada tanggal 14 April. Para jomblo akan berkumpul untuk makan mie jajangmyeon yang  berwarna hitam, dan berbagi belas kasihan dengan sesama jomblo. Beberapa dari mereka juga bahkan berpakaian serba hitam.

Valentine di Berbagai Negara
Image source : businessinsider.com

3. Italia
Awalnya, orang Italia merayakan Hari Valentine sebagai festival musim semi. Para kawula muda akan berkumpul di kebun untuk menikmati bacaan puisi dan musik sebelum berjalan-jalan dengan kekasih mereka. 

Sedangkan pada saat ini, orang Italia merayakan Hari Valentine dengan memberikan hadiah kepada kekasih mereka dan makan malam romantis. Salah satu hadiah hari Valentine yang paling populer di Italia adalah Baci Perugina, yang merupakan cokelat hazelnut kecil yang dibungkus dengan kata-kata romantis yang dicetak dalam empat bahasa.

Valentine di Berbagai Negara
Image source : sundaylifestyle.co.uk

4. Perancis
Ada yang mengatakan bahwa kartu ucapan Valentine pertama kali berasal dari Prancis, ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya dari penjara pada tahun 1415. 

Sejak saat itu, desa Prancis yang bernama "Valentine" berubah menjadi pusat percintaan antara tanggal 12 dan 14 Februari. Orang bisa melihat halaman, pohon, dan rumah-rumah yang dihiasi dengan kartu ucapan cinta, mawar, dan proposal untuk pernikahan. Ini mungkin tradisi Hari Valentine terindah di dunia.

Valentine di Berbagai Negara
Image source : parisdesignagenda.com

5. Jerman
Perayaan Hari Valentine di Jerman sangat populer di kalangan penduduk setempat. Pasangan kekasih tidak hanya bertukar coklat, bunga, dan hadiah berbentuk hati saja, tapi khusus untuk perayaan valentine: seekor babi pink! 

Babi mewakili keberuntungan dan hawa nafsu, dan bisa diberikan dalam bentuk gambar, seperti patung miniatur, coklat atau boneka. Selain itu, orang Jerman juga menyiapkan kue jahe besar berbentuk hati yang berisi ungkapan romantis dan pesan seperti "Ich liebe dich" (saya cinta kamu).

Valentine di Berbagai Negara
Image source : trover.com

6. Wales
Salah satu hadiah tradisional paling romantis dari Wales adalah sendok cinta. Pada awal abad ke-17, pria Wales mengukir sendok kayu sedemikian rumit sebagai tanda kasih sayang untuk wanita yang mereka cintai. Pola dan simbol diukir ke dalam sendok cinta ini, masing-masing menandakan makna yang berbeda. 

Beberapa contoh pola yang mereka buat yaitu sepatu kuda yang menjadi simbol keberuntungan, roda yang melambangkan dukungan, dan kunci yang melambangkan kunci pada hati seorang pria. Hari ini, sendok cinta juga dijadikan souvenir pada perayaan seperti pernikahan, hari peringatan dan kelahiran.

Valentine di Berbagai Negara
Image source : walesspringfair.co.uk

7. Romania
Jika kamu mencari perayaan valentine yang sangat romantis dan tidak biasa, maka orang Romania tidak akan mengecewakanmu. Di Romania, hari kasih sayang dirayakan pada tanggal 24 Februari dan menjadi hari dimana pasangan muda banyak yang bertunangan. 

Pada dasarnya, itu adalah perpaduan antara hari Valentine dan perayaan musim semi. Pria dan wanita muda pergi ke hutan untuk mengambil bunga berwarna-warni, sementara pasangan lainnya bermain salju bersama sebagai tanda keberuntungan.

Valentine di Berbagai Negara
Image source : metro.co.uk

8. England
Pada malam hari Valentine, wanita di Inggris biasa meletakkan lima lembar bay leaf di bantal mereka, satu di setiap sudut dan satu di tengah. Hal tersebut dipercaya akan membawa mereka untuk bermimpi tentang suami masa depan mereka. Sebagai alternatif, mereka bisa membasahi bay leaf dengan air mawar dan meletakkannya di atas bantal mereka. 

Sedangkan di Norfolk, Jack Valentine berperan layaknya Santa untuk hari Valentine. Anak-anak dengan cemas menunggu Jack Valentine mengetuk pintu rumah mereka, dan meskipun mereka tidak benar-benar Jack Valentine, anak-anak menikmati permen dan hadiah kecil yang sebenarnya diberikan okeh orang tua mereka.

Valentine di Berbagai Negara
Image source : independent.co.uk

Jika kamu tertarik untuk merasakan tradisi unik perayaan Valentine dai salah satu negara di atas, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama HIS! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. 

Top image source : primer.com.ph