People & Culture
Tradisi Perayaan Tahun Baru di Jepang
2016-01-04 09:11:23
HIS Travel

Kamu yang baru ingin menghabiskan liburan tahun baru di Jepang, jangan ketinggalan dengan beberapa kegiatan berikut ini, ya:

  • Mochitsuki

kue mochi adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan, dan merupakan salah satu makanan juga dekorasi yang paling penting untuk tahun baru. Hanya saat menjelang tahun baru, mochi yang biasanya dijual massal dan diproduksi dengan mesin ini, dibuat dengan cara “mochitsuki” atau proses tradisional. Bagaimana cara melakukan “mochitsuki”? Pada dasarnya, beras ketan untuk kue mochi yang telah direndam satu malam dan dikukus terlebih dahulu baru kemudian ditumbuk berulang-ulang di dalam lesung dengan alu kayu besar sampai menjadi kenyal dan kalis, sehingga siap dibentuk menjadi kue. Nah, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam menumbuk si mochi ini sampai kalis dan kenyal, setelah itu baru diberi beragam rasa sesuai dengan yang kamu suka. Acara Mochitsuki biasanya diadakan oleh suatu komunitas sukarelawan yang ingin berbagi budaya Jepang kepada orang asing. Untuk mengikuti acara Mochitsuki di suatu wilayah, kamu bisa cek website kota ataupun prefektur tersebut dan mendaftar secara online.

  • Mengumpulkan Cap dan Mengunjungi Beragam Kuil

Salah satu tradisi menjelang akhir tahun bahkan sampai dengan pembukaan tahun nanti yang paling ramai dilakukan adalah berkunjung ke kuil. Biasanya bulan November sampai Januari ini, akan banyak pengunjung yang berdoa di kuil lebih dari hari biasa. Kamu juga bisa mengunjungi kuil-kuil di Jepang dan masuk secara gratis. Kalau kamu ingin mencoba hal menarik lainnya, yaitu kamu bisa membeli sebuah buku di kuil dan mengumpulkan cap dari setiap kuil dalam buku tersebut.

  • Mencoba Kimono

Kimono, pakaian tradisional khas Jepang yang tentu sudah kamu ketahui keindahan corak dan khasnya. Berbeda dari yukata yang biasanya dipakai saat musim panas, dikatakan bahwa kimono merupakan pakaian yang juga pas digunakan saat musim dingin. Oleh karena itu, banyak tempat juga komunitas yang menawarkan para turis untuk mencoba kimono.

  • Indahnya Iluminasi

Menjelang natal dan tahun baru, banyak sekali taman-taman yang dihias sedemikian rupa menggunakan lampu kelap-kelip. Kamu bisa menyaksikan indahnya pertunjukan lampu ini di berbagai lahan terbuka atau taman di Jepang. jika ingin lebih puas lagi untuk menyaksikan iluminasi, mungkin kamu harus merogoh kocek agak dalam untuk menikmatinya di beberapa taman terkenal di Jepang seperti Nabana no Sato, di prefektur Mie.

Saat musim dingin taman ini akan dihiasi dengan sekitar 8 juta lampu berwarna-warni dengan dekoraasi bertema yang berbeda setiap tahunnya. Satu hal yang terkenal dari taman ini adalah Terowongan Cahayanya, dimana berjuta lampu kelap-kelip akan mengelilingimu seiring langkahmu menyusuri terowongan yang berjarak sekitar 200 meter tersebut.

Jadi,

Sudah tahu kan apa saja yang akan menantimu di Jepang selama tahun baru di Jepang? Siapkan koper dan segala hal untuk berbagai kegiatan seru menjelang awal tahun di Negeri Sakura!

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia