Food
Tradisi Makan Unik di Musim Panas, Nagashi Somen
2016-06-03 10:15:34
HIS Travel

Di Jepang ketika musim panas, ada makanan khas yang cara memakannya sangat unik.  Kamu pernah mendengar tentang somen? Somen adalah sejenis mi tipis asal Jepang yang terbuat dari tepung terigu. Mi ini sangat tipis dan kenyal. Ketebalannya hanya sekitar 1 mm saja. Musim panas merupakan saat dimana somen menjadi makanan favorit masyarakat Jepang.

Somen bisa disajikan dingin dengan direndam dalam air dan es batu, kemudian dimakan setelah dicelupkan ke dalam saus tyusu segar yang terbuat dari kecap Jepang, rebusan ikan, mirin, bawang, dan myoga (sejenis jahe dari Jepang).

Kurang puas makan dengan cara seperti itu? Kamu harus mencoba Nagashi Somen!

Nagashi Somen adalah salah satu tradisi makan mie yang dilakukan oleh masyarakat Jepang saat musim panas. Cara makan Nagashi Somen sangatlah unik dan menyenangkan karena mie tidak disajikan di salam mangkuk, melainkan dialirkan di dalam bambu yang telah terbelah dan dialiri air dingin.

Ketika akan menikmati hidangan tersebut, orang-orang akan berdiri di sepanjang bambu yang dialihfungsikan sebagai saluran, lengkap dengan sumpit dan semangkuk saus tsuyu di kedua tangan.

Sebelum somen dialirkan di atas bambu, biasanya si penyaji akan berteriak “Ikuyo!” sebagai peringatan agar setiap orang bersiap-siap dengan mangkuk tsuyu dan sumpit mereka karena somen akan segera dialirkan. Begitu somen mengalir dihadapan, mereka harus cepat-cepat menangkapnya dengan sumpit.

Ini merupakan salah satu tantangan tersendiri selama menikmati Nagashi Somen. Karena mengambil somen licin yang mengalir menggunakan sumpit membutuhkan ketangkasan tersendiri. Jika tidak mahir menggunakan sumpir, siap-siap saja merasa kesal sendiri karena tidak bisa makan somen yang terus berseliweran di depan mata. Somen yang tidak berhasil diambil biasanya ditampung di ujung bilah bambu, kemudian dimakan beramai-ramai atau dialirkan kembali.

Namun perjuangan terbayar ketika somen sudah berhasil ditangkap. Celupakan somen ke dalam saus dingin yang dilengkapi irisan daun bawang atau jahe, dan somen pun siap dinikmati!

Meskipun pada dasarnya penyajian Nagashi Somen ini membutuhkan bambu, tapi untuk mereka yang tinggal di rumah kecil di kota besar dan kesulitan mencari pohon bambu, bisa beralih menggunakan mesin Nagashi Somen kecil yang dapat diletakkan di meja makan. Jadi, mereka tidak akan kehilangan keseruan ketika memakan somen.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia