City Travel
Toyama Trip
2015-08-05 04:45:26
HIS Travel

Prefektur Toyama terletak di wilayah Hokuriku di bagian utama pulau Honshu. Toyama sudah terkenal sejak Zaman Edo sebagai tempat penjualan obat, dan saat ini ada banyak sekali perusahaan pembuatan obat di Toyama dan juga perusahaan dibidang industri lainnya.  Toyama juga dikenal dengan keindahan alam dan hasil lautnya. Toyama juga satu-satunya Negara di Asia Timur yang memiliki gletser selain Rusia, dan pertama kali diakui pada tahun 2012. Kali ini HIS akan mengajak kamu berjalan-jalan ke Toyama. Apa saja yang bisa kamu lakukan selama di Toyama, akan dibahas secara lengkap disini. 

Tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi :

  • Takaoka District

Takaoka District terletak di bagian barat laut dari Prefektur Toyama, sekitar 20 km sebelah barat dari kota Toyama. Ketika sampai di sini, jangan lupa untuk mencoba menaiki Doraemon Tram. Doraemon Tram adalah tram yang berada di Manyosen yang menghubungkan Takaoka dengan Shinminato. Doraemon adalah karya paling terkenal dari Fujiko F. Fujio, seorang seniman manga dari Takaoka. 

  • World Heritage Gokayama Gassyo-Style House

Gokayama merupakan rumah tradisional Jepang, yang merupakan warisan leluhur yang sudah ada dari 200 tahun yang lalu dan telah terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995. Dengan rumah-rumah tradisional yang disebut gasshō-zukuri ditambah pemandangan alam yang indah membuat tempat ini populer untuk para wisatawan yang ingin menikmati pedesaan di Jepang. Istilah gasshō-zukuri berarti “hand made” atau buatan tangan, dengan kata lain dibuat secara tradisional. Ciri khas gasshō-zukuri adalah bentuk atap yang meruncing, dan ukurannya dibuat sangat besar dengan tiga hingga empat tingkat di bawah atap rumah dengan derajat kemiringan yang tinggi sehingga bentuknya menyerupai dua telapak tangan yang sedang dikatupkan. Hal ini untuk bertujuan untuk menahan curah salju yang cukup tebal di musim dingin agar atap tidak cepat rusak. Namun kamu tidak perlu khawatir atapnya akan rubuh karena  atap di rumah-rumah ini selalu dirawat dengan baik dan diganti penutupnya setiap 25 tahun sekali. Gokayama Gassyo Style-House ini juga disewakan untuk wisatawan. Perjalanan ke tempat ini ditempuh selama kurang lebih 90 menit dengan menggunakan bus.

  • Tateyama Kurobe Alpine Route

Objek wisata ini adalah rute tamasya gunung yang terkenal, dengan rute yang mencakup wilayah Tateyama, Toyama, dan Omachi. Rute ini telah dibuka pada tanggal 1 Juni 1971, dan semenjak dibuka, tempat ini berubah dari tempat terisolasi menjadi lokasi terbaik untuk melihat panorama alam. Dari bulan April sampai pertengahan Juni, kamu bisa melihat Yuki no Otani atau disebut juga The Great Snow Canyon. Di rute ini juga melewati sebuah bendungan besar yang bernama Bendungan Kurobe. Bendungan tersebut adalah pusat dari sumber daya tenaga air. Merupakan bendungan yang selesai dibagun tahun 1963 di sungai Kurobe, Prefektur Toyama, Jepang. Dengan tinggi 186m, panjang 492m, dan dapat menampung sekitar 200 juta ton air. Pada akhir Juni dan pretengahan Oktober, air bendungan ini dilepaskan dari spilway sebagai pertunjukan kepada pengunjung. Adapun tahapan transportasi menuju Alpine Route adalah sebagai berikut :

  1. Dentetsu Toyama Station (Toyama Chiho Railway)
  2. Tateyama Station → Bijodaira (Cable car)
  3. Daikanbo → Kurobedaira (Ropeway)
  4. Kurobedaira → Kurobeko Lake (Cable car)
  5. Kurobe Dam → Ogisawa (Trolley)
  • Kurobe Gorge Railway

Kurobe Gorge juga merupakan salah satu objek yang terkenal di Prefektur Toyama. Kurobe Gorge dikenal memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Terletak di Pegunungan Utara Jepang, Kurobe Gorge, yang dilalui Sungai Kurobe, merupakan salah satu ngarai terdalam di Jepang. Untuk menikmati pemandangan indah Kurobe Gorge, kamu bisa menggunakan Kereta Api Kurobe Gorge (Kurobe Gorge Railway). Perjalanan menembus Kurobe Gorge dengan KA ini menempuh jarak 20,1 kilometer dalam waktu sekitar 60 menit. Pada awalnya jalur kereta api ini dibuat bukan untuk kepentingan wisata. Jalur ini dibuat untuk mengangkut material untuk proyek pembuatan Bendungan Kurobe milik Perusahaan Listrik Kansai. Jalur ini tidak lagi digunakan setelah proyek pembuatan bendungan selesai pada tahun 1963. Perjalanan wisata dengan Kereta Api Kurobe Gorge memiliki 3 paket yang bisa dipilih oleh wisatawan. Paket dibedakan berdasarkan gerbong yang akan dinaiki. Untuk gerbong standar memiliki fasilitas dengan gerbong terbuka dan tempat duduk untuk 4 orang. Untuk gerbong kelas 2 dan kelas 2 adalah gerbong tertutup dengan kaca yang bisa dibuka.

Layanan kereta api wisata ini tidak dibuka sepanjang tahun, tetapi hanya dibuka dari pertengahan April hingga November. Biasanya wisatawan banyak datang menikmati perjalanan wisata ini pada pertengahan Oktober hingga November, saat musim gugur.

Perjalanan Kurobe Gorge berakhir di Stasiun Keyakidaira, Kanetsuri. Selanjutnya tinggal berjalan kaki untuk menuju sungai Kurobe, dan menikmati sungai air panas yang jernih dan juga kolam air panas.

  • Takayama

Kalau kamu ingin menikmati tempat wisata di Jepang dengan suasana klasik, maka kota tua Takayama adalah pilihan yang tepat ketika kamu berlibur ke Jepang. Berada di Takayama membuatmu merasakan kehidupan di zaman Edo dimana kamu akan melihat arsitektur rumah tua yang masih menggunakan 100% dari kayu. Khususnya di sekitar daerah Kamisannomachi, Kamininomachi, dan Kamiichinomachi disebut San Machi Dori, merupakan tempat primadona pariwisata Takayama. Jangan lupa untuk berbelanja di sana, karena di kota berjajar toko permen, toko barang kerajinan tradisional, dan warung-warung penjaja makanan yang siap memuaskanmu.

Untuk menuju ke Toyama dari Tokyo maupun Osaka bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam. Tetapi jika menggunakan pesawat, hanya butuh waktu 1 jam. Kalau kamu ingin segera berwisata ke Toyama, lebih baik menggunakan pesawat, sehingga waktu tidak habis di perjalanan. Dengan menggunakan HAnavi, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Informasi lebih jelas dapat kamu lihat di sini

Semoga perjalananmu menyenangkan!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia