Food
Nikmatnya Mencicipi Tom Yam di Thailand
2017-08-16 06:25:52
HIS Travel

Apakah kamu pernah mencicipi Tom Yam? Tom Yam memang semakin mudah ditemukan di berbagai tempat. Makanan yang satu ini adalah kuliner yang berasal dari Thailand. Saat berwisata ke Thailand, kamu wajib merasakan kuliner ini yang diracik oleh orang Thailand sendiri dan dinikmati dengan suasana khas negeri gajah putih.

Racikan Tom Yam yang Kaya Rempah

Tom Yam terdiri dari dua suku kata Bahasa Thailand. Tom artinya direbus, sedangkan Yam merujuk pada rempah-rempah Thailand dan sayuran. Karena itulah Tom Yam memiliki rasa rempah yang kuat, disajikan panas-panas, dan berisi potongan-potongan sayuran. Rempah-rempah yang digunakan dalam masakan ini antara lain laos, serai dan daun jeruk purut. Bahan-bahan lain yang dipakai terdiri dari cabe, jamur, tomat, seledri, bawang putih, jeruk nipis, gula, saus ikan. Selain itu, Tom Yam biasanya menggunakan udang atau daging babi.

Tom Yam memiliki beragam variasi. Beberapa varian Tom Yam misalnya saja, Tom Yam Kathi yang menggunakan santan, Tom Yam Pla yang memakai ikan, Tom Yam Kai yang merupakan versi sup ayam, Tom Yam Kha Mu yang menggunakan kaki babi dan beberapa varian lainnya.

image source: wikimedia.org

 

Tom Yam Kung salah satu varian Tom Yam tidak hanya lezat di lidah tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Tom Yam Kung adalah salah satu dari 10 makanan favorit Thailand yang paling disukai wisatawan. Tom Yam Kung merupakan sup Tom Yam yang memasukkan udang di dalamnya. Dengan kombinasi rempah-rempah di dalamnya, Tom Yam Kung sangat cocok dikonsumsi untuk mengurangi gejala flu, melegakan pernafasan dan juga melancarkan peredaran darah. Tom Yang Kung sebaiknya disajikan dalam keadaan panas bersama dengan nasi dan omelet.

Beragam varian Tom Yam sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Tak perlu takut berat badan bertambah, rempah-rempah dan bahan-bahan di dalam masakan ini tidak akan menambah tumpukan lemak di badan. Berikut ini manfaat rempah-rempah yang terdapat di dalam kuliner Tom Yam.

  • Cabe rawit

Tak semua orang suka dengan rasa cabe rawit yang pedas. Meskipun rasanya memberikan sensasi terbakar di lidah, tetapi rempah yang satu ini punya manfaat yang besar untuk kesehatan. Cabe rawit mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melegakan hidung yang tersumbat, dan menyehatkan hati. Cabe rawit juga memiliki kandungan vitamin C yang besar. Cabe rawit membantu kamu menurunkan berat badan karena mampu melancarkan metabolisme tubuh.

  • Bawang putih

Bawang putih sangat populer digunakan dalam aneka masakan Thailand. Bawang putih bisa membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan. Bawang putih membantu meringankan fl dan juga menjaga perut tetap ramping.

  • Kunyit

Dalam masakan-masakan Thailand, kunyit yang digunakan biasanya berbentuk kunyit bubuk. Kandungan di dalam kunyit ini membantu proses penyembuhan pada kulit yang rusak dan juga bermanfaat untuk melawan bakteri.

  • Serai

Serai biasanya digunakan dalam sup dan kari. Serai memiliki kandungan yang mampu mengatasi rasa sakit, seperti sakit kepala dan sakit perut. Selain itu, serai juga bisa menghangatkan tubuh.

image source: migrationology.smugmug.com

 

Daftar Tempat Terbaik Menikmati Tom Yam di Thailand

Setiap pelancong pasti mencari tempat-tempat special untuk menikmati kuline khas daerah setempat. Ketika kamu sudah sampai di Thailand, tak sulit menemukan sajian Tom Yam. Hampir semua restoran yang menyajikan makanan khas Thailand menyediakan Tom Yam sebagai hidangan andalan mereka. Untuk memudahkan kamu mendapatkan tempat terbaik menikmati Tom Yam, berikut beberapa referensinya.

  • Ban Khun Mae

Jika kamu berada di Siam Square, maka sekalian saja mampir ke restoran Ban Khun Mae yang tak jauh dari situ. Restoran ini menyajikan beragam makanan lokal Thailand yang lezat, salah satunya Tom Yam. Restoran yang sudah cukup tua ini memiliki rasa Tom Yam yang otentik. Setelah menyicipi Tom Yam, kamu juga bisa sekalian berbelanja di Siam Paragon Shopping area yang tidak jauh dari sana.

  • Yana Restoran

Bagi kamu yang ingin menemukan makanan yang dijamin halal, maka Yana Restoran bisa menjadi pilihan yang tepat. Yana Restoran yang berlokasi di MBK center menyediakan beragam makanan halal khas Thailand dan juga menyajikan menu-menu internasional. Untuk harganya, sajian Tom Yam di restoran ini cukup mahal tetapi sebanding dengan porsinya yang besar. Dijamin kamu akan merasa puas dengan porsi dan juga rasanya.

  • P’Aor

Tak tanggung-tanggung, restoran yang berlokasi di Ratchathewi, Bangkok ini menyediakan sekitar 55 macam sajian mie termasuk aneka varian Tom Yam mulai dari harga 40 Baht hingga 900 Baht. Pilihan menu yang sangat banyak ini membuat kamu tak perlu kemana-mana lagi jika ingin mencicipi aneka makanan khas Thailand.

  • Inter

Inilah satu lagi restoran makanan khas Thailand yang berada di dekat Siam Square, Bangkok. Harganya terbilang cukup murah tetapi rasanya tak berkurang lezatnya. Di sini kamu bisa memesan Tom Yam yang menjadi salah satu menu favorit para pengunjungnya. Kamu juga bisa mencoba menu khas Thailand lainnya seperti Phad Thai, Tom Yam Kung, Tom Yam Goong dan menu-menu lainnya. Suasana di restoran ini terbilang menyenangkan dengan para pelayan yang ramah.

image source: thetravelintern.com

 

Nah, itulah sedikit informasi seputar makanan khas Thailand yang bernama Tom Yam. Memang kuliner yang satu ini sudah mendunia dan bisa didapatkan di berbagai restoran internasional, tetapi kamu tetap wajib mencobanya saat berwisata ke Thailand. Racikan tangan-tangan orang Thailand dengan rempah-rempahnya dan suasana khas Thailand akan menghadirkan cita rasa Tom Yam yang otentik.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

top image source: asiatravelagencies.com