Tips
Tips Waktu Terbaik Mengunjungi Thailand
2017-10-11 10:00:44
HIS Travel

Saat ini semakin banyak saja travel agent Indonesia yang menawarkan perjalanan wisata ke luar negeri. Tak hanya ke negara-negara jauh seperti negara-negara Eropa, perjalanan wisata ke negara tetangga pun semakin dilirik. Salah satunya ke Thailand.

Thailand menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena terbilang cukup dekat. Perjalanan udara dari Jakarta ke Bangkok hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam saja. Selain jaraknya yang cukup dekat, Thailand juga menawarkan objek-objek wisata yang unik dan menarik. Biaya yang dibutuhkan untuk berwisata ke Thailand pun terbilang cukup terjangkau. Jika kamu tertarik untuk berwisata ke Thailand, sebaiknya simak beberapa tips waktu terbaik mengunjungi Thailand berikut ini.

  • Waktu terbaik berkunjung ke Thailand dari segi harga

Dari segi harga, bulan September menjadi waktu yang terbaik untuk berwisata ke Thailand. Pada bulan ini biasanya tarif hotel lebih murah. Sebab pada bulan September, pasar wisata Eropa sudah melewati puncak musim padat kunjungan atau peak season dan berganti dengan pasar wisata untuk wilayah Asia. Selain pada bulan September, pilihan waktu lainnya adalah antara bulan Mei sampai dengan bulan Agustus.

Hindari berkunjung ke Thailand pada bulan Oktober. Sebab pada bulan Oktober ini, wilayah Amerika Serikat dan Eropa sudah memasuki musim dingin. Perubahan musim ini membuat banyak orang berbondong-bondong melakukan perjalanan wisata ke wilayah-wilayah tropis untuk menghindari musim dingin. Selain bulan Oktober, hindari pula berkunjung ke Thailand di bulan Desember dan pada waktu libur sekolah. Pada waktu-waktu tersebut biasanya harga-harga menjadi lebih mahal.

  • Waktu terbaik berkunjung ke Thailand dari segi musim

Seperti di Indonesia, Thailand juga mengalami musim hujan. Banyak wisatawan yang menghindari datang ke Thailand di musim hujan. Hal ini tak lain mengingat intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga dikuatirkan akan mengganggu perjalanan wisata. Thailand memasuki musim penghujan biasanya antara bulan Juni dan Agustus. Sedangkan puncak musim hujan terjadi di bulan September dan Oktober.

Curah hujan yang tinggi ini membuat jalan-jalan menjadi becek dan sebagian berlumpur. Karena itu jika kamu ingin menjelajah gua-gua, air terjun atau taman-taman nasional di Thailand sebaiknya hindari berkunjung pada puncak musim hujan. Hujan yang turun hampir setiap hari akan menghalangi perjalanan petualanganmu.

Sebelum atau sesudah musim hujan menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung. Temperatur udara biasanya cukup bersahabat. Pada musim kemarau atau musim panas, temperatur udara di Thailand bisa mencapai 300C hingga 350C. Pada temperatur seperti ini menjadi waktu yang cocok untuk bermain-main air di pantai atau laut.

  • Waktu terbaik berkunjung ke pantai-pantai di Thailand

Ada begitu banyak pantai yang bisa kamu kunjungi di Thailand. Pantai-pantai di negeri gajah putih ini memang menarik banyak wisatawan untuk datang karena pasirnya yang putih bersih dan air lautnya yang bening serta begitu tenang. Terumbu karang dan hewan-hewan lautnya pun memanjakan para penyelam.

Bergantung pada lokasinya, sebaiknya pilihlah waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai-pantai di Thailand. Jika waktunya tepat, kamu dapat menikmati secara maksimal pantai-pantai tersebut tanpa harus terganggu dengan cuaca yang tidak bersahabat.

Contohnya saja jika kamu ingin berlibur ke pantai-pantai di Krabi yang terletak di ujung selatan Thailand, sebaiknya datanglah antara bulan November dan April. Hal ini demi menghindari kondisi cuaca yang tidak menentu. Hindari berkunjung pada bulan Januari dan Februari sebab pada bulan-bulan ini biasanya hujan turun dengan lebatnya. Intensitas hujan yang tinggi seringkali menimbulkan banjir yang bisa menghalangi perjalananmu.

Sementara itu jika kamu ingin berlibur ke pantai-pantai sebelah barat, seperti ke Phuket, Koh Phi Phi dan Koh Lanta, sebaiknya datanglah pada bulan Desember dan Januari. Pada bulan-bulan ini cuaca lebih bersahabat, udara terasa lebih segar, matahari bersinar dengan maksimal dan hujan hampir tidak terjadi. Dengan cuaca seperti ini, kamu bisa dengan maksimal menikmati pantai-pantai yang indah.

 

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman nasional Khao Sok

Taman nasional Khao Sok berada di sebelah selatan Thailand. Wilayah ini memiliki cuaca yang sama dengan pantai-pantai di laut Andaman. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke taman nasional ini antara bulan Mei dan Oktober. Di bulan-bulan tersebut temperatur udara antara 250C hingga 260C. Kamu bisa menjelajah alam taman nasional dengan lebih leluasa dan nyaman.

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bangkok

Bangkok sebagai ibukota Thailand juga menjadi tujuan favorit para wisatawan. Di Bangkok ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja berwisata kuliner, berbelanja dan menikmati suasana khas negeri gajah putih.

Jika kamu ingin berkunjung ke Bangkok, sebaiknya datanglah pada bulan Desember dan Januari. Pada bulan tersebut, cuaca di Bangkok biasanya cukup kering dengan temperatur antara 310C sampai dengan 320C. Hindari berkunjung pada bulan April dan September karena cuacanya kurang bersahabat. Kota Bangkok akan terasa panas dan kering pada bulan-bulan tersebut.

Itulah beberapa tips waktu terbaik mengunjungi Thailand. Sebaiknya atur perjalananmu dengan matang agar liburanmu menjadi berkesan. Thailand memang memiliki begitu banyak objek wisata. Sejak awal tentukan dahulu beberapa objek wisata yang ingin kamu kunjungi dalam satu hari.

Dalam satu hari, tentukan tempat-tempat wisata yang saling berdekatan untuk kamu kunjungi. Contohnya saja ke Grand Palace, Wat Arun dan Wat Pho. Dengan pengaturan seperti ini, maka kamu akan menghemat biaya dan juga waktu. Nah berbekal informasi ini, perjalananmu ke Thailand menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Segera atur jadwal berliburmu sejak dini untuk mewujudkan impianmu berlibur ke Thailand.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S. Travel Indonesia!