Tips
Tips Pakaian Selama Musim Dingin di Hokkaido
2017-11-17 09:44:34
HIS Travel

Setiap wisatawan pasti sudah banyak tahu mengenai cuaca di Hokkaido. Tidak bisa dipungkiri bahwa musim terbaik untuk berkunjung ke Hokkaido adalah saat musim dingin di mana suhu udara akan menurun hingga di bawah nol derajat apabila salju turun.

Januari sampai Februari di Hokkaido berada di tengah musim dingin yang panjang. Salju mulai turun diikuti semakin menurunnya suhu di Hokkaido hingga di bawah 0 derajat. Jika kamu pergi ke bagian timur dan utara Hokkaido, suhunya akan mencapai -20, -30 derajat.

Bagaimana memilih pakaian dengan benar agar bisa menikmati musim dingin di Hokkaido? Puncak musim dingin adalah di bulan Januari hingga Februari. Hal itu tidak membuat orang-orang akan berdiam diri di rumah seharian sambil bersantai sepanjang malam. Sebaliknya, orang-orang Hokkaido punya cara untuk mengatasi musim dingin yang berlangsung. 

Nah, berikut ini panduan memilih pakaian untuk kamu yang akan menikmati musim dingin di Hokkaido!

1. Hindari bahan katun

Sumber gambar: changmoh.com
Katun merupakan bahan pakaian yang terlalu tipis untuk bisa bertahan di Hokkaido, jadi sebaiknya pilih bahan yang lebih tebal. Kenakan pakaian untuk bagian atas dan bawah berupa lengan panjang dan full-lenght. Apabila mengenakan rok, pakailah stocking termal atau legging wol. Bagian kaki pasti akan menjadi merah apabila suhu sangat rendah. Jadi, tetap berhati-hati agar tetap hangat selama berada di luar ruangan. Rekomendasi untuk menjaga kaki tetap hangat dengan memakai 5 kaus kaki dan celana termal saat di luar ruangan.

2. Atasan wol sangat direkomendasikan

Sumber gambar:  www.pepperminter.com
Pilih bahan pakaian berbahan wol, mulai dari sweater, jaket, atau jenis pakaian modis seperti mantel dan syal berbahan wol juga. Biasanya masyarakat Hokkaido akan menggunakan sweater atau cardigan wol sepanjang musim dingin. Kamu juga bisa memilih pakaian berjenis kaos untuk dikenakan sebelum sweater atau jaket, tetapi tidak disarankan karena katun tidak bisa menjaga suhu tetap hangat apabila di luar suhunya terlalu dingin.

3. Hindari memakai celana denim

Sumber gambar: kimbalances.com
Terkadang banyak wisatawan memakai celana denim atau celana dan rok katun tebal, hal tersebut sebaiknya dihindari karena akan membuat kamu kedinginan. Untuk tetap menjaga suhu hangat di bagian kaki sebaiknya menggunakan bahan wol.

4. Pilih outer panjang

Sumber gambar: trip101.com
Outer yang panjang merupakan pilihan tepat saat musim dingin di Hokkaido. Salju tebal yang sering turun membuat orang-orang Hokkaido juga mengenakan jaket atau mantel yang panjang hingga lutut. Saat salju turun biasanya orang-orang Hokkaido tidak menggunakan payung, jaket panjang merupakan pakaian yang sering digunakan selama musim dingin. Apabila kamu merasa jaket atau mantel panjang terlalu berat untuk dikenakan, kamu bisa juga mengenakan jaket atau mantel pendek, tetapi coba tutupi bagian atas kaki dengan syal atau pakaian lainnya.

5. Pakai sepatu boot untuk alas kaki

Sumber gambar: www.sapporo.travel
Untuk alas kaki, pilih sepatu tanpa sol. Jalan yang biasanya dipenuhi salju akan menjadi beku seperti arena ice skate. Jalan yang tidak rata akan membuat sepatu biasa mudah tergelincir. Pilih sepatu boots dengan bahan anti air tentunya.

6. Jangan lupa pakai sarung tangan

Sumber gambar: matcha-jp.com
Wajib hukumnya saat wisata ke Hokkaido untuk mengenakan sarung tangan dan syal. Topi, penutup telinga, serta penghangat kaki jika perlu. Meski kebanyakan orang-orang Hokkaido jarang memakai sarung tangan, bagi kamu yang baru sekali mengunjungi Hokkaido jangan sampai melepas sarung tangan di luar ruangan. Saat tidak mengenakan sarung tangan, hindari menaruh tangan di saku mantel atau jaket karena saat tergelincir kamu tidak bisa menopang tubuh sendiri sehingga bisa mengakibatkan kamu terluka. Jadi sebaiknya siapkan sarung tangan yang juga berbahan wol.

7. Kenakan pakaian berlapis sebanyak mungkin untuk aktivitas di luar ruangan 

Sumber gambar: www.sapporo.travel
Festival Salju Sapporo menjadi sangat populer bagi wisatawan, banyak wisatawan memilih Hokkaido sebagai destinasi di musim dingin karena ingin menyaksikan Festival Salju Sapporo. Meksipun diadakan di pusat kota Sapporo, udara dingin akan tetap terasa karena sepanjang hari hingga malam kamu akan berada di luar ruangan. Apalagi, pahatan es di sekeliling akan menambah suhu dingin di area festival. Berikut rekomendasi pakaian untuk kamu agar menyaksikan Festival Salju Sapporo tanpa merasa beku atau benar-benar kedinginan!
- Kenakan pakaian berlapis, celana termal dari lutut ke atas, celana ketat berbahan wol, kemudian celana biasa.
- Pakai beberapa kaus kaki berbahan wol di dalam sepatu.
- Topi dengan bahan wol juga bisa mengurangi rasa dingin, kenakan juga penutup telinga agar menjaga telinga tetap hangat.
- Syal juga penting untuk menghindari udara masuk melalui celah leher, kenakan di leher hingga ke atas menutupi sebagian wajah saat udara benar-benar dingin.
- Kenakan jaket panjang dengan bahan wol atau tebal.
- Pilih sepatu boots untuk aktivitas di luar ruangan.
 
Berikut tips yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu saat wisata ke Hokkaido. Meskipun terdengar cukup rumit, kamu akan merasakan keindahan Hokkaido secara langsung, tetaplah bergerak agar udara dingin tidak begitu terasa. Hindari berdiam diri hingga tubuh merasa seperti beku. Hokkaido merupakan destinasi terbaik di musim dingin bagi wisatawan. 

Cari tahu lebih banyak keindahan Hokkaido di H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.