Tips
Tips Menyewa Kimono Ini Akan Membantumu Berhemat Ketika Sedang Travelling di Kota Tokyo
2017-08-16 06:31:53
HIS Travel

Berwisata ke Jepang belum lengkap rasanya apabila tidak merasakan secara langsung mengenakan pakaian tradisional negaranya, yang biasa disebut Kimono. Oleh karenanya, banyak wisatawan yang mencari tempat penyewaan Kimono, dan mengulik info seputar tips menyewa Kimono ke agensi perjalanannya.

Biasanya, wisatawan yang memiliki waktu luang cukup panjang untuk berwisata akan memilih Kyoto sebagai destinasi mereka untuk jalan-jalan mengenakan Kimono sembari menikmati suasana Jepang zaman kuno.

Namun, untuk kamu yang memiliki waktu luang singkat dan hanya bisa mengunjungi kota besar seperti Tokyo tidak perlu khawatir lagi. Kini, di sekitar Tokyo sudah banyak toko-toko yang membuka rental atau penyewaan Kimono. Sangat menyenangkan, kan?

Walaupun jasa penyewaan Kimono di Tokyo cukup banyak, bukan berarti travelers tidak mengalami kendala yang berarti. Tak sedikit para penyewa sering merasa terjebak, karena tak berfikir panjang dan mencari tips menyewa Kimono terlebih dahulu.

Nah, supaya kamu tidak salah langkah dalam menyewa Kimono di Tokyo, simak beberapa tips menyewa Kimono saat sedang travelling di Tokyo ini, ya!

 

Ketahui Betul Tentang Tempat Penyewaan Kimono


Image source : https://www.flickr.com/azchael/

Sebelum Anda menyewa Kimono, Anda harus tau betul tempat penyewaannya. Di Tokyo ada beberapa lokasi yang sekiranya dapat dijadikan pilihan untuk menyewa Kimono. Tempat tersebut antara lain Asakusa, Shibuya, Ginza, Ikebukuro, Yokohama, Nihonbashi dan Kaminarimon. Lokasi-lokasi ini sangat mudah dijangkau dan jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Tokyo.

Toko penyewaan Kimono paling banyak ditemukan di daerah Asakusa dan Shibuya. Di Asakusa sendiri ada sebuah kuil, yakni Kuil Asakusa yang kerap kali dijadikan lokasi photo shoot para wisatawan dengan nuansa Jepang jaman kuno. Nah, dari beberapa lokasi yang ada, kamu dapat memilih salah satu yang menurut kamu sesuai dengan  keinginan atau tujuan destinasi berikutnya.

Setelah menentukan lokasi, kamu juga perlu untuk menentukan di toko mana kamu akan menyewa Kimono. Kalau kamu tidak dapat berbicara bahasa Jepang dengan lancar, maka kamu harus mencari toko penyewaan yang memiliki pegawai yang dapat berbicara bahasa Inggris, walaupun hanya sedikit-sedikit. Pasalnya, sebagian besar pemilik toko penyewaan –atau masyarakat Jepang pada umumnya tidak berbicara bahasa Inggris dengan lancar

 

Cari Tau Tentang Harga dan durasi penyewaan Kimono


Image source : https://www.flickr.com/photos/148681697@N06/33503974020/

Tips menyewa Kimono berikutnya adalah, Anda harus tau betul tentang harga dan lama durasi dari penyewaan Kimono itu sendiri. Dari banyak toko penyewaan Kimono yang ada, kamu harus mencari dengan benar dan teliti terkait dua aspek ini.

Harga sewa Kimono berkisar antara 2,700 yen sampai dengan 6,480 yen per orang. Semua tergantung dari lokasi penyewaan, jenis Kimono, desain dan kualitas bahan, lama pemakaian, pemakaian untuk di dalam atau di luar ruangan, komponen pelengkap, foto studio atau sewa fotografer, PPN, make up dan hair style.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa pemakaian Kimono tidak hanya sebatas kain pakaiannya saja, tetapi dilengkapi juga dengan komponen lain seperti, pakaian dalam (hadajuban dan juban), pita atau tali obi dan kaus kaki tabi. Beberapa toko ada yang memasukkan biaya sewa pakaian dalam, pita dan kaus kaki ke dalam harga dasar mereka.

Namun ada juga toko yang mengharuskan kaus kaki untuk dibeli sendiri dengan tujuan kebersihan. Begitu halnya dengan make up dan hair style. Ada toko membuat make up dan hair style sebagai satu kesatuan dengan penyewaan Kimono, namun ada juga toko yang menjadikannya sebagai satuan terpisah. Sehingga kamu diharuskan mengeluarkan biaya tambahan jika ingin di-make up dan hair style denga staf toko mereka.

Berbicara mengenai durasi, umumnya beberapa toko dibuka sejak pukul 09.30 pagi sampai dengan 18.00 sore, bahkan ada yang tutup pukul 20.00 malam. Jadi, tips menyewa Kimono yang bisa kami berikan untuk Anda adalah, jika kamu ingin berlama-lama mengenakan Kimono, kamu harus menyewanya sejak toko dibuka. Beberapa toko mengharuskan pengembalian Kimono paling lambat 1 jam sebelum toko ditutup.

Jika kamu telat mengembalikan, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan (charge) seperti biaya penyewaan hari berikutnya. Namun, ada juga toko yang memperbolehkan pengembalian Kimono tepat saat toko mereka tutup.

 

Tips Menyewa Kimono Untuk Travelers Ketika Akan Melakukan Reservasi


Image source : https://www.flickr.com/azchael/arnisd/

Setiap toko penyewaan biasanya menyarankan para pelanggan mereka untuk mempercepat waktu reservasi sebelum hari H pemakaian. Sebenarnya kamu bisa saja melakukan reservasi pada hari H pemakaian Kimono, namun mereka tidak terlalu menyarankan hal itu. Karena, mereka akan melayani pelanggan yang sudah lebih dulu melakukan reservasi, sehingga kamu bisa saja menunggu untuk waktu yang lama sampai giliranmu tiba.

Kemudian, saat kamu membuat sebuah reservasi dan kamu tidak dapat berbicara bahasa Jepang dengan lancar, kamu dapat menyiasatinya dengan mengirimkan email kepada mereka dalam bahasa Inggris atau bisa juga dalam bahasa Jepang, menggunakan bantuan Google Translate. Beberapa toko penyewaan bahkan sudah mempersiapkan formulir online di website mereka yang dapat kamu isi untuk melakukan reservasi. Agar tips menyewa Kimono ini berguna, Anda tentu harus bisa berbahasa Inggris, walaupun hanya seadanya. Selain itu, belajarlah menggunakan Google Translate agar nanti Anda tidak mengalami kendala yang berarti selama berpetualang di luar negri.

 

Yap, itulah tadi beberapa tips dari kami tentang tips menyewa Kimono yang dapat kamu jadikan sebagai tambahan informasi saat ingin menyewa Kimono ketika travelling di Tokyo. Semoga kamu bisa mendapatkan pengalaman terbaik mengenakan Kimono yang kamu inginkan, ya!

Bilapun kamu ingin berpetualang ke Tokyo namun masih bingung tentang tiket travelnya, mampir saja ke H.I.S Travel. Secara berkala akan diselenggarakan promo yang menarik, sehingga kamu bisa berlibur dengan biaya yang tidak mahal! Jangan ragu untuk mengunjungi website H.I.S Travel ya!

 

Top image source : https://www.flickr.com/photos/jichikawa/