Tips
Tips Mengusir Kebosanan Saat Menunggu Transit di Bandara
2018-02-16 17:04:31
HIS Travel

Mungkin kamu berpikir bahwa transit di bandara adalah hal yang paling membosankan. Apalagi kalau harus menunggu penerbangan selanjutnya selama berjam-jam lamanya. Padahal, transit tidak selalu membosankan selama kamu tahu cara mengatasinya!

Kamu bisa menganggap bahwa transit adalah bonus perjalanan wisata. Kalau beruntung, kamu bisa keluar dari wilayah bandara sekedar untuk menikmati pemandangan kota. Sebaliknya, masih banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di dalam wilayah bandara. Berikut ini adalah beberapa tips mengusir kebosanan saat menunggu transit di bandara: 

1. Mengeksplorasi wilayah bandara
Bandara memiliki ukuran yang sangat luas dan menyediakan banyak tempat yang bisa kamu eksplorasi di dalamnya. Mulai dari ruang tunggu yang modern, taman indoor atau outdoor, restoran, hingga toko-toko souvenir lokal. Kamu bisa sekedar window-shopping, melihat jadwal penerbangan, mengamati orang-orang di sekitar, atau menghirup udara segar di taman bandara. 

Transit di bandara
Image source : airportsinternational.com

Dari ruang tunggu, kamu juga bisa mengamati pesawat-pesawat yang akan landing atau take-off. Sedangkan bagi umat muslim, kamu bisa menuju mushola bandara untuk melakukan sholat atau berdiam diri di masjid. Jadi, ada banyak tempat di bandara yang sebenarnya bisa kamu eksplorasi.

2. Membaca buku atau majalah
Jangan lupa untuk membawa buku bacaan jika memilih rute penerbangan dengan transit. Kamu bisa membawa beberapa novel atau komik kesukaan untuk dibaca di ruang tunggu bandara. Jika lupa membawa buku, kamu bisa membeli koran atau majalah di sudut-sudut bandara. Ada beberapa kios penjual buku, majalah , dan koran yang bisa kamu temukan di sana. 

Transit di bandara
Image source : hellogiggles.com

Alternatif lainnya, kamu bisa membaca beberapa artikel di internet atau mengunjungsi website-website penyedia komik dan novel online. Dengan membaca buku atau sekedar melihat-lihat gambar di dalamnya, waktu transitmu akan terasa begitu cepat.

3. Membeli makanan dan minuman
Selama menunggu penerbangan selanjutnya, kamu pasti akan merasakan lapar dan haus. Beruntungnya, bandara selalu di lengkapi dengan foodcourt yang menjual aneka ragam makanan dan minuman. Kamu bisa menjumpai banyak sekali restoran di sana, mulai dari restoran cepat saji, restoran lokal, restoran luar negri, serta kios penjual camilan dan minuman. 

Transit di bandara
Image source : eater.com

Meskipun tidak sempat ke luar wilayah bandara, kamu tetap bisa mencicipi kuliner warga lokal. Pastinya akan ada restoran yang menjual kuliner lokal di bandara. Namun, pada jam-jam tertentu seperti jam makan siang, makan malam, dan jeda-jeda transit, restoran di bandara akan selalu ramai pengunjung.

4. Menulis blog perjalanan
Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kebosanan saat menunggu transit di bandara adalah menulis blog perjalanan. Jika kamu memiliki blog pribadi, tidak ada salahnya untuk membagikan cerita perjalanan wisata kamu kepada para pembaca blog. 

Transit di bandara
Image source : 1000traveltips.com

Mungkin kamu bisa memulainya dengan cerita mengenai keberangkatan kamu dan pengalaman transit di bandara. Kamu juga bisa memberikan tips-tips transit atau bercerita tentang bandara tempat kamu transit. Dengan menulis pengalaman transit kamu, minimal sebanyak tiga atau empat paragraf, kamu bisa membuang waktu tunggu hingga setengah jam. Cukup efektif untuk mengusir kebosanan, bukan?

5. Berbelanja souvenir
Baik bandara lokal maupun bandara internasional, kamu akan menjumpai banyak sekali toko-toko souvenir dan oleh-oleh di sana. Ada yang menjual barang-barang lokal, makanan tradisional, gantungan kunci, pakaian, dan souvenir lainnya.

Transit di bandara
Image source : frankfurt-airport.com

Jika ini adalah penerbangan keberangkatan, cukup melakukan window-shopping saja sudah membuat mata kamu puas. Jangan menambah jumlah barang bawaan dengan membeli beragam souvenir di awal keberangkatan. Akan tetapi jika itu adalah penerbangan pulang yang mengharuskan kamu transit di bandara, kamu boleh membeli oleh-oleh tambahan di toko souvenir bandara.

6. Menonton film di smartphone
Saat harus transit selama lebih dari enam jam, kamu bisa mencoba menonton film Hollywood atau drama Korea favorit kamu. Sama seperti buku dan majalah, kamu harus mempersiapkan beberapa film atau drama di smartphone dan tablet milik kamu sebelum keberangkatan. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan banyak cadangan film ke dalam flash disk OTG.

Transit di bandara
Image source : qz.com

Jangan lupa untuk membawa charger atau power bank supaya daya gadgetmu tetap terisi saat digunakan untuk menonton film berjam-jam. Jika tidak ingin mengganggu kenyamanan orang lain, dan ingin tetap fokus pada film yang kamu tonton, gunakan headset saat menonton film di bandara.

7. Tidur dan beristirahat
Setelah perjalanan panjang dan duduk di dalam pesawat dalam waktu yang lamu, kamu akan merasa ngantuk. Ditambah lagi, kamu harus transit di bandara selama berjam-jam untuk menunggu penerbangan selanjutnya. Tentunya badan kamu akan terasa lelah!

Transit di bandara
Image source : thefiscaltimes.com

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba beristirahat atau tidur sejenak di area tunggu bandara. Di sudut-sudut tertentu, kamu bisa menemukan kursi pijat dan tempat untuk berbaring. Terkadang kamu juga akan menemukan wisatawan lainnya sedang tertidur dalam sleeping bag. Pastikan bahwa waktu tunggumu cukup digunakan untuk tidur dan beristirahat. Jangan sampai kamu ketiduran dan tertinggal pesawat.

8. Hunting foto
Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kebosanan saat menunggu transit di bandara adalah berburu foto. Ada banyak objek dan latar belakang yang bisa kamu jadikan tempat berfoto. Misalnya ruang tunggu dengan kaca super lebar yang menghadap ke landasan pesawat, papan informasi keberangkatan pesawat, lorong-lorong bandara, dan masih banyak lagi. 

Transit di bandara
Image source : thiefimages.wordpress.com

Jika diambil dengan sudut yang tepat, meskipun di dalam bandara, kamu bisa menghasilkan foto yang instagrammable. Foto-foto tersebut bahkan bisa kamu unggah ke Instagram agar teman-teman penasaran dengan tujuan wisata kamu.

Jika kamu sedang mencari tiket pesawat murah dan ingin merasakan sensasi transit di bandara, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama HIS! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. 

Top image source : tripit.com