Tips
Tips Liburan Seru! Mengenali Transportasi dari Bandara ke Pusat Kota di China
2018-05-01 14:27:43
HIS Travel

China memang selalu menarik banyak wisatawan karena pesona alamnya yang indah dan berbagai tempat ikonik yang popularitasnya sudah sangat mendunia. Apalagi mengingat luas wilayahnya yang mencapai beberapa kali lipat Indonesia, akses untuk mendatangi berbagai destinasi tujuanmu pun akan semakin beragam.

Perjalanan udara menjadi akses utama untuk wisatawan Indonesia yang ingin berliburan ke China. Untuk kamu yang ingin berlibur dengan nyaman, selalu pastikan kamu sudah memiliki berbagai informasi penting yang dibutuhkan selama liburanmu di China ya.

Informasi mengenai transportasi merupakan hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Berikut ini kami sediakan berbagai informasi mengenai transportasi dari Bandara ke pusat kota di China.

 

Beijing Capital Airport (PEK)

Ada beragam transportasi yang tersedia dari bandara ini. Kamu bisa mencoba beberapa pilihan berikut :

1. Beijing Capital Airport Express Train.

image source : https://en.wikipedia.org/wiki/Airport_Express_(Beijing_Subway)

Kereta ini merupakan kereta rapid rail dengan jalur bandara ke downtown area (Tujuan Sanyuanqiao dan Dongzhimen). Jadwal keberangkatannya pun cukup panjang, yaitu dari pukul setengah 7 pagi hingga jam 11 malam untuk keberangkatan dari bandara, dan dari jam 6 pagi hingga jam setengah 11 malam untuk keberangkatan dari downtown area. Kereta berangkat dengan frekuensi keberangkatan setiap 10 menit.

Harga tiketnya adalah 25 CYN untuk sekali perjalanan.

2. Selain express train, kamu juga bisa mencoba Airport Bus, yang beroperasi dari Capital Airpot ke Pusat Kota Beijing. Enaknya menggunakan bus ini adalah, sudah tersedianya 11 rute yang bisa kamu pilih, tergantung daerah mana kamu menginap.

image source : https://en.wikipedia.org/wiki/Beijing_Airport_Bus

Rute bus adalah sebagai berikut : Fangzhuang, Xidan, Beijing Railway Station, Gongzhufen, Zhongguancun, Wangjing, Beijing West Railway Station, Shangdi, dan Tongzhou

Harga tiketnya sekitar 16 CYN untuk sekali perjalanan.

3. Taxi, juga bisa menjadi pilihanmu untuk transportasi dari bandara, lho. Kamu bahkan sudah juga bisa memesan secara online. Rata-rata, harga untuk perjalanan adalah sekitar 100 CYN.

 

Guangzhou Baiyun International Airport (CAN)

Bandara ini juga merupakan salah satu bandara utama di China, terlebih untuk wisatawan yang ingin mengeksplorasi sisi selatan China. Ada beragam transpotasi yang disediakan dari bandara ke kota. Kamu bisa mencoba beberapa pilihan berikut :

1. Guangzhou Metro

image source : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Guangzhou_Baiyun_International_Airport_-_Departure_Lounge.jpg

Guangzhou International Airport kini sudah menyediakan jalur metro hingga ke bandara. Jadwal keberangkatannya pun cukup panjang, yaitu dari pukul 6 pagi hingga pukul 11 malam. Kamu bisa membeli tiket di mesin penjual tiket. Tidak perlu takut untuk membeli sendiri ya, karena instruksi pembelian tiket sudah tersedia dalam bahasa Inggris.

2. Airport Express Bus

image source : https://www.guangzhouairportonline.com/guangzhou-airport-photo-gallery/

Merupakan salah satu transportasi andalan untuk berangkat dari Guangzhou International Airport. Apalagi kalau bukan karena rute bus yang menjangkau ke berbagai area. Kamu bisa membeli tiket bus dari CAAC Counter yang ada di bandara. Oh iya, karena kebanyakan drivernya tidak bisa berbicara bahasa Inggris, ada baiknya kalau kamu sudah menyiapkan map di handphone untuk mengecek posisi kamu selama di perjalanan.

 

Shanghai Pudong International Airport (PVG)

Ada beragam transpotasi yang disediakan dari bandara ke kota. Kamu bisa mencoba beberapa pilihan berikut :

1. Maglev

image source : https://en.wikipedia.org/wiki/Maglev

Maglev merupakan kereta super cepat yang berangkat dari Bandara Shanghai hingga ke Laoyang Rd. Kecepatan kereta ini bahkan bisa mencapai 430 km/jam lho! Perjalanan pun sangat singkat, hanya dalam waktu 8 menit kamu sudah bisa mencapai Laoyang Rd yang jaraknya 30 km dari bandara. Sangat dianjurkan untuk kamu yang baru tiba di Bandara Shanghai untuk mencoba menggunakan Maglev.

Harga tiketnya sekitar 50 CYN untuk sekali perjalanan.

2. Airport Shuttle Bus

Merupakan salah satu transportasi andalan untuk berangkat dari Shanghai International Airport. Bus ini menyediakan 9 jalur, dengan tujuan ke downtown dan suburban area, termasuk Hongqiao Airport, Shanghai Railway Station, South Railway Station, People’s Square, Jing’an Temple, Longyang Road, dan Xinzhuang.

Harga tiketnya sekitar 8 CYN hingga 30 CYN untuk sekali perjalanan.

3. Shanghai Metro

Shanghai International Airport kini sudah menyediakan jalur metro hingga ke bandara (Metro Line 2 : East Xujing – Guanglan Rd. – Pudong Airport). Jadwal keberangkatannya pun cukup panjang, yaitu dari pukul 6 pagi hingga pukul 10 malam. Kamu bisa membeli tiket di mesin penjual tiket. Tidak perlu takut untuk membeli sendiri ya, karena instruksi pembelian tiket sudah tersedia dalam bahasa Inggris.

Selamat berlibur...

Top image source : http://citiscope.org/story/2016/chinas-central-plains-aerotropolis-grows-near-zhengzhou