Tips
7 Tips Liburan Hemat ke London
2017-11-29 01:45:21
HIS Travel

Ketika ingin liburan ke luar negeri tentu saja kita harus memperhatikan budget yang kita punya, jika budgetnya tidak cukup maka tentu saja kita tidak bisa ke luar negeri bukan? Namun tenang saja karena sekarang ini kita tetap bisa untuk berwisata ke luar negeri sekalipun walau mungkin budget pas-pasan. Bagi kalian yang ingin berlibur ke London kali ini kami punya tips ampuh supaya liburan di London kalian menjadi hemat. Karena London terkenal biaya hidupnya yang agak mahal, maka kita harus mensiasatinya jika ingin liburan ke sana. Berikut ini adalah tips liburan hemat ke London yang wajib kita ketahui!

1. Cari hotel yang murah

Tips yang pertama adalah carilah hotel yangmurah-murah saja, jangan karena gengsi akhirnya memilih hotel di pusat kota yang harganya selangit hanya untuk pamer di Instagram lalu akhirnya budget jadi menipis. Ingat tujuan kita ke London bukan hanya untuk menginap di hotel tapi untuk liburan. Kita bisa kok memiih hotel yang hargnya miring yang berada di agak pinggiran London, atau bisa menyewa Hostel saja karena harganya lebih murah dibanding hotel. Walau tidak se-private hotel tapi kamarnya nyaman loh. Semalam hanya dihargai sekitar 371 ribu saja, kita bisa menemukan hostel di dekat Kensington Palace tepatnya Astor Hyde Park. Kalau tidak mau bisa menyewa di Wisma Indonesia yang ada disana dengan harga sekitar 500 ribu-an per malamnya.

2. Jangan makan di restaurant, pilih take away

Jika di London mungkin kita akan bingung ketika mampir di restaurant atau tempat makan lainnya karena mereka akan menanyai kita ingin makan di sana atau dibawa pulang dan menanyakan jumlah orang. Dan mungkin kita menjadi lebih terkejut setelah tahu jika makanan yang take away lebih mahal daripada makan di tempat. Perbedaannya juga tak main-main ya, intinya makanan di London yang di makan di tempat akan lebih mahal ketimbang take away. Ketika ingin membeli makan sebaiknya take away saja dan memakannya di tempat umum, tidak usah malu karena banyak warga lokal yang juga melakukan ini. Kita bisa makan di taman-taman umum atau tempat umum lainnya yang menyediakan kursi dan meja gratis.

3. Bisa makan street food

Alternatif soal makanan yang selanjutnya adalah kita bisa memilih untuk membeli makanan street food daripada makanan yang ada di restaurant atau cafe. Makanan street food yang ada di London ini juga tak kalah enak dengan makanan restaurant. Selain harga yang terjangkau, pilihan dari street food ini juga bermacam-macam. Jika ingin makan street food maka kita bisa mengunjungi beberapa market yang terkenal menjual beragam street food seperti misalnya Borough Market, Leather Lane Market, Greenwich Market, Dalston Food Market, dan masih banyak yang lainnya. Disana juga menyediakan tempat duduk gratis sehingga kita bisa langsung menikmati makanan kita.

4. Pergi ke tempat wisata yang gratis

Untuk meminimalkan pengeluaran kita selama di London maka hal yang harus diperhatikan adalah tempat wisata yang akan kita kunjungi. Jika ingin budget hemat ketika berwisata ke London maka sebaiknya pilih untuk pergi ke tempat wisata yang gratis. Jangan memaksakan untuk pergi ke tempat mahal kalau budget saja tipis, banyak kok di London berbagai tempat keren dan juga instagramable yang bisa kita kunjungi di sana. Seperti misalnya saja London Tower Bridge, Parliament Hill, Notting Hill, dan jalan-jalan di sekitar London Eye juga Big Ben. Atau jika tidak bisa pergi ke museum yang ada di London karena harga tiket masuk museum biasanya akan lebih murah daripada tempat wisata lainnya.

5. Gunakan kartu oyster

Kartu Oyseter merupakan kartu yangd digunakan untuk transportasi di London. Kartu ini bisa kita beli di stasiun London dan sistemnya deposito ya. Untuk menggunakannya terlebih dahulu kita membayar sejumlah uang kemudian ketika menggunakan kartu ini untuk naik bus, underground, dan tube maka saldo akan berkurang. Kartu oyster ini jatuhnya akan lebih murah ketimbang membeli tiket transportasi biasa. Jadi manfaatkan kartu oyster saja karena harganya yang lebih murah ketimbang tiket biasa.

6. Jangan terlalu banyak shopping

Ketika di London mungkin kita akan melihat berbagai macam barang-barang branded karena London merupakan surga bagi banyak jenis barang branded. Bahkan di beberapa tempat seperti Bichester Village seringkali mengadakan obral besar-besaran untuk beberapa brand terkenal seperti misalnya Clarks, Cath Kidston, Kipling, dan Ted Baker. Bahkan diskon yang ditawarkan sampai 70% loh, namun sebaiknya jika memang kita sedang tidak memerlukan barang itu tidak usah membelinya. Karena terkadang kita tak bisa mengontrol jika terlanjur suka dengan barang diskon hingga akhirnya menghabiskan uang untuk shopping barang branded. Oleh karena itu beli yang seperlunya saja, tidak harus barang brandend juga ya. Yang penting oleh-oleh itu memang dibeli asli dari London. Tidak peduli barang mewah atau bukan.

7. Manfaatkan transportasi gratis di London

Jika ingin liburan di negara orang sehemat mungkin maka kita juga harus pandai-pandai untuk memanfatakan segalanya yang serba gratis. Karena London terkenal dengan apa-apa yang mahal maka kita harus bisa mengakalinya, di London sendiri disediakan transportasi gratis yaitu sepeda. Kita bisa mengelilingi jalanan Kota London dengan menggunakan sepeda yang sering disebut dengan boris bike. Keliling selama 90 menit tidak akan dikenakan biaya loh!

Itu dia beberapa tips mengenai tips liburan hemat ke London yang wajib banget untuk diterapkan jika ingin pergi ke London. Jangan sampai uang habis ketika belum sampai Indonesia ya! Untuk paket liburan murah bisa cek di H.I.S Travel yang juga menawarkan tiket pesawat murah juga! Semoga artikel ini bermanfaat ya.