Tips
Tips Liburan Backpacker ke Vietnam Ala His Travel
2018-01-04 23:18:36
HIS Travel

Liburan dengan gaya backpacker kini menjadi hal yang lebih digemari. Terutama kaum muda yang haus akan hal baru, meskipun tak memiliki banyak biaya. Tak hanya sebab dana yang dikeluarkan lebih murah, liburan ala backpacker juga dapat memberikan sensasi yang lebih menantang. Sayangnya, sebagian besar orang Indonesia masih belum mengetahui tentang tips liburan backpacker ke Vietnam yang memiliki objek wisata yang tak kalah menarik dari Thailand.

Vietnam memiliki berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati keindahan Delta Mekong, kentalnya suasana sejarah perang di Cu Chi Tunnel, atau panorama pulau kecil yang indah di Halong Bay. Selain itu, Anda tak perlu menggunakan visa jika ingin pergi ke Vietnam. Pasalnya, Vietnam termasuk dalam anggota negara ASEAN. Hal lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah bahwa biaya hidup di negeri Paman Ho ini tergolong murah, karena nilai tukar rupiah Indonesia (IDR) nilainya lebih tinggi dibanding dong Vietnam (VND).

Apakah Anda ingin liburan ke Vietnam dalam waktu dekat ini? Ingin coba backpacking tapi belum tahu apa saja yang harus dilakukan? Tenang, tim H.I.S Travel Indonesia sudah merangkum beberapa tips agar Anda dapat menikmati liburan ke Vietnam ala backpacker. Yuk, disimak!

 

1. Tips Liburan Backpacker Ke Vietnam: Rencanakan tujuan dan buat sedetail yang kamu inginkan!


Image source : http://www.pixabay.com

Agar dapat menghemat dana untuk transportasi, sebaiknya Anda membuat itinerary alias rencana perjalanan. Itinerary bisa membantu Anda memutuskan berapa lama berada di suatu tempat dan untuk mengatur waktu yang akan dihabiskan selama menempuh perjalanan dari satu tempat ke tempat lain.

Hemat waktu, lebih efektif dan efisien. Nah, Anda bisa membuat itinerary dengan melihat jadwal bus, jika akan bepergian menggunakan bus, atau moda transportasi lainnya. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai obyek wisata yang akan dikunjungi dengan segala biaya dan transportasi yang diperlukan untuk menuju ke sana.

 

2. Berburu Tiket Pesawat Murah Adalah Tips Liburan Backpacker Ke Vietnam Dari Kami!


Image source : http://www.pixabay.com

Beli tiket jauh-jauh hari, bahkan sebisa mungkin belilah tiket promo. Agar lebih hemat, Anda dapat membeli tiket untuk perjalanan pergi-pulang (PP). Kalau Anda membeli tiket one way alias sekali jalan, jatuhnya akan lebih mahal.

Tentukan juga lokasi keberangkatan dan kedatangan Anda. Ada penerbangan langsung dari Jakarta – Hanoi dan Jakarta – Ho Chi Minh City. Tips lainnya adalah hindari high season yang terjadi pada Oktober – Maret dan peak season yang terjadi pada pertengahan Desember - Februari. Biasanya, dalam dua season ini harga tiket pesawat akan jadi mahal.

 

3. Keliling ke kota-kota di Vietnam lebih hemat dengan bus open trip


Image source : http://www.sleeperbusvietnam.com

Ini adalah salah satu tips liburan backpacker ke Vietnam yang penting untuk Anda simak nih! Di Vietnam ada tiket open bus. Tiket ini bisa Anda gunakan untuk berpindah dari satu kota menuju kota lain, yang masa berlakunya maksimal 1 bulan. Tiket open bus ini memungkinkan Anda untuk singgah dulu di suatu kota, baru nanti disambung ke kota lain. Misal dari Hanoi – Hue - Hoi An - Ho Chi Minh.

Rute perjalan open bus dari utara ke selatan, yaitu Hanoi ke Ho Chi Minh City, dan sebaliknya. Harga tiket ini tergantung dari panjang rute yang akan dilewati. Harga kurang lebih 230.00 VND, untuk maksimal 10 perjalanan. Wah, hemat sekali kan? Agar tidak terlupa, sebaiknya catat beberapa tips liburan backpacker ke Vietnam berikut ini ya!

Ada beberapa tips untuk beli tiket open bus supaya murah, pertama pilih kombinasi rute, kedua pilih tempat atau agen penjualan tiket, dan ketiga jangan lupa kemampuan tawar-menawar. Oh iya, kalau Anda mau melakukan perjalanan ke kota lain, sebaiknya malam hari saja. Selain hemat waktu, bisa hemat biaya menginap juga.

 

4. Ingin Aman Dan Nyaman Saat Backpacking Dengan Budget Terbatas? Menginap Di Hostel Saja! Murah Kok!


Image source : http://www.worldbesthostels.com/

Hostel selalu jadi pilihan utama para backpacker untuk menginap. Di wilayah yang ramai turis, kamu bisa menemukan hostel dengan fasilitas yang cukup nyaman dan harga ramah kantong mulai Rp 100.000 – Rp 200.000 per malam. Disamping itu, di hostel Anda juga dapat bertemu dengan sesama backpacker lain. Jadi, bisa berbagi informasi perjalanan dan pastinya menambah teman.

Bila Anda berada di Ho Chi Minh City, carilah hostel di daerah Pham Ngu Lao, Distric 1. Karena di sana terdapat banyak hostel dengan harga yang terjangkau. Tapi, jika Anda berada di Hanoi, carilah penginapan di daerah Old Quarter yang harganya sesuai dengan kantong Anda!

Ingat, tips liburan backpacker ke Vietnam ini mengutamakan keselamatan Anda ya! Jadi jangan hanya mencari yang murahnya saja! Perhatikan pula fasilitas keamanan Hostel tersebut!

 

5. Tukar uang rupiah ke USD? Wajib Nih! Backpacker Senior Pasti Sudah Tau Tips Liburan Backpacker Ke Vietnam Yang Satu Ini Kan?


Image source : https://krugersdorpnews.co.za/

Sebaiknya, sebelum ke Vietnam Anda menukar terlebih dulu uang rupiah ke US Dollar (USD). Sebabnya, di Vietnam jarang dan sulit ditemukan money changer yang melayani penukaran uang rupiah (IDR) ke vietamese dong (VND). Selain itu, kalau Anda menukar rupiah ke dollar dulu, nanti saat di Vietnam nilai tukar dollar akan jadi lebih tinggi. Lumayan kan?

 

6. Simpan Uang Secara Hati-hati, Dan Hindari Sifat Teledor Selama Berwisata Kesana!


Image source : https://www.saigonbudgetcarrental.com/

Vietnam lumayan terkenal dengan banyaknya kasus pencopetan. Kasus penipuan (scam) pada turis asing biasanya terjadi di taksi, becak, penjual makanan, agen perjalanan bahkan di hotel. Jadi, berhati-hatilah! Tips dari kami, bawalah uang secukupnya. Pakai money belt bila perlu,  dan simpan uang di beberapa tempat terpisah. Semisal di tas, dompet, kos kaki, celana dan sebagainya.

 

7. Mengunjungi Obyek Wisata Gratis


Image source : http://www.pixabay.com

“GRATIS” merupakan kata yang paling dicari oleh para backpacker. Betapa tidak? Kata ini bisa menjadi “penyelamat” mereka disaat genting, terlebih saat dana yang mereka punya sudah terlanjur minim.

Ingin liburan backpacker ke Vietnam? Cari info dulu tentang spot wisata gratis disana yuk! Tips liburan backpacker ke Vietnam ini bukan omong kosong loh! Anda dapat menghemat dana dengan mengunjungi beberapa obyek wisata gratis, seperti Central Post Office, People Committee Hall, Domaine De Marie dan Da Lat Lake. Menarik bukan?

Nah, berbekal beberapa tips liburan backpacker ke Vietnam ini, semoga dapat membuat liburan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Tetapi, jika Anda masih merasa ragu untuk bepergian sendiri ala backpacker, Anda dapat menggunakan jasa travel. Tapi, pastikan memilih jasa travel yang terpercaya, semisal H.I.S Travel Indonesia.

Semoga tips liburan backpacker ke vietnam ini bermanfaat, dan semoga liburan Anda menyenangkan ya!