Tips
Tipe-Tipe dan Area JR Pass
2016-05-17 09:15:03
HIS Travel

Ke Jepang memang kurang puas rasanya kalau hanya mengunjungi 1 atau 2 kota saja. Untuk kamu yang ingin mengunjungi ke berbagai kota yang ada di Jepang dengan jarak yang cukup jauh, JR Pass memang solusi yang tepat.

Kamu bisa memilih menggunakan JR Pass dengan 2 tipe yang berbeda, yaitu Ordinary dan Green. Durasi penggunaan JR Pass pun berbeda tergantung lama kamu berada di Jepang. Kamu bisa memilih Pass selama 7 Hari, 14 Hari atau 21 Hari.

Memang membeli JR Pass yang biasa memang memiliki keuntungan bahwa kamu sudah tidak perlu bingung lagi apabila tiba-tiba kamu memutuskan ingin pergi ke kota lain.

Namun untuk kamu yang sudah memiliki itinerary yang tetap dan ingin lebih menghemat pengeluaran, sebaiknya kamu tahu tipe-tipe dan Area JR Pass ya.

Daftar Tipe JR Pass :

Hokkaido Rail Pass

Kamu yang memiliki Pass ini bisa menggunakan semua kereta JR Hokkaido (kecuali Hokkaido Shinkansen) dan beberapa JR Bus di area Hokkaido. Kamu tidak perlu lagi khawatir harus membeli tiket setiap kali kamu ingin menaiki kereta atau bus, dan kamu juga bisa berwisata tanpa perlu khawatir akan batasan untuk barang bawaanmu.

Image source : http://www.japan-guide.com/

Durasi penggunaan Pass ini berbeda tergantung pilihanmu. Kamu bisa memilih Pass dengan durasi antara 3, 5 dan 7 hari berturut-turut. Kamu juga bisa memilih Pass dengan durasi yang flexible selama 4 hari (hari bisa ditentukan sesuai pilihanmu selama periode 10 hari. Periode dimulai pada hari kamu menukarkan voucher).

Link : http://www2.jrhokkaido.co.jp/global/english/railpass/rail.html

JR East South Hokkaido Pass

JR East South Hokkaido Rail Pass merupakan rail pass yang khusus digunakan oleh wisatawan mancanegara di Jepang. Pass tersebut menyediakan akses tak terbatas (unlimited) untuk penggunaan kereta JR (termasuk Shinkansen dan kereta limited express) di Wilayah Kanto dan Tohoku dan bagian Selatan Hokkaido selama enam hari di dalam periode 14 hari sesuai pilihan pemegang pass.

Image source : http://www.japan-guide.com/

Namun kamu harus ingat bahwa masa berlakunya pass tersebut adalah berdasarkan hari yang terdapat di kalendar (midnight to midnight) dan bukan berdasarkan periode 24 jam ya. Untuk kamu yang ingin mengunjungi bagian Selatan Hokkaido, sangat disarankan untuk menggunakan Pass ini.

JR Kyushu Rail Pass

JR Kyushu Rail Pass merupakan rail pass yang khusus digunakan oleh wisatawan mancanegara di Jepang. Pass tersebut menyediakan akses untuk penggunaan kereta JR di wilayah Kyushu. Kamu bisa menggunakan semua kereta Shinkansen (Mizuho, Sakura dan Tsubame) dan berbagai kereta lokal di dalam area yang dicover.

Image source : http://www.japan-guide.com/

Namun kamu harus ingat bahwa Pass ini tidak dapat digunakan pada Shinkansen Sanyo (yang meliputi area antara Hakata dan Kokura). Durasi penggunaan Pass ini berbeda tergantung pilihanmu. Kamu bisa memilih Pass dengan durasi antara 3 dan 5 hari berturut-turut (midnight to midnight).

Link : https://www.jrkyushu.co.jp/english/index.jsp

HOKURIKU Area (JR West Rail Pass)

JR Hokuriku Area Pass merupakan rail pass yang khusus digunakan oleh wisatawan mancanegara di Jepang. Pass tersebut menyediakan akses untuk penggunaan kereta JR (termasuk kursi unreserved pada kereta limited express) di wilayah Hokuriku. Pass ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengeksplorasi area di sekitar Kanazawa, Kaga Onsen, Fukui, dan berbagai tempat menarik di dalam area yang dicover.

Image source : http://www.japan-guide.com/

Durasi penggunaan Pass ini berbeda tergantung pilihanmu. Kamu bisa memilih Pass dengan durasi antara 4 dan 7 hari berturut-turut (midnight to midnight).

Link : http://www.westjr.co.jp/global/en/

Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass merupakan rail pass yang memberikan akses tak terbatas (unlimited) dengan perjalanan yang menggunakan kereta JR (termasuk Hokuriku Shinkansen) antara Tokyo dan Osaka melalui Wilayah Hokuriku yang jarang dilalui. Pass ini berlaku selama tujuh hari berturut-turut .

Pass ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan pulang-pergi antara Tokyo dan Kyoto/Osaka melalui Wilayah Hokuriku sebagai ganti dari Wilayah Tokaido Shinkansen yang lebih populer bagi wisatawan.

Kansai Area Pass (JR West Rail Pass)

Kansai Area Pass merupakan rail pass yang khusus digunakan oleh wisatawan mancanegara di Jepang. Pass tersebut menyediakan akses tak terbatas (unlimited) untuk penggunaan kereta JR (termasuk Haruka limited express) di Wilayah Kansai di sekitar Osaka, Kyoto, Nara dan Kobe.

Image source : http://www.japan-guide.com/

Durasi penggunaan Pass bisa dipilih sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa memilih pass dengan durasi antara 1 hari hingga 4 hari berturut-turut.

Link : https://www.westjr.co.jp/global/en/ticket/pass/kansai/

Alpine-Takayama-Matsumoto Area Pass

Alpine-Takayama-Matsumoto Area Tourist Pass adalah rail pass eksklusif untuk wisatawan asing. Pemegang pass ini dapat menggunakan secara berturut-turut (tidak terbatas) dalam lima hari untuk kereta JR antara Nagoya dan Toyama, Nagoya dan Shinano-Omachi dan transportasi di sepanjang Tateyama Kurobe Alpine Route. Pass ini mulai dijual tanggal 1 April hingga 9 November 2016.

The Alpine-Takayama-Matsumoto Area Tourist Pass sangat cocok untuk wisatawan yang tertarik mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine Route dari Nagoya dengan harga lebih murah dibandingkan dengan tiket reguler atau alternatif lain untuk perjalanan serupa.

Yang harus kamu ingat adalah pemegang Alpine-Takayama-Matsumoto Area Tourist Pass tidak dapat menggunakan gerbang tiket otomatis. Sebagai gantinya, mereka harus melewati gerbang tiket yang dijaga petugas.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jrpass

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia