Jepang
Tiket Terusan Yang Ekonomis Untuk Ke Alpine Route Dari Tokyo Hingga Osaka
2018-04-11 08:05:29
HIS Travel

Jika tujuan wisata kamu ke Jepang adalah melihat pemandangan alam, Tateyama Kurobe Alpine Route bisa menjadi pilihan yang sangat tepat! Rute sepanjang 90 kilometer yang mendapat julukan “Roof of Japan” dan membentang dari kota Toyama di prefektur Toyama hingga ke kota Omachi di prefektur Nagano ini benar-benar menyuguhkan pemandangan gunung Tateyama yang menakjubkan.

Memang pada kenyataannya, daya tarik utama Tateyama Kurobe Alpine Route adalah pemandangan gunung Tateyama yang sangat indah, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Chubu Sangaku. Bahkan, kamu dapat menikmati pemandangan di sana pada musim yang berbeda sepanjang tahun. 

Pada musim semi, tumpukan salju, terutama di Midagahara dan Murodo, membentuk tembok salju megah yang tingginya mencapai hingga 20 meter. Jika berkunjung pada pertengahan April hingga pertengahan Juni, bagian dari tembok salju di sekitar Murodo terbuka untuk pejalan kaki.

Selain itu, Musim panas dan musim gugur, terutama sekitar bulan Juni hingga Agustus, juga mampu menarik minat pengunjung dengan pemandangan indah berupa bunga dan daun-daun musim gugur yang berwarna-warni. Puncak musim gugur terbaik di sekitar Murodo dan Daikanbo biasanya berlangsung sekitar akhir September hingga awal Oktober, yakni ketika dedaunan secara bertahap berubah warna menuruni lereng gunung. Sayangnya, seluruh akses menujua Tateyama Kurobe Alpine Route ditutup selama musim dingin dikarenakan cuaca ekstrim dan salju yang sangat tebal.

Terlepas dari medan pegunungan yang berat, Tateyama Kurobe Alpine Route masih dapat dinikmati oleh mereka yang bukan pendaki gunung. Bahkan, ketersediaan berbagai sarana transportasi yang dapat dipilih untuk menuju ke sana membuat Tateyama Kurobe Alpine Route ramah bagi pecinta alam dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa transportasi atau kendaraan yang dapat digunakan di sekitar Tateyama Kurobe Alpine Route seperti misalnya kereta listrik, bis highland, bis troli terowongan, kereta gantung, dan bis lokal. Jadi, kamu tidak akan kesulitan mencari transportasi ketika sudah berada disana.

Sedangkan untuk menuju ke Tateyama Kurobe Alpine Route, ada dua cara yang dapat kamu pilih. Yang pertama adalah melalui Nagano dan yang kedua melalui Toyama.

http://Image source : alpen-route.com

Jika berencana untuk pergi liburan ke Tateyama Kurobe Alpine Route, sebaiknya kamu menggunakan Japan Rail Pass. Japan Rail Pass sendiri sebenarnya adalah salah satu produk gabungan dari 6 perusahaan transportasi di Jepang bernama Japan Railways Group atau JR Group. Kamu bisa mengunjungi seluruh daerah yang ada di Jepang tanpa membayar lagi jika sudah memiliki Japan Rail Pass.

Image source : alpen-route.com

Kombinasi tepat dan ekonomis untuk ke Tateyama Kurobe Alpine Route adalah perpaduan antara Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass dari JR west yang dilengkapi dengan Tateyama Kurobe Option Ticket. Perjalananmu menuju Tateyama Kurobe Alpine Route pun bisa lebih efisien dan ekonomis!

Area yang di Cover Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass, Image source : http://hokuriku-arch-pass.com/en/

Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass merupakan rail pass yang memberikan akses tak terbatas (unlimited) dengan perjalanan yang menggunakan kereta JR (termasuk Hokuriku Shinkansen) antara Tokyo dan Osaka melalui Wilayah Hokuriku. Pass ini berlaku selama tujuh hari berturut-turut . Sedangkan, Tateyama Kurobe Option Ticket merupakan Tiket dengan penawaran waktu terbatas (Tidak tersedia selama musim dingin) yang sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang menuju ke Tateyama Kurobe Alpine Route. Tiket ini merupakan Tiket One-way atau satu kali jalan.

Image source : http://www.jrtateyama.com/e/

Berangkat dari Tokyo, kamu bisa menggunakan kereta Hokoriku Shinkansen dan turun di stasiun Toyoma. Karena sudah memiliki JR West maka tidak perlu membayar lagi dan cukup menunjukan JR pass saja kepada petugas di stasiun Tokyo. Setibanya di stasiun Toyama, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju stasiun Tateyama menggunakan kereta Tayoma Chiho yang di-cover oleh Tateyama Kurobe Option Ticket . Dari stasiun Tateyama, petualangan kamu di Tateyama Kurobe Alpine Route sudah bisa dimulai!

Bila kamu memulai menggunakan dari Toyama, maka akan menyelesaikan perjalanan melalui Nagano. Dari Stasiun Nagano kamu bisa kembali ke Tokyo menggunakan Hokuriku shinkansen. Begitupun sebaliknya, bila kamu dari Tokyo memulai perjalanan melalui Nagano, kamu akan mengakhiri perjalanan di Toyama. Dari Toyama, kamu bisa naik Shinkansen kembali ke Tokyo. Special untuk kamu yang memiliki tiket pesawat sampai di Tokyo pulang dari Osaka, Penggunaan pass ini cocok sekali untukmu! Karena setelah selesai berpetualang dari Tateyama Kurobe Alpine Route, kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju Osaka dari Toyama!

Namun, jika kamu berangkat dari Stasiun Osaka, transportasi umum yang digunakan sedikit berbeda bukan menggunakan Hokuriku shinkasen, melainkan menggunakan kereta limited Express Thunderbird sampai di stasiun Kanazawa, lalu ganti kereta menuju Stasiun Toyama. Untuk sampai di stasiun Toyama, lamanya perjalanan dari stasiun Osaka sekitar tiga jam. Kemudian perjalanan selanjutnya sama seperti keberangkatan dari stasiun Tokyo.

Meskipun Tateyama Kurobe Alpine Route dapat ditempuh dalam perjalanan sehari dari kota-kota seperti Tokyo, dan Osaka, tetapi menginap di hotel dengan latar belakang pegunungan yang indah bisa memberikan pengalaman tersendiri. Di ujung barat Tateyama Kurobe Alpine Route, kamu dapat menemukan banyak hotel di Toyama, sedangkan di ujung timur, Omachi juga menawarkan hotel dan penginapan air panas.

 

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine Route, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia! H.I.S. Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Bahkan, kamu juga bisa membeli Japan Rail Pass melalui website H.I.S. Travel Indonesia.