Jepang
Beberapa Tata Krama untuk Masuk ke Sentou Pemandian Umum Jepang yang Wajib Kamu Ketahui!
2018-04-29 02:34:56
HIS Travel

Tidak seperti di Indonesia, di negara matahari terbit ini kita bisa menemukan banyak tempat pemandian umum. Jika di Jepang, tempat untuk pemandian umum disebut sebagai Sentou. Tempat ini sudah banyak di temukan di negara Jepang sejak jaman dahulu. Namun sekarang ini Sentou atau tempat pemandian umum sudah tidak seramai dahulu lagi, karena pada setiap rumah yang ada di Jepang sudah disertai dengan Ofuro. Walaupun begitu, Sentou tetap dilestarikan keberadaannya. Jika kalian ingin mampir ke Sentou ketika berada di Jepang maka perhatikanlah dahulu beberapa tata krama untuk masuk ke sentou pemandian umum Jepang. Berikut adalah beberapa poin yang harus kamu perhatikan

1. Dilarang menggunakan sepatu

image source : https://matcha-jp.com

Untuk bisa masuk ke Sentou ini kamu tidak boleh menggunakan alas kaki atau sepatu ya, untuk alasan kebersihan dan kesopanan kalian harus melepas sepatu dari luar. Nantinya akan disediakan loker khusus untuk menyimpan alas kaki yang kalian pakai. Uniknya, untuk mengunci loker kalian hanya perlu menarik atau mengambil papan nomor dan membawanya serta ke dalam.

Setelah meletakkan sepatu, saatnya kita untuk pergi ke meja resepsionis. Di tempat ini kita bisa membayar dengan uang tunai sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan. Selain itu di tempat ini kalian juga bisa membeli peralatan mandi seperti sabun atau shampo bagi yang lupa membawa. Kalian juga bisa membeli minuman seperti soft drink di tempat ini. Namun tidak semua sentou memiliki fasilitas yang sama ya.

2. Meletakkan barang bawaan dan pakaian ke dalam loker

image source : https://matcha-jp.com

Setelah menyelesaikan urusan pembayaran di resepsionis, kita akan berlanjut untuk pergi ke ruang ganti. Nah di ruang ganti inilah kita harus melepas pakaian kita dan juga memasukkan barang bawaan ke dalam loker yang telah disediakan. Karena loker yang disediakan cukup kecil maka kami menyarankan agar kalian tidak memaksa untuk memasukkan semua barang ke dalam loker. Cukup masukkan barang yang penting seperti ponsel, kunci loker sepatu, dan mungkin dompet. Tas besar atau yang lainnya bisa diletakkan di luar loker ya.

3. Tidak mengenakan pakaian

image source : https://matcha-jp.com

Mungkin bagi kalian yang tidak pernah ke Jepang atau tidak pernah masuk ke S  entou ini akan merasa agak bingung ya. Sudah menjadi peraturan sejak lama jika orang yang masuk ke dalam Sentou ini dilarang mengenakan pakaian. Seperti yang kita ketahui jika Sentou yang ada di Jepang dibedakan untuk Sentou khusus wanita dan pria. Sudah menjadi norma dan aturan jika tiap masuk ke dalam Sentou harus bertelanjang, oleh karena itu tidak usah malu karena Sentounya sudah dibedakan antara pria dan wanita. Jangan lupa untuk membawa handuk dan perlengkapan mandi.

4. Masuk ke kolam air hangat

image source : https://matcha-jp.com

Salah satu hal yang bisa kita temukan di Sentou adalah kolam air hangat. Udara Jepang yang sangat dingin pada musim dingin ini membuat setiap Sentou memiliki kolam air hangat. Kolam air hangat itu juga disebut sebagai Inari-yu, jika ingin masuk ke dalam Inari-yu maka kalian harus membilas tubuh terlebih dahulu. Karena jika tubuh masuk ke dalam kolam dalam keadaan kotor maka bisa menyebabkan pengunjung lainnya merasa tidak nyaman. Selain itu ember ataupun kursi juga bisa kita ambil di depan pintu masuk ya, jadi jangan kaget kalau di dalam Sentou tidak ada kursi dan juga ember. Setelah menggunakannya maka kalian haruss mengembalikannya ke tempat semula ya.

5. Mematikan keran jika tidak sudah digunakan lagi

image source : https://matcha-jp.com

Tata krama untuk masuk ke sentou pemandian umum Jepang adalah dengan mematika keran jika tidak digunakan lagi. Jika masuk ke dalam Sentou bagian pembilasan tubuh maka kita akan menemukan kaca, shower, dan juga dua keran berwarna biru yang berarti dingin dan juga keran warna merah yang berarti panas. Kalian bisa menyalakan seperlunya dan mencampurnya ke dalam ember yang telah kalian bawa. Namun jika sudah tidak mengenakan keran itu jangan sampai membiarkannya menyala terus-terusan ya. Karena selain pemborosan air juga menyebabkan pelanggan yang lain menjadi merasa tidak nyaman dengan cipratan air itu. Jadi pastikan setelah menggunakannya segera mematikannya ya agar cipratan dan tumpaahn airnya tidak kemana-mana.

6. Hindari untuk mencuci baju

image source : https://matcha-jp.com

Walau Sentou adalah tempat umum untuk mandi, namun kita tidak boleh mencuci baju disana. Ada aturan yang harus kita perhatikan disana dan tidak boleh dilanggar jika tidak mau ditendang keluar dari Sentou. Walau mungkin Sentou adalah tempat untuk mandi umum, namun kalian jangan sampai mencuci pakaian di tempat ini ya. Kalau mencuci baju maka ada tempat khususnya sendiri dimana kita harus memasukkana koin untuk bisa mencuci baju atau pakaian disana.

7. Jangan memasukkan handuk ke kolam

image source : https://matcha-jp.com

Seperti yang kita sudah bahas di atas jika di dalam Sentou ada kolam air hangat atau yang biasa disebut sebagai Inari-yu. Namun jika pergi berendam ke Inari-yu jangan sampai-sampai mencelupkan handuk ke dalam kolam ya. Alasannya ada bermacam-macam, alasan yang paling logis mungkin karena ada unsur kebersihan dan juga kesehatan. Jadi jika membawa handuk sebisa mungkin ikatkan di kepala saja sehingga tidak sampai membasahi handuk dan menganggu pengunjung lainnya.

8. Jangan berlarian di dalam Sentou

image source : https://matcha-jp.com

Di dalam Sentou tidak hanya orang dewasa saja yang boleh masuk, namun anak-anak kecil juga diperbolehkan untuk masuk. Karena banyak orang yang memeras handuk di Sentou akhirnya lantai menjadi licin. Dan jika ada orang yang berlari-lari di dalamnya maka bisa saja terpeleset karena lantai licin.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai tata krama untuk masuk ke sentou pemandian umum Jepang. Jika ingin mencoba untuk masuk ke dalam Sentou dan mencoba sensasi berendam di Inari-yu maka kami sarankan agar kalian berlibur bersama HIS Travel. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi Anda semua!