Jepang
Taman Shukkeien di Hiroshima
2017-10-19 03:43:59
HIS Travel

Taman Shukkeien adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota Hiroshima yang tidak kalah dengan taman Kenroku-en  di Kanazawa. Taman Shukkeien dibangun pada tahun 1620 oleh Ueda Soko seorang master upacara minum teh di villa penguasa masa itu yaitu Asano Nagaakira. Taman ini dapat diterjemahkan sebagai taman miniature Pemandangan atau dalam bahasa inggris “shrink-scenery garden”.

Taman Shukkeien menyuguhkan keindahan tradisional dari taman Jepang. Taman ini terasa lebih luas karena diisi dengan elemen gunung, sungai, lembah, danau, dan pulau kecil. Terdapat beberapa bangunan untuk minum teh di sekeliling Danau utama.Taman ini merupakan salah satu saksi bisu bom atom saat perang dunia di tahun 1945. Walaupun hancur, pemerintah Jepang telah merekonstruksi taman ini seperti semula di tahun 1951.

(Shukkeien saat musim dingin, Image source : http://shukkeien.jp)

Suasana tenang dipadu dengan pemandangan indah disini bisa jadi tempat wisata yang cocok untuk segala rentan usia. Danau di taman ini dipenuhi oleh ikan koi. Kamu bisa membeli makanan ikan koi seharga 100 yen per kantongnya, lho!. Anak-anak pasti akan senang melihat ikan berkumpul saat kita melemparkan makanan ke danau.

(Bunga Plum yang mekar di Shukkeien di akhir musim dingin, Image source : http://shukkeien.jp)

Kamu bisa menikmati keindahan Taman Shukkeien ditiap musimnya karena tiap musim memberikan pemandangan indah yang berbeda. Taman ini terkenal dengan keindahan Pepohonan Plum-nya.  Kamu juga bisa menemukan berbagai bunga bermekaran di sepanjang tahun.

(Bunga yang mekar pada bulan April di Shukkeien, Image source : http://shukkeien.jp)

Ketika kamu ke Taman Shukkeien, kamu bisa mencoba upacara minum teh. Taman Shukkeien  ini sering mengadakan Event khusus disepanjang tahunnya. Seperti  Umemi Chakai (梅見茶会)- Plum blossom viewing tea ceremony di bulan Febuary, Tanabata Tea Ceremony (七夕茶会) di bulan July, dan Momiji Chakai (もみじ茶会) di bulan November.

(Tanabata Tea Ceremony di Shukkeien, Image source : http://gethiroshima.com)

Bila kamu tidak ingin ikut upacara minum teh, kamu pun masih bisa menikmati suasana damai taman ini dengan minum teh di Kedai teh Sensui-tei yang terdapat di pintu masuk taman ini. Kedai ini punya banyak tempat duduk di area outdoor jadi kamu bisa minum teh sambil menikmati suasana. Kedai ini tak hanya menyediakan teh, kamu juga bisa memesan kopi, makanan berat seperti Udon, hingga  dessert seperti es serut.

(Matcha Set, Image source : http://shukkeien.jp)

Taman ini biasanya ramai saat akhir pekan terutama pada saat bunga sakura mekar dan momiji. Keseluruhan taman dihubungkan jalan setapak yang mengitari danau utama di tengah taman. Cara terbaik untuk menikmati taman ini adalah dengan berjalan santai menyusuri jalan setapak untuk berkeliling di taman Shukkeien. Idealnya kamu menghabiskan waktu 1 hingga 2 jam untuk berjalan santai menikmati pemandangan yang menentramkan di taman Shukkeien.

Biaya masuk ke taman ini sebesar 260 Yen. Buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 (Oktober- Maret) atau hingga jam 6 (April-September) .  Catatan buat kamu, Taman ini tutup di akhir tahun ya, dari tanggal 29 Desember hingga 31 Desember.

Akses ke Shukkeien

Taman ini berdekatan dengan Kastil Hiroshima. Kamu bisa berjalan kaki 15 Menit atau naik Tram (turun di Hacchobori dengan tiket 160 yen/ orang sekali naik) dari Stasiun Hiroshima.

Kamu juga bisa naik Meipuru-pu Bus menuju Kastil Hiroshima. Cukup Naik dari Pintu keluar Jalur Shinkansen Stasiun Hiroshima ditempuh sekitar 10 menit. Apa sih Bus Meipuru-pu? Bus Meipuru-pu adalah Hiroshima Sightseeing loop Bus , bus wisata dengan open top Bus untuk berkeliling berbagai tempat wisata di dalam kota Hiroshima.

Khusus kamu yang memiliki JR West Rail Pass (Kansai-Hiroshima Area Pass, Sanyo-San’in Area Pass, dan Setouchi Area Pass) bisa mendapatkan benefit Naik bus Meipuru-pu SEPUASNYA selama masa berlaku JR Rail West Pass-mu! Jadi dengan JR West Rail Pass ini kamu bisa menghemat 400 Yen tiket bus Meipuru-pu perharinya.

Tak hanya itu, Kamu yang memiliki JR WEST Rail Pass (Untuk Kansai-Hiroshima Area Pass, Sanyo-San’in Area Pass, dan Setouchi Area Pass ) dapat menggunakan kereta Shinkansen NOZOMI  (Shinkansen NOZOMI tidak dapat digunakan dengan JR PASS biasa). Shinkansen Nozomi dapat menghemat waktu perjalananmu dari Osaka ke Hiroshima Hanya 1 jam 20 Menit ! Kerennya lagi dari JR Rail WEST Pass (Untuk Kansai-Hiroshima Area Pass, Sanyo-San’in Area Pass, dan Setouchi Area Pass ) ini sudah termasuk JR Miyajima Ferry, jadi kamu gratis menaiki ferry menuju Miyajima dengan menunjukkan JR Rail WEST PASS-mu.

Informasi mengenai JR Pass Klik disini

Beli JR West Pass Online disini