Jepang
Menikmati Keindahan Alam di Taman Kairakuen
2016-06-01 09:48:54
HIS Travel

Prefektur Ibaraki terletak di wilayah Kanto sebelah timur laut dari Tokyo di sepanjang Pantai Pasifik. Ibaraki merupakan destinasi favorit para pecinta bunga, salah satunya di Kota Mito yang merupakan ibukota dari Prefektur Ibaraki, terkenal dengan tamannya yang indah, Kairakuen.

Taman Kairakuen merupakan salah satu dari 3 taman paling populer di Jepang (dua lainnya adalah Kenrokuen di Kanazawa dan Korakuen di Okayama). Kairakuen dibangun oleh Tokugawa Nariaki pada pertengahan tahun 1842. 

Kairakuen terkenal karena memiliki banyaknya jumlah pohon plum sampai berjumlah 3 ribu pohon. Nama Kairakuen diambil dari sebuah Buku Mencius yang menyatakan, “Para pendahulu ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, maka kebahagiaan mereka akan sepenuh hati dan juga dalam.”

Secara singkat, taman ini dapat dimaknai sebagai sebuah taman yang dapat dinikmati bersama-sama. Berbeda dengan taman terpopuler di Jepang lainnya seperti Kenrokuen dan Korakuen yang pertama kali dibuat hanya untuk tuan yang berkuasa.

Kairakuen terkenal dengan festival plum (ume-matsuri) yang diselenggarakan dari akhir Februari hingga Maret. Di taman ini terdapat lebih dari 100 jenis pohon plum dengan total 3 ribu pohon yang ditanam. Tidak hanya pohon plum, pengunjung juga dapat menikmati indahnya bunga sakura dan Azalea di musim semi, dan semak clover yang mekar di musim gugur.

Di taman ini ada salah satu tempat yang menarik, yaitu Koubuntei.

Koubuntei adalah bangunan rumah kayu Jepang yang bersejarah dan terdiri dari 3 lantai. Bangunan ini dulunya digunakan oleh Tokugawa Nariaki sebagai tempat untuk mengundang dan berkumpulnya para penulis puisi, seniman dan penduduk wilayah setempat. Para seniman dan sastrawan akan melakukan semacam pertunjukan untuk menghibur para manula yang hadir.

Untuk menuku ke Kairakuen, dapat dengan mudah diakses dari Tokyo (Shinagawa, Tokyo atau Stasiun Ueno) melalui jalur JR Joban Line. Dari stasiun Mito, kamu dapat berjalan kaki sekitar 30 menit apabila kamu ingin sekaligus menikmati perjalanan yang menyenangkan di sepanjang Danau Senba, atau 15 menit dengan menggunakan bus.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia