Info Muslim
Takoyaki Halal Pertama di Osaka!
2016-07-12 10:00:41
HIS Travel

Kalau kamu berkunjung ke Osaka, yang notabene merupakan kota nomor dua terbesar di Jepang, tentu kamu ingin juga mencicipi kuliner khas kota tersbebut, takoyaki! Tentunya kamu sudah sering mendengar ‘takoyaki’ bukan? Ya, makanan gurih bulat isi gurita dengan topping saus lezat, mayonnaise, dan taburan katsuobushi yang kadang meliuk-liuk terkena takoyaki yang panas..

Di Indonesia sendiri, kamu bahkan dapat dengan mudah menemukan toko yang menjual bola gurita ini di beberapa kota besarnya. Namun berbeda rasanya jika kamu mencicipinya langsung di kota asalnya, Osaka.

Takoyakinya lebih besar karena potongan besar gurita di dalamnya, rasanya juicy tapi tetap gurih, serta berbagai bumbu seperti jahe merah, daun bawang, dan berbagai bumbu lainnya pun begitu terasa.

Bagi para muslim tentunya juga ingin mencicipi makanan khas Osaka tersebut, namun sayangnya terkadang saus yang digunakan untuk takoyaki atau bahkan beberapa bumbu yang digunakan untuk membuat takoyaki bukanlah bumbu yang dapat dikonsumsi oleh muslim. Berita baiknya, bagi kamu muslim pecinta takoyaki, Osaka, kota asli takoyaki ini memiliki rumah makan pertama yang menyajikan takoyaki halal!

Sebuah restoran bernama “Matsuri” yang baru saja dibuka bulan Mei kemarin, menjawab keinginan para muslim yang ingin mencicipi takoyaki tanpa perasaan was-was. Arti dari kata “Matsuri” sendiri dalam bahasa Jepang adalah ‘Festival’. Arti tersebut juga berkenaan dengan restoran Matsuri yang menyajikan beragam menu khas Jepang, yang bisa dinikmati dalam satu restoran makan.

Image source : http://www.halalmedia.jp/

Meskipun belum bersertifikat halal, dikutip dari Halal Media Japan, pihak pengelola restoran tersebut mendapat dukungan dan belajar bagaimana cara penyajian makanan halal dari komunitas umat muslim setempat.

Pihak restoran juga berusaha mencari beragam bumbu makanan halal yang dapat dijadikan bahan dasar denganrasa semirip mungkin dengan berbagai hidangan khas Jepang seperti ramen, karaage, dan takoyaki itu sendiri. Meskipun pada awalnya mereka mendapat kesulitan mencari bahan-bahan, namun akhirnya rencana menyajikan masakan halal untuk muslim dapat terwujud.

Image source : http://www.halalmedia.jp/

Berbagai menu mulai dari sushi, sashimi, ramen, salad, beragam hidangan nasi bahkan takoyaki untuk dessert pun tersedia di restoran ini. Harganya pun sangat terjangkau. Mulai dari 150an yen hingga kurang dari 1000 yen.

Selain menyediakan hidangan halal, Matsuri ternyata juga menyediakan tempat untuk sholat lho! Dengan luas sekitar 1,5 x 3 meter, kamu bisa dengan nyaman menjalankan ibadah sholat di ruangan berkarpet, sebelum atau setelah menyantap hidangan halal lezat yang disajikan di restoran ini.

Image source : http://www.halalmedia.jp/

Stasiun terdekat untuk mencapai restoran ini adalah stasiun Nodahanshin, yang berjarak sekitar 14 menit dari stasiun Osaka menggunakan kereta. Dari stasiun Nodahanshin, kamu hanya perlu berjalan kaki kurang dari 10 menit untuk mencapai restoran ini.

Perlu diingat bahwa ‘Matsuri’ bukanlah toko yang 100% halal, karena masih menyediakan minuman beralkohol. Namun untuk hidangannya, kamu boleh yakin atas kehalalannya.

Restoran Matsuri, Osaka

No. Tel : 06-6940-6633

e-mail : three.peace.matsuri@gmail.com

OPEN :

[Siang] 11:00 – 14:00 [Malam] 17:00 – 24:00

Buka setiap hari

Alamat : 3-27-17 Yoshino, Fukushima-ku, Osaka-shi, Osaka

Selamat mencoba...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia