Food
Camilan Lezat dari Jepang, Takoyaki
2016-04-26 03:30:13
HIS Travel

Salah satu makanan dari Jepang yang saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat di Indonesia adalah Takoyaki. Mungkin hampir semua dari kalian sudah pernah mencoba camilan khas daerah Kansai, Jepang yang satu ini ya. Karena makanan satu ini di Indonesia sudah mulai banyak ditemui baik di Mall, pinggir jalan maupun di tempat-tempat lainnya.

Bentuknya yang bulat dan berukuran sekitar 3-5 cm tersebut juga biasa disebut baso panggang Jepang. Nama takoyaki (γŸγ“η„Όγ)(tako = gurita , yaki = panggang) adalah karena cara pembuatannya tidak digoreng dalam minyak yang banyak, tetapi dipanggang dalam suatu cetakan setengah bulatan berukuran kecil kemudian dibalik-balik sehingga membentuk bulatan penuh. Bahan yang digunakan untuk membuat takoyaki adalah tepung terigu yang berisi potongan gurita di dalamnya.

Di Jepang sendiri, takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai camilan. Satu set-nya berisi 5,6,8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik atau kemasan plastik untuk dibawa pulang. Salah satu tempat dimana kamu akan dengan mudah menemukan makanan ini di Jepang adalah ketika diadakannya matsuri (festival).

Untuk menikmati takoyaki, kamu dapat menggunakan tusuk gigi. Tetapi di Tokyo, takoyaki dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai.

Takoyaki juga ternyata memiliki berbagai jenis lho. Ada takoyaki polos, ada takoyaki dengan saus (permukaan dioles dengan saus kemudian ditambah mayones, nori dan katsuoboshi (makanan awetan dari ikan cakalang kering)), ada takoyaki dengan kecap asin (takoyaki yang permukaannya dioles dengan kecap asin) yang sering dijumpai di daerah Nagoya dan sekitarnya, dan Akashiyaki (terbuat dari tepung terigu yang diencerkan dengan banyak telur ayam dan juga dashi lalu dihidangkan berjajar di atas piring kemudian dimakan dengan mencelupkannya ke dalam sup berbahan dasar dashi).

Sebagai makanan kebanggakan warga Osaka, di setiap rumah biasanya memiliki wajan untuk membuat sendiri takoyaki di rumah. Tidak hanya perempuan saja, tetapi lelaki di Osaka biasanya juga tahu dan bisa memanggang takoyaki sendiri. Takoyaki sangat enak disantap panas-panas secara langsung atau sebagai lauk dengan nasi. Namun kalau kamu tidak sempat memakannya selagi masih hangat, kamu hanya tinggal memanaskannya ke dalam microwave selama 30 detik, maka takoyaki akan siap disantap kembali!

Selamat menikmati!

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia