Food
Takenoko
2016-05-25 06:52:01
HIS Travel

Di setiap musim di Jepang, kamu mungkin akan menemukan makanan yang hanya kamu temukan di musim tertentu. Di musim semi ini, kamu harus mencoba makanan tradisional Jepang, Takenoko.

Image source : https://kotobank.jp/ 

Takenoko adalah tunas dari Bambu. Kamu pasti tahu, karena di Indonesia, Takenoko merupakan panganan yang terkenal dan biasa disebut ‘rebung’. Biasanya Takenoko di panen sekitar bulan Maret hingga bulan Mei, yang merupakan makanan khas musim semi di Jepang. Kamu bisa menemukan banyak Takenoko yang sudah di rebus di berbagai supermarket di Jepang.

Takenoko harus langsung dipanen begitu tunas muncul sekitar 15 hingga 25 cm di atas permukaan tanah. Begitu tunasnya muncul, kamu harus segera memanennya ya, karena pertumbuhannya cepat sekali. Dan apabila dibiarkan, takenoko akan menjadi keras dan berwarna hijau. 

Image source : https://kotobank.jp/ 

Setelah dipanen, takenoko juga harus segera dimasak. Takenoko yang baru dipanen akan cepat terasa pahit dan keras kalau tidak segera dimasak. Karena itulah, supermarket di Jepang hanya menjual takenoko yang sudah dimasak terlebih dahulu untuk menjaga rasa dari takenoko.

Image source : http://www.hitotsumugi.jp/ 

Image source : http://nonkinako-3.dreamlog.jp/ 

Takenoko yang masih segar dapat juga dimakan begitu saja hanya dengan ditambahkan soyu dan wasabi. Kalau kamu ingin mencoba rasa dari takenoko segar seperti itu, bisa ditemukan di daerah Kyoto. Selain dimakan segar, takenoko bisa coba kamu bakar dan langsung disajikan.

Image source : http://izu-np.co.jp/

Kamu bisa mencoba memadukan berbagai masakan Jepang dengan takenoko. Contohnya Sup Miso Takenoko, Chirashi Zushi Takenoko, Tempura Takenoko, dan lain sebagainya.

Image source : http://www.sapporobeer.jp/

Penasaran? Kamu bisa mencoba memasaknya sendiri di rumah dan rasakan kelezatannya.

Selamat Mencoba...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia