Jepang
Mengunjungi Satu dari Tiga Patung Buddha Terbaik Jepang di Takaoka
2017-12-18 08:48:40
HIS Travel

The Great Buddha of Takaoka atau Takaoka Daibutsu merupakan objek wisata terkenal dari kota Takaoka yang berlokasi di Prefektur Toyama dan  dikenal sebagai patung paling tampan di Jepang.

Ukuran patung Buddha ini sangat besar, dan bahkan disebut-sebut sebagai "one of the three great Buddha statues of Japan" bersama dengan Patung Buddha di Kuil Todaiji di Nara dan Patung Buddha Besar di Kamakura. Meskipun pamornya masih kalah dibandingkan dua patung Buddha tersebut.

Sejarah Takaoka Daibutsu

Takaoka Daibutsu merupakan objek wisata yang cukup baru dibandingkan kedua patung Buddha yang ada di Nara dan Kamakura. Namun sebenarnya, kontsuksi Takaoka Daibutsu sudah berjalan sejak tahun 1745, meskipun sebelumnya bahan dasar patung ini adalah kayu yang disepuh dengan lembaran emas.

Sayangnya patung ini tidak bisa bertahan dari berbagai bencana kebakaran yang terjadi beberapa kali, dan hanya menyisakan beberapa bagian dari konstruksi aslinya. Kemudian patung Buddha dibangun kembali karena permintaan masyarakat sekitar di tahun 1903, dan selesai di tahun 1933. 

Patung ini memiliki tinggi sekitar 15.85 meter dan berat sekitar 65 ton. Takaoka Daibutsu dibuat dengan gaya dan teknik khas produsen perunggu lokal, yang merupakan produsen utama lonceng tembaga dan ornament tembaga untuk kuil di hampir seluruh Jepang.

Pengunjung bisa masuk di bagian dasar patung yang didalamnya terpajang kepala patung Takaoka Daibutsu sebelumnya. Di bagian dinding di bagian dalam patung juga dihiasi dengan lukisan Buddha.

Source :  www.takaoka.or.jp

Takaoka Daibutsu berdiri di tengah-tengah kota, berbeda dengan dua patung Buddha lainnya. Kenapa? Karena sebenarnya patung ini dibangun oleh masyarakat Kota Takaoka sendiri, dan bukan dibangun dengan pemimpin pada masanya seperti Nara Daibutsu yang dibangun atas perintah kaisar atau Kamakura Daibutsu yang dibangun atas perintah Shogun.

Lokasi yang berada di tengah kota juga dikarenakan masyarakat menginginkan Takaoka Daibutsu berada di dekat mereka. Perbedaan ini bisa dibilang cukup mengagumkan mengingat Takaoka Daibutsu yang tidak memiliki sejarah yang penting maupun kehebatan artistik dari dua patung lainnya, namun bisa meng-klaim sebagai patung nomor tiga terbaik di Jepang.

Kalau kamu ingin mengabadikan patung Buddha ini, waktu terbaik adalah di sore hari, karena patung ini menghadap ke sebelah barat. Apabila kamu mem-foto patung ini di pagi hari, kamu hanya bisa memotret siluet dari patung ini.

Takaoka Daibutsu bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki sekitar 10 – 15 menit dari Stasiun Takaoka, dan lokasinya sangat dekat dengan Takaoka Municipal Museum dan Takaoka Kojo Park.

Kamu juga bisa mencoba menaiki Tram Man-yo-sen yang berangkat dari Stasiun Takaoka dan turun di Sakashitamachi Stop.

Oiya, jangan lupa untuk mencoba ice cream green tea yang ada di toko di seberang jalan dari Takaoka Daibutsu ini ya.

Takaoka Daibutsu

Alamat : 11-29 Otemachi, Takaoka City - Toyama Prefecture, 933-0039

Tel : 0766 23 9156

Jam Buka : 6am - 6pm.

Tiket Masuk : Free

Top image source : https://id.pinterest.com/