Food
Taimeshi, Lezatnya Makanan Khas Ehime
2017-08-16 08:08:20
HIS Travel

Jepang memang terkenal dengan negara yang kaya akan olahan ikannya. Bahkan ada mitos bahwa kecerdasan orang Jepang karena terbiasa makan ikan. Ternyata setiap prefektur di Jepang memiliki simbol ikan. Seperti misalnya ikan yang menjadi simbol prefektur Ehime adalah ikan bream laut yaitu spesies ikan air tawar dan ikan laut. Di wilayah Kanto prefektur Tokyo, ikan bream laut harganya mahal, sedangkan di Ehime bisa dinikmati tanpa mengeluarkan kocek yang besar. Wisatawan dari Kanto biasanya senang menikmati ikan-ikan segar di Ehime dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, makanan olahan ikan bream laut ini tidak boleh dilewatkan wisatawan.

Ada hidangan unik di Ehime yang menggunakan ikan bream sebagai bahan dasarnya. Hidangan ini disebut Taimeshi. Apabila diterjemahkan, taimeshi adalah nasi bream laut. Bersalah darri kata bahasa Jepang yaitu tai (bream) dan meshi (nasi). 

Di pusat Ehime yaitu Matsuyama, Taimeshi adalah simbol perayaan. Ikan Bream Laut diyakini membawa keberuntungan karena kata 'tai' terdengar seperti 'medetai' yang artinya 'selamat!'. Ikan Bream Laut disajikan menjadi sashimi, dengan kepala dan ekornya disusun seolah-olah ikan itu masih hidup dan menjadikannya terlihat indah. Biasanya hanya disajikan saat merayakan acara spesial.

Sumber gambar: @OmoroiJAPAN

Di pusat Ehime, ikan bream laut biasanya dimasak dengan nasi kemudian diberi garam atau kecap asin. Lain lagi olahan Taimeshi di bagian selatan Kota Ehime yang menggunakan ikan bream laut mentah dan diletakkan di atas nasi biasanya disebut Nanyo Taimeshi (selatan) atau Uwajima Taimeshi karena Kota Uwajima berada di selatan Ehime. Hidangan Taimeshi di selatan Ehime ini dicampur dengan saur yang dibuat dari campuran telur mentah dengan kecap. Ikan bream laut mentah yang diletakkan di atas nasi panas dengan saus yang dituangkan di atasnya membuat Taimeshi banyak dicari wisatawan. Berbeda dengan Taimeshi di Matsuyama, Uwajima Taimeshi tidak hanya dihidangkan saat ada perayaan. Taimeshi juga bisa dibuat sendiri di rumah sebagai hidangan yang cepat dan mudah.

Taimeshi dengan ikan bream laut mentah tidak biasa disajikan di daerah lain, tetapi keunikan Ehime menawarkan rasa segar dari ikan bream laut mentah yang disajikan secara langsung. Pada masa lampau, dikatakan bahwa Taimeshi Uwajima dibuat mentah karena pada zaman dulu pelaut harus membuat hidangan tanpa menggunakan api agar tidak diketahui bajak laut. Dan juga, orang-orang lebih suka cara pembuatan Taimeshi mentah untuk bertahan hidup di atas kapal karena lebih mudah dan cepat. Mungkin cerita tersebut hanyalah legenda penduduk Ehime, tetapi Taimeshi Uwajima merupakan bentuk makanan cepat saji yang lezat.

Sumber gambar: hiveminer.com

Bagi wisatawan, ada berbagai restoran yang menyediakan Taimeshi di Ehime khususnya di Matsuyama. Hidangan Taimeshi Uwajima juga bisa wisatawan nikmati tanpa harus pergi ke bagian selatan Ehime. Karena semakin banyaknya wisatawan mancanegara, ada banyak juga restoran yang menyediakan Taimeshi matang, contoh di Restoran Kadoya Taimeshi di Bandara Matsuyama.

Bagi wisatawan yang belum tahu banyak mengenai Prefektur Ehime, silahkan temukan informasi-informasi menarik mengenai Ehime di www.his-travel.co.id!