Info Muslim
Sushi Halal Pertama di Jepang, Asakusa Sushi Ken
2016-12-07 11:23:26
HIS Travel

Siapa sih yang tidak mengenal makanan sushi. Makanan asal Jepang ini sangat populer bahkan di berbagai penjuru dunia. Sushi dikenal karena kelezatan dan bahan alaminya.

Makanan Jepang ini terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, telur, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui oleh campuran cuka beras, garam dan gula. Sushi dimakan bersama dengan kecap asin (shoyu) dan wasabi untuk menambah kelezatannya.

Meskipun sushi sebagian besar menggunakan bahan berupa makanan laut, namun sebenarnya ada beberapa bahan yang tidak halal dalam membuat sushi.

Bagi kamu penikmat sushi, jangan khawatir karena seiring berjalannya waktu, restoran sushi halal kini mulai banyak tersebar di berbagai penjuru Tokyo. Sebagai restoran sushi halal pertama di Jepang, Asakusa Sushi Ken menjadi pioneer untuk memberikan cita rasa asli namun menyediakan sushi yang  muslim friendly.  

Pemilik Restoran Sushi Ken menyadari bahwa semakin meningkatnya wisatawan muslim ke Jepang, maka kebutuhan akan makanan halal pun akan semakin meningkat. Semenjak itulah, Sushi Ken mantap untuk mengubah konsep restorannya menjadi restoran halal agar bisa melayani tamu-tamu muslim yang datang dari berbagai penjuru negara. Asakusa Ken juga telah mendapatkan sertifikat halal dari Japan Halal Foundation.

Image source : https://matcha-jp.com/ 

Menyediakan cita rasa asli untuk sushi halal pun menjadi tantangan tersendiri. Karena bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan sushi diubah agar bisa dinikmati untuk pengunjung muslim, rasa pun ikut berubah. Setelah proses yang panjang, akhirnya chef dari restoran Asakusa Sushi Ken berhasil membuat sushi halal tanpa kehilangan cita rasa aslinya.

Image source : http://www.halalmedia.jp/ 

Image source : http://www.halalmedia.jp/ 

Sushi Ken menggunakan cuka halal dari Tamanoi dan sōyu halal dar Fukuoka. Selain itu mereka juga menggunakan beras, gari (sweet pickled ginger) dan daging yang halal.

Image source : http://www.halalmedia.jp/ 

Selain soal rasa, Sushi Ken juga memiliki kelebihan untuk soal fasilitasnya lho. Karena mereka juga menyediakan ruangan untuk beribadah, meskipun sedikit sulit apabila restoran sedang penuh.

Image source : https://matcha-jp.com/ 

Image source : https://matcha-jp.com/ 


Asakusa Sushi Ken [浅草すし賢]

Alamat : Tokyo, Taito-ku, Asakusa 2-11-4

Jam Buka : Senin – Sabtu : 12:00 – 14:00 (makan siang), 17:00 – 24:00 (makan malam)

Minggu dan Libur Nasional : 11:30 – 15:00 (makan siang), 17:00 – 22:00 (makan malam)

Bahasa : Jepang dan Inggris

No Tel : 03-5246-6547

Harga : Makan Siang – dari 1,300 yen

Makan Malam – dari 5,000 yen

Fasilitas : Ruang Ibadah, Wifi, Servis Delivery

Akses : Stasiun terdekat adalah Stasiun Asakusa di Line Ginza, Line Toei Asakusa.

Jalan sekitar 8 menit dari Stasiun Asakusa


Pokoknya, kalau kamu sedang datang ke Tokyo, pasti tidak rugi deh kalau mengunjungi restoran ini

Selamat mencoba...

 

Top image source : https://matcha-jp.com/