Info Muslim
5 Supermarket Halal Yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan Ke Jepang
2017-08-06 10:10:50
HIS Travel

Jepang, negara maju yang menarik jutaan orang untuk datang dan tinggal, tidak hanya orang Asia tetapi semua orang di seluruh dunia. Tak terkecuali bagi umat Islam, mereka datang ke Jepang untuk belajar, bekerja, berbisnis, dan berwisata.

Saat kamu mengunjungi Jepang yang berpenduduk mayoritas non-Muslim, kamu akan menghadapi kenyataan bahwa pilihan makanan halal menjadi sangat terbatas. Terkadang, budget liburan yang minim memaksa kamu untuk mengkonsumsi makanan instan selama di hotel. Kamu mungkin akan menemukan toko dan supermarket yang menawarkan beragam makanan instan atau bento yang menggugah selera. Sayangnya, sebagian besar makanan tersebut tidak halal.

Bagaimana dengan daging halal dan bahan makanan lainnya? Di mana kamu bisa menemukan produk makanan halal di pasar Jepang?

Saat ini ketersediaan makanan halal di supermarket dan bahkan di toko-toko terus meningkat. Membuat hidup lebih nyaman bagi penduduk Muslim Jepang, dan juga memberi ketenangan kepada pelancong, terutama bagi mereka yang ingin mengunjungi kota-kota kecil. Berikut adalah beberapa informasi mengenai keberadaan supermarket halal bagi umat muslim yang akan berlibur ke Jepang :

Aeon
Pada bulan Maret 2016 Aeon Group meluncurkan makanan halal TOPVALU untuk umat Islam di 25 toko di wilayah Kanto. TOPVALU adalah sebuah brand makanan milik Aeon. Saat ini sekitar 130 toko mereka di Jepang menjual makanan halal yang sudah mendapat sertifikat halal dari JAKIM, Badan sertifikasi halal di Malaysia. 

Hingga saat ini, jumlah toko Aeon yang menawarkan produk makanan halal semakin meningkat. Kamu bisa menemukan daftar dan lokasi semua Aeon Stores di situs resmi Aeon.


Image source : halalmedia.jp

Green Nasco
Saat kamu kekurangan rempah-rempah dan bumbu masak, Shin-Okubo adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Wiraswasta dari kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah tampaknya berkumpul di satu jalan dekat stasiun JR Salah satunya yang terkenal adalah toko kelontong Green Nasco. Tepat disampingnya terdapat sebuah toko islami dan warung kebab halal.

Selain itu kamu juga akan menemukan setengah lusin toko serupa lainnya di daerah Shin-Okubo. Toko kelontong Green Nasco ini menjual daging halal (daging sapi Jepang, kambing Selandia Baru, ayam Brazil), berbagai rempah-rempah dari Pakistan dan India, dan pilihan makanan Afrika.


Image source : mochimochihalal.com

Gyomu
Sejak pertama kali dibuka pada tahun 2000, jumlah supermarket Gyomu telah berkembang menjadi lebih dari 700 cabang yang melayani seluruh Jepang dari Hokkaido hingga Okinawa. Meski target customer mereka adalah pedagang besar, kamu tetap bisa berbelanja kebutuhan makanan di supermarket Gyomu. 

Pilihan makanan yang dijual mencakup produk yang diproduksi secara langsung oleh pihak Gyomu dan produk yang diimpor dari negara-negara di seluruh dunia. Tujuannya untuk mendapatkan pilihan makanan yang beragam dan berkualitas.

Selain jumlah cabangnya yang terus meningkat, Gyomu terus menambah jumlah produk makanan halal yang dapat dibeli oleh umat muslim. Perlu kamu catat bahwa masing-masing supermarket Gyomu memiliki pilihan makanan Halal yang berbeda-beda.‚Äč


Image source : okinawahai.com

AGM Trading
Pemasok makanan halal eksklusif yang satu ini telah melayani penduduk Muslim di Yokohama dan di seluruh negeri sejak tahun 2001. Toko berukuran sederhana dekat stasiun Tsunashima dilengkapi dengan berbagai produk makanan halal berkualitas, mulai dari bahan makanan pokok, rempah-rempah, makanan kaleng, hingga daging beku. 

Kalau tempat kamu jauh dari AGM Trading, produk yang sama bisa dibeli secara online dan akan dikirim hingga depan rumah. Selain itu, Mohamed Huraish dari Sri Lanka, juga mengelola restoran halal yang nyaman, Hari Rasai, tepat di seberang AGM Trading. Jadi setelah berbelanja, kamu bisa langsung makan di restaurant halal tersebut.


Image source : around-india.com

Toko Indonesia Okubo
Yang terakhir terletak di gang belakang Okubo. Kalau kamu tahu Vietnam chan, restoran asli Vietnam di Okubo, maka toko Indonesia Okuba tepat berada di sampingnya. Kamu bisa menemukan saus, bumbu makas, tempe, agar-agar dan beragam barang lainnya yang kamu butuhkan untuk memasak makanan Indonesia. 

Bagi yang yang tinggal jauh dari Tokyo dan ingin membeli beberapa barang dari Indonesia, mereka juga menerima pembelian dan pemesanan secara online.


Image source : facebook.com

Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang sedang merencanakan liburan di Jepang. H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Jepang pada H.I.S!

Top image source : tsunagujapan.com