Jepang
Sumo Autumn Basho, Saatnya Menonton Sumo di Jepang
2017-10-02 15:16:38
HIS Travel

Panduan Menonton Sumo Autumn Basho

Sumo Autumn Basho merupakan festival yang setiap tahunnya diadakan di Jepang. Tahun ini Sumo Autumn Basho diadakan di Tokyo pada tanggal 10-24 September. Sumo merupakan olahraga yang sangat diminati di Jepang sejak zaman dulu. Tiket masuk untuk turnamen sumo selalu cepat terjual habis. Area yang populer untuk menonton Sumo Autumn Basho adalah Ryogoku. Nah, hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk menonton Sumo Autumn Basho? Cek panduannya di bawah ini!

1. Nihon Sumo Kyokai

Sumbergambar: metropolisjapan.com

Apabila wisatawan ingin mencoba menkmati pertandingan sumo di Jepang sebaiknya pelajari tentang sumo lebih dulu.Cari tahu garis besar tentang sumo, mulai dari website Asosiasi Sumo Jepang yang bisa menjadi panduan untuk menemukan jadwal turnamen, belajar tentang rikishi (pegulat) hingga mempelajari peraturan selama turnamen sumo seperti yang pertama menyentuh tanah atau keluar ring dianggap kalah. Hal-hal seperti itu dalam bahasa Jepang disebut Nihon Sumo Kyokai.

2. Membeli tiket

Biasanya tiket sudah terjual habis sebelum turnamen berlangsung apabila tidak melakukan pemesanan lebih dulu, tetapi disediakan tiket untuk tempat duduk yang berada di lantai dua. Harga tiketnya 2,200 yen. Meskipun duduk di area tribun atau area paling atas, turnamen sumo masih bisa dinikmati dengan baik. Penjualan tiket dimulai pukul 7.45 pagi, tetapi para peminatnya mulai berbaris lebih awal. Sebaiknya wisatawan harus datang selambat-lambatnya pukul 7.00 pagi agar tidak kehabisan tiket, karena hanya ada 250 kursi yang tersedia. Penjualan menggunakan sistem satu tiket per orang dengan metode pembayaran hanya uang tunai.

Tips: Setelah mengantre dan menerima nomor kartu, pergilah ke minimarket untuk beristirahat sejenak.

Setelah tiket sudah di tangan, belilah sarapan lezat di Matsuya. Ada hidangan yang menarik untuk dicoba, seperti makanan tradisional Jepang berupa ikan bakar, miso, nasi, hingga donburi. Harganya kurang dari 500 yen. Setelah itu barulah tunjukan tiket kepada staf dan duduk di bangku pilihan dengan nyaman.

3. Memilih tempat duduk

Sumber gambar: metropolisjapan.com

Pertandingan dimulai tepat pukul 08.35 hingga pukul 18.00. Pemegang tiket diperbolehkan masuk kedalam arena hanya sekali, jadi lebih baik untuk datang pada saat upacara pembukaan kemudian selanjutnya melihat-lihat sekitar arena. Penonton bisa melakukan 'reserved seats' secara informal dengan meninggalkan barang di tempat duduk yang telah dipilih. Kembalilah ketempat duduk pada pukul 14.30.

Tips: Tempat duduk paling ideal adalah tempat duduk yang menghadap gyouji (wasit sumo) dengan kedua pegulat di kedua sisinya.

Ikuti ketiga panduan di atas dan dapatkan pengalaman menonton sumo terbaik di Jepang. Selain menonton turnamen sumo, wisatawan juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata populer di area Sumo Autumn Basho. Berikut tempat-tempat yang bisa dikunjungi selama menonton turnamen sumo!

1. Museum Edo Tokyo

Sumbergambar: japan-guide.com

Letaknya bersebelahan dengan arena Sumo Autumn Basho dan merupakan salah satu museum terbaik di Tokyo. Museum Edo Tokyo menyajikan gambaran kehidupan kota di zaman Edo hingga akhir Perang Dunia II. Ada pemandu wisata yang tersedia untuk mendeskripsikan setiap sudut museumnya, tetapi wisatawan harus melakukan pemesanan terlebih dahulu jika ingin menggunakan pemandu. Museum Edo Tokyo tutup di hari Senin dengan jam buka setiap hari nya mulai 9.30 hingga 17.30.

 

Tips: Museum Edo Tokyo merupakan salah satu tempat souvenir terbaik di Tokyo dengan berbagai pilihan kartupos, kerajinan tangan khas Jepang, dan tenugui sesuai musim.

 

2. Ryogoku Edo Noren

Sumber gambar:co-trip.jp

Deretan toko-toko yang baru direnovasi ini terletak di gedung yang sama dengan stasiun dekat area Sumo Autumn Basho. Di dalamnya, wisatawan bisa menemukan meja informasi Sumida Ward Tourism Association, tokosuvenir, replika dohyo tempat turnamen berlangsung, hingga berbagai restoran yang menyajikan segalanya mulai dari sushi, mie, hingga teh serta permen tradisional Jepang. Ada banyak informasi seperti peta dan panduan-panduan untuk wisatawan dalam berbagai bahasa. Ryogoku Edo Noren buka mulai pukul 11.00 hingga 23.00.

3. Kyuu Yasuda Garden

Sumber gambar: TripAdvisor

Lahan ini merupakan bagian milik Honjo Munesuke, yaitu penguasa pertama wilayah Kasama. Kyuu Yasuda Garden merupakan salah satu taman tradisioal khas Jepang yang terbaik. Berjalan-jalan di sekitar taman sambil menikmati pemandangan Tokyo Skytree dan memperhatikan ikan koi warna-warni di kolamnya sering dilakukan warga lokal atau wisatawan asing tentunya. Pada bulan Januari sampai Mei dan September sampai Desember Kyuu Yasuda Garden dibuka mulai 9.14 hingga 16.30. Sedangkan sepanjang Juni sampai Agustus dibuka jam 9.00 sampai 18.00.

4. Museum Sumida Hokusai

Sumber gambar: japan-guide.com

Bagi penggemar ukiyo-e, yaitu lukisan khas Jepang yang dibuat di atas kayu, Museum Sumida Hokusai merupakan tempat yang pastinya menjadi favorit. Museum ini didedikasikan untuk Katsushika Hokusai yang merupakan salah satu pelukis ukiyo-e paling terkenal dan paling digemari sepanjang zaman Edo. Museum ini dibuka pada tahun 2016, wisatawan akan menemukan karyanya di setiap dinding dan juga mempelajari kisah hidupnya. Museum Sumida Hokusai buka mulai pukul 9.00 hingga 17.30 dengan jadwal tutup di hari Senin.

5. Sungai Sumida

Sumber gambar: jpninfo.com

Sungai Sumida merupakan salah satu sungai terbesar di Tokyo, sungai ini muncul di setiap hal mulai dari momen sejarah penting hingga berbagai cerita legenda. Jalan setapak yang lebar di sepanjang sisi sungai cocok untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan di pagi hari hingga malam hari.

6. Tokyo Mizube Cruising Line

Sumber gambar: travelience.com

Melihat pemandangan kota dari sisi yang berbeda bisa dinikmati dengan kapal pesiar yang tersedia. Kapal berangkat dari dermaga Ryogoku dengan pelayaran selama satu jam di Sungai Sumida. Tepat di seberang arena Sumo Autumn Basho, wisatawan bisa berjalan-jalan dan berbelanja di Asakusa dan Odaiba sebelum kembali menonton turnamen. Wisatawan juga akan disuguhi pemandangan Rainbow Bridge yang populer dan menakjubkan.

7. Ryogoku Edo-Yu

Sumber gambar: timeout.com

Onsen Ryogoku bisa wisatawan kunjungi setelah menonton turnamen dan seharian berkeliling di area Ryogoku. Ada tiga tempat sauna dan berbagai macam onsen yang menawarkan relaksasi tradisional untuk wisatawan.

 

Pengalaman menonton sumo di Jepang tentunya semakin lengkap dengan 7 destinasi menakjubkan yang sudah disebutkan di atas. Sangat disayangkan apabila berkunjung ke Jepang tanpa mengenali budayanya.

 

Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapat kan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!