Food
Menikmati Kuliner Favorit Som Tam, Salad Khas Thailand
2017-08-15 08:16:38
HIS Travel

Thailand dikenal sebagai salah satu negara tujuan wisata dengan aneka kuliner yang lezat. Tak hanya lezat saja, kuliner khas Thailand terbilang unik dan harganya sangat terjangkau kantong para pelancong. Salah satu kuliner khas Thailand yang banyak diminati adalah Som Tam. Kamu penasaran dengan kuliner yang satu ini? Simak ulasannya di sini.

Salad Khas Thailand

Som Tam adalah salad segar khas Thailand. Di beberapa negara ada pula versi yang sedikit berbeda, misalnya saja di Kamboja dikenal dengan nama Bok I’hong, di Laos disebut Tam Som, dan di Vietnam dikenal dengan sebutan Goi Du Du. Dari beberapa versi tersebut, versi Thailand disebut-sebut sebagai versi yang paling lezat.

Jika umumnya pepaya dikonsumsi dalam keadaan matang berwarna kuning kemerahan, Som Tam menggunakan bahan utama pepaya yang belum matang. Pepaya yang masih berwarna hijau dan keras ini dikupas kemudian diserut sehingga menghasilkan potongan-potongan kecil yang cukup panjang dan renyah.

Bahan utama berupa serutan pepaya muda ini dipadukan dengan beberapa bahan pelengkap yakni tomat, gula, jeruk limau, bawang putih, saus ikan, udang kering, kepiting, pasta udang, dan padaek atau saus ikan tradisional. Selain itu ditambahkan pula potongan kacang hijau, terong hijau bulat, dan kedondong. Dari kombinasi ini bisa dibayangkan rasa Som Tam yang manis, asam, gurih, sedikit pedas, renyah dan sekaligus segar.

image source: www.thespruce.com

 

Som Tam bisa dikonsumsi kapan saja, pagi hari, siang hari ataupun malam hari. Di siang hari yang terik, Som Tam sangat cocok karena rasanya yang segar. Setelah menikmati sajian daging atau ikan, Som Tam bisa menjadi pilihan makanan pencuci mulut.

Sajian Som Tam ini sesungguhnya tersedia dalam beragam variasi yang sangat diminati di Thailand. Pepaya hijau sebagai bahan utama biasa diganti dengan timun, mangga muda, pisang muda, bunga pisang, buah kecapi yang belum matang ataupun diganti dengan kombinasi beberapa buah-buahan.

image source: www.fabulous-femme.com

 

Tempat-tempat Terbaik untuk Mencicipi Som Tam

Di Thailand, Som Tam tidak hanya dijual oleh pedagang kaki lima tetapi juga menjadi menu andalan di restoran-restoran. Bagi kamu yang tidak suka pedas, jangan lupa untuk memesan Som Tam dengan tingkat kepedasan sesuai dengan selera. Sebab jika tidak, maka Som Tam yang didapat adalah Som Tam dengan rasa yang pedas kesukaan mayoritas penduduk Thailand. Berikut ini beberapa tempat untuk mendapatkan Som Tam yang lezat.

  • Pedagang kaki lima

Pedagang kaki lima yang menjual Som Tam bisa ditemukan dengan mudah di setiap sudut Thailand. Tak hanya bisa menikmati Som Tam yang lezat, kamu bisa sekaligus melihat proses pembuatan Som Tam. Som Tam yang didapat pun dipastikan masih dalam keadaan segar. Para pedagang kaki lima yang menjual Som Tam biasanya selalu ramai dengan pengunjung. Kamu bisa berbaur dengan para penduduk Thailand dan merasakan suasana yang khas bersama mereka sambil menikmati Som Tam. Harga Som Tam yang dijual oleh para pedagang kaki lima bervariasi antara 25 Baht hingga 35 Baht bergantung pada banyaknya porsi Som Tam yang disajikan. Beberapa pedagang menyajikan Som Tam dalam porsi besar yang cukup untuk dinikmati oleh dua orang.

image source: www.live-less-ordinary.com

 

  • Chatuchak weekend market

Chatuchak weekend market terbilang sangat populer di Thailand. Di tempat ini bisa ditemukan beragam makanan khas Thailand dengan harga yang murah. Di tempat inilah kamu bisa mendapatkan Som Tam dengan harga yang ekonomis. Pilih saja salah salah satu restoran outdoor yang dipadati oleh pengunjung. Di restoran semacam itulah biasanya Som Tam yang lezat bisa didapatkan. Harga Som Tam di Chatuchak weekend market sama seperti harga Som Tam yang dijual para pedagang kaki lima yakni di atas 10 Baht.

  • La Deng

Pilihan tempat lainnya untuk menikmati Som Tam adalah di La Deng. La Deng yeng berlokasi di Silom, Bangkok ini adalah sebuah restoran kecil khas Thailand yang tak hanya menyediakan satu varian Som Tam tetapi beberapa varian Som Tam. Di tempat ini, kamu bisa menikmati Som Tam dengan tenang dan nyaman dengan harga mulai dari 50 Baht. La Deng menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang tak ingin menikmati Som Tam di area pedagang kaki lima.

  • Café Chili

Jika kamu berkunjung ke Siam Paragon, maka tak perlu pergi jauh-jauh lagi untuk mencicipi Som Tam. Cukup datang saja ke Café Chili yang terdapat di lantai dasar Siam Paragon. Di tempat ini, pengunjung akan mendapati begitu banyak varian Som Tam mulai dari Som Tam original, Som Tam dengan ikan salmon, Som Tam dengan kepiting dan varian lainnya. Selain itu, café ini juga menyediakan makanan khas Thailand lainnya. Di tempat ini harga Som Tam terbilang cukup mahal, mulai dari harga 110 Baht. Harga ini terbilang sangat sesuai dengan penyajian makanan yang menarik dan lokasi café yang strategis.

Saat ini sajian Som Tam sudah mendunia dan bisa ditemukan di berbagai kota termasuk di kota besar di Indonesia seperti di Jakarta. Misalnya saja di restoran Tom Tom yang terletak di Grand Indonesia Mall lantai 5, restoran Thai Alley di Gandaria City, Bangkok Garden di Pantai Indah Kapuk dan di beberapa restoran Thailand lainnya. Tetapi tentu saja, menikmati Som Tam di negera asalnya jauh lebih berkesan. Kamu bisa mencicipi Som Tam sambil merasakan suasana khas Thailand.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

top image source: www.maangchi.com