Food
Soba yang Lezat Dimakan Panas Maupun Dingin
2016-02-03 10:35:37
HIS Travel

Jepang memang tempatnya berbagai kuliner menarik dan lezat. Bahkan mungkin saja wisata kuliner-lah alasan utamamu ingin berwisata ke Jepang. Sudahkah kamu menyiapkan daftar makanan apa saja yang ingin kamu coba ketika berada di Jepang? Jika ya, apakah soba masuk ke dalam daftarmu? Apabila belum termasuk, segeralah memasukkan makanan khas Jepang yang satu ini ke daftarmu! Pokoknya tidak afdol deh kalau kamu tidak mencoba makanan ini selama di Jepang!

Soba merupakan masakan mi tradisional Jepang yang dibuat dengan bahan utama tepung gandum (buckwheat). Makanan ini berbetuk seperti mie spageti dari Itali dengan tekstur lebih kasar dan biasanya disajikan hangan atau dingin sesuai dengan permintaan pembeli.

Soba merupakan salah satu makanan favorit orang Jepang. Soba bukan hanya sekedar mie belaka, melainkan memiliki filosofis yang dalam. Pada setiap perayaan, seperti tahun baru (disebut toshikoshi-soba yang berarti “soba melewatkan tahun”) atau ketika baru pindah rumah (disebut hikkoshi-soba yang berarti “soba pindahan”), orang Jepang selalu menyertakan soba. Bagi mereka, soba melambangkan kesuksesan, panjang umur dan panjang rezeki.

Penjual soba sangat mudah dijumpai karena makanan yang satu ini sangat disukai oleh tak hanya orang Jepang, namun juga para orang asing yang datang ke Jepang. Bahkan Soba juga telah menyebar ke berbagai negara di dunia, salah satunya di Indonesia.

Di Jepang kamu akan banyak menemukan kedai soba di pinggir jalan, di stasiun-stasiun, atau di restoran-restoran terkenal yang sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun. Apabila kamu menemukan kedai soba di pinggir jalan atau di stasiun, biasanya cara makannya ada yang duduk atau ada yang berdiri.

Mie soba menurut cara penyajiannya terdiri dari dua macam, yaitu soba panas dan soba dingin. 

Penyajian soba panas seperti pada umumnya kuah di Indonesia. Mie disajikan dalam mangkok berisi kuah panas dan ditaburi daun bawang. Untuk pelengkapnya bisa bermacam-macam tergantung apa yang kamu pesan. Kamu bisa memilih karaage, tempura atau sayuran. Harga dari masing-masing hidangan pelengkap itu tentu berbeda.

Sedangkan soba dingin, penyajian antara mie dan kuah dipisah (kuah yang disajikan hanya sedikit). Untuk pelengkapnya sama seperti soba panas.

Seperti penjelasan sebelumnya di artikel tata krama ketika makan di Jepang (link), ketika kamu sedang makan makanan mie seperti ramen, udon atau soba, kamu sangat dianjurkan untuk mengeluarkan suara menyeruput ketika sedang makan! Karena di Jepang, orang yang memakan mi sambil mengeluarkan bunyi itu sama dengan ucapan terimakasih mereka kepada sang pembuat makanan dan menandakan bahwa mienya sangat enak. 

Oh iya, satu hal lagi. Kalau kamu makan mie dan mienya diputus dengan mulut, akan dianggap tidak sopan lho. Jadi sekali ambil pakai sumpit, langsung masuk ke mulut tanpa diputus.

Harga mie soba sendiri cukup terjangkau kok. Harganya sekitar 350-800 yen. Harga tersebut tergantung pada tempat makan dan hidangan pelengkapnya ya. Karena porsinya yang cukup banyak, kamu pasti langsung puas setelah menikmati seporsi soba sehabis jalan-jalan menikmati keindahan Jepang.

Selamat menikmati...

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia