Jepang
Sirkuit International Suzuka, Tempat Nonton Balapan Mobil F1 Di Jepang
2017-08-06 10:27:23
HIS Travel

Balapan Formula 1 selalu dilangsungkan di beberapa sirkuit terbaik dunia. Keseruan dan kemeriahan balapan F1 akan terlihat saat kamu menyaksikannya langsung. Namun, jika kamu tidak tahu sirkuit balap Formula 1 yang harus dikunjungi, atau berencana ingin mengunjungi salah satunya, Sirkuit Internasional Suzuka adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Sirkuit Internasional Suzuka terletak di wilayah Suzuka, bagian dari prefektur Mie, di bagian utara pulau Honshu, Jepang. Jaraknya sekitar 50 km ke arah selatan Nagoya, kota terbesar ketiga di Jepang. Selama bertahun-tahun, Suzuka telah berkembang menjadi sebuah kota industri yang sangat modern, terutama karena keberadaan pabrik mobil raksasa dunia, Honda. 


Image source : panoramio.com

Selain terkenal sebagai kota industri, Suzuka juga terkenal dengan sirkuitnya, yaitu Sirkuit Internasional Suzuka, yang menjadi salah satu lintasan Formula 1 terbaik di dunia. Bahkan, beberapa pembalap Formula 1 menjadikan lintasan ini sebagai sirkuit favorit mereka.

Sirkuit Suzuka yang didesain oleh John Hugenholtz bisa diibaratkan seperti Jepang dan budayanya, yaitu unik. Akan tetapi, sirkuit Suzuka sebenarnya dibangun sebagai lintasan uji coba produk Honda pada tahun 1962. Desainnya yang menyerupai angka delapan, menjadikan Sirkuit Internasional Suzuka sebagai satu-satunya lintasan balap F1 dimana pembalap bisa melintas searah atau berlawanan dengan arah jarum jam.


Image source : f1fanatic.co.uk

Secara historis, ada banyak kejadian yang pernah terjadi di Sirkuit Internasional Suzuka, mulai dari keberhasilan, kegagalan, dan bahkan kecelakaan tragis

Pertandingan balap yang berlangsung sengit antara Senna-Prost pada tahun 1988 dan 1989, Senna-Irvine pada tahun 1991, Schumacher yang mendapatkan julukan "Rainmaster" pada tahun 1994, dan Alonso yang berhasil menggulirkan Schumacher sebagai juara bertahan pada tahun 2005 adalah beberapa momen legenda yang terjadi di Suzuka. 

Namun, lintasan Suzuka juga menjadi saksi kematian Jules Bianchi akibat kecelakaan yang tak terhindarkan. 


Image source : suzukacircuit.jp

Selain sebagai tempat berlangsungnya beberapa pertandingan balap Formula 1, Sirkuit Internasional Suzuka juga juga dilengkapi dengan taman hiburan Motopia. Ada beragam wahana permainan yang bisa kamu coba di Motopia. Mulai dari permainan untuk anak usia 3 tahun hingga dewasa.

Wahana-wahana tersebut secara mayoritas menggunakan mesin bermotor, tetapi aman untuk dikendarai. Sejak pertama kali didirikan, Motopia selalu menjadi destinasi wajib setelah menyaksikan pertandingan Formula 1 di Jepang. 


Image source : fitfreak.net

Kalau kamu ingin menghabiskan waktu yang lebih lama, Sirkuit Internasional Suzuka menawarkan penginapan dengan desain berbau otomotif. Kamu seperti dibawa kedalam sebuah mobil berukuran besar karena desainnya menyerupai interior mobil. Ditambah lagi dengan jejeran foto bertema balapan Formula 1 yang memenuhi dinding hotel.

Saat lelah dan badan terasa lengket setelah menyaksikan pertandingan Formula 1 di bawah terik matahari yang menyengat, ada beberapa pilihan kolam renang yang bisa menyegarkan tubuh kamu.

Sirkuit Internasional Suzuka memang dibangun dengan beragam fasilitas yang akan memanjakan kamu. Selain itu, terdapat pula pemandian air panas Kur Garden, lapangan golf, gym, dan bahkan lapangan tenis. Sirkuit Internasional Suzuka adalah perpaduan yang sangat lengkap! Sayangnya, karena cuaca di Suzuka yang tidak dapat diprediksi, mengharuskan kamu untuk selalu membawa payung, sunblock, dan juga sweater atau jaket sepanjang waktu.


Image source : f1fanatic.co.uk

Kalau kamu tertarik untuk melihat balapan F1, tanggal 8 Oktober 2017 nanti akan ada Grand Prix Jepang. Untuk menyaksikan keseruan pertandingan Formula 1, suara deru mesin yang kuat, dan mobil yang melintas dengan sangat cepat, segera persiapkan liburanmu ke Suzuka Jepang. Melihat pertandingan Grand Prix secara langsung akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan! 

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Jepang pada H.I.S!

Top image source : f1fanatic.co.uk