Info Muslim
Siapa Bilang Mencari Makanan Halal di Phnom Penh Itu Sulit!
2017-06-04 16:45:02
HIS Travel

Tempat makan halal menjadi masalah utama setiap kali kamu melancong ke negara yang penduduknya mayoritas muslim.

Bagi kamu yang ingin melancong ke Phnom Penh, Kamboja, kamu tidak perlu risau karena terdapat beberapa restoran halal di sana. Jika kamu naik tuk tuk, silahkan minta ke driver untuk mengantarkan kamu ke restoran-restoran tersebut di kota Phnom Penh. Setiap restoran memiliki menu halal, cara masak, cita rasa, dan harga yang berbeda-beda.

1.Warung Bali
Dari namanya sudah jelas Warung Bali adalah salah satu restoran asal Indonesia. Porsi yang ditawarkan cukup besar, tetapi dijual dengan harga terjangkau. Sekitar 2 USD$ per porsi. Dekorasi interior Warung Bali sangat kental dengan nuansa Bali. Untuk menemukan restoran ini sangat mudah sekali karena terletak di seberang Royal Palace dan di sebelah hotel Frangipani Royal Palace yang terkenal. Beberapa restoran di sebelahnya juga bisa menjadi bonus bagi kamu untuk mencicipi menu lainya. 


Image source : celina2609.wordpress.com

Salah satu menu favorit di sini adalah nasi gila yang terdiri dari nasi putih, telur dadar, dan ayam suwir. Selain itu ada juga es kelapa muda yang akan menghilangkan dahagamu.

2. Borobudur Restaurant
Restoran Indonesia yang satu ini baru saja di bangun di area BKK1. Dulunya adalah tempat minum kopi, tetapi direnovasi menjadi sebuah restoran. Ruang makan di dalamnya sangat luas sekali dengan pencahayaan yang cukup. Menu yang disajikan tidak mengecewakan seperti misalnya ayam penyet pedas, ketoprak, pecel lele, iga bakar bumbu Bali, dan selalu ada menu baru setiap bulannya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, tetapi dengan porsi yang pas.


Image source : phnompenhpost.com

3. Kentucky Fried Chicken (KFC)
Hampir di seluruh penjuru dunia, kamu akan menemukan tempat makan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). Begitu pula dengan ibukota Kamboja, Phnom Penh. Ada beberapa KFC di kota tersebut. Kabar baiknya, KFC disana mencantumkan label halal dan telah tersertifikasi halal sehingga sangat cocok untuk umat muslim. Selain itu menu KFC di kamboja juga hampir mirip dengan KFC Indonesia, dan harganya tidak jauh berbeda.


Image source : travelinstylewithfara.blogspot.co.id

4. Halal Restaurant
Halal Restaurant telah menjadi tempat makan favorit di Phnom Penh karena menyajikan kuliner lokal khas Kamboja, tetapi dengan bahan-bahan yang halal. Pemilik tempat makan ini mahir berbahasa melayu dan sedikit mengerti bahasa Indonesia, sedangkan para pegawainya merupakan warga muslim Kamboja yang juga mengerti bahasa melayu. Kalau kamu ingin makan di Halal Restaurant, tempat ini buka mulai pukul 7.30 a.m dengan pilihan menu seperti bubur ayam, kwetiaw, bihun goreng, dan menu lainnya. Harganya sangat terjangkau mulai dari Rp.15.000 per porsi.


Image source : hepymoments.blogspot.co.id

5. Cafe Malaya
Kalau kamu naik tuk tuk, mungkin akan sulit menemukan Cafe Malaya. Padahal ada plang nama berwarna kuning dan bendera malaysia tepat di depat Cafe Malaya, lebih spesifiknya terletak di Street 118.


Image source : muncity.blogspot.co.id

Banyak pekerja Malaysia yang berkunjung ke sana untuk makan siang dengan menu buffet seharga 5 USD per orang. Menu yang ditawarkan adalah masakan rumahan seperti kari ayam, ikan balado, rendang daging, ikan patin masak pedas, telur dadar, dan sambal belacan. Kamu juga bisa memesan es kopi, es teh, dan bubur pulut hitam sebagai hidangan penutup. Pemilik kafe ini sangat ramah, jadi jangan ragu untuk datang ke Cafe Malaya.

6. Madras India Restaurant
Madras India Restaurant dulunya terletak di Boeng Keng Kang (BKK1), tetapi sekarang sudah pindah ke wilayah Basaac Lane. Pemilik restoran ini sangat sigap dan cepat ketika melayani pelanggan. Kuliner India yang ditawarkan juga sangat lezat sekali, tidak heran jika restoran ini dijadikan tempat meet up orang-orang di Basaac Lane. Beberapa menu khas India yang ditawarkan yaitu nasi ayam briyani, dosa berukuran besar, masala, kari, dan ayam mentega.


Image source : tasteofphnompenh.com

Top image source : jotarofootsteps.blogspot.co.id