Food
Shirokuma, Dessert Enak dari Kagoshima
2017-02-14 10:27:04
HIS Travel

Di Bulan Februari yang dingin ini, memang sebaiknya kamu memakan makanan yang hangat, bukan?

Tapi musim dingin akan segera berganti menjadi musim semi. Begitu pula dengan cuaca dingin yang akan menghangat seiring dengan bergantinya hari.

Terlebih di Jepang bagian selatan yang memiliki cuaca dingin relatif singkat, musim semi akan disambut dengan cuaca cerah yang menyenangkan!

Untuk menikmati hari-hari yang cukup panas, pasti kamu butuh makanan yang bisa menurunkan suhu tubuhmu bukan? Apalagi kalau bukan memakan makanan dingin.

Di Kagoshima ada satu dessert yang wajib untuk kamu coba, apalagi kalau kamu datang di musim panas! Namanya adalah ‘Shirokuma’.

Mungkin dalam bayanganmu, shirokuma adalah beruang kutub, seperti salah satu tokoh yang ada di dalam anime ‘Shirokuma Cafe’. Tapi Shirokuma yang ini bukanlah sebuah hewan, melainkan dessert.Shirokuma terbuat dari kakigoori (es serut) yang dibuat sehingga menyerupai bentuk kuma (beruang).

Kakigoori sendiri adalah es serut khas Jepang yang memiliki berbagai rasa dan biasa dijual saat musim panas. Es serut tersebut disiram dengan sirup yang terdiri dari berbagai rasa dan warna. Untuk memberikan variasi rasa, kakigoori juga kini diberikan berbagai topping, baik itu berupa buah maupun kacang hingga cokelat.

Khusus untuk kakigoori khas Kagoshima yang disebut Shirokuma ini, kakigoori akan disiram dengan susu kental manis layaknya salju putih (Shiro), kemudian dibubuhi dengan jelly dan kacang merah sebagai Topping. Buah yang akan kamu temukan di Shirokuma biasanya adalah pisang, jeruk, mangga, cherry, bahkan melon potongan besar. Terkadang kamu juga menemukan buah anggur dan kiwi.

Rasanya? Yummm...

Bukan cuma shirokuma, di Kagoshima juga ada yang namanya ‘Akuma’. Masih sejenis kakigoori, hanya saja dessert yang satu ini berwarna merah karena diberi topping buah naga yang banyak sehingga menutupi seluruh permukaan es serut.

Harganya berbeda tergantung porsi yang kamu inginkan.

Di beberapa restoran di Kagoshima sendiri biasanya menyajikan beberapa versi Shirokuma, lho. Yaitu Shirokuma dengan topping sirup cokelat dan shochu (minuman beralkohol dari Jepang)

Kagoshima memang terkenal dengan buahnya yang lezat dan enak. Jadi, dessert seperti Shirokuma dan Akuma yang diberi topping buah yang banyak sudah pasti akan membuat rasa semakin lezat!

Banyak wisatawan yang datang ke Kagoshima demi mencoba dessert menyegarkan yang satu ini. Apa kamu ingin menjadi salah satunya?

Selamat mencoba...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang/wisata-jepang/kagoshima

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia