People & Culture
Serunya Menonton Bunraku, Pertunjukan Wayang Boneka Khas Jepang
2017-08-14 15:31:39
HIS Travel

Pertunjukan wayang boneka, atau dikenal sebagai Bunraku, adalah kegiatan yang wajib masuk itinerary liburan kamu di Jepang. Mungkin awalnya kamu akan merasa bosan, tapi setelah itu kamu akan tenggelam dan takjub dengan pertunjukan Bunraku. Jadi, seperti apa sih serunya menonton Bunraku di Jepang?

Bunraku (文楽) adalah salah satu seni tradisional Jepang berupa pertunjukan wayang boneka atau puppet. Bunraku mulai dipopulerkan pada zaman Edo, terutama di wilayah Osaka, dan berevolusi menjadi seni teater pada akhir abad ke-17. Sama seperti Kabuki dan Noh, Bunraku juga menjadi warisan budaya dunia yang dilindungi oleh UNESCO.


Image source : flicker.com

Boneka puppet Bunraku memiliki ukuran setengah tubuh manusia dan masing-masing boneka dioperasikan oleh tiga orang (seorang dalang, dan dua asisten dalang). Mereka tidak menggunakan senar atau benang untuk mengoperasikan boneka. Dalang dan asisten saling bekerjasama untuk menggerakan anggota badan, kelopak mata, bola mata, alis, dan mulut boneka sehingga terlihat nyata dan lebih berekspresi.

Penonton bisa melihat para dalang di atas panggung sedang menggerakan puppet. Mereka tidak bersembunyi di balik panggung. Mereka justru mengenakan pakaian serba hitam yang menyimbolkan invisibilitas. 


Image source : japantimes.co.jp

Meskipun pergerakan mereka terlihat sedikit mengganggu, tetapi semata-mata agar pergerakan puppet terlihat natural. Masing-masing dari mereka memiliki tugas yang berbeda. Salah seorang mengoperasikan tangan kanan dan kepala, seorang lainnya menggerakan tangan kiri, dan sisanya menggerakan kaki.

Kesuksesan pertunjukan wayang Bunraku terlihat dari kerjasama tim yang kompak karena telah berlatih selama berbulan-bulan sebelum tampil di panggung, yakni para dalang, narator, dan pemain musik. Sedangkan puppet atau boneka yang digunakan terlihat sangat detail dengan mekanisme sendi atau engsel yang sempurna. Terlihat seperti tubuh manusia sungguhan. Namun, mereka tetap saja boneka yang harus dikendalikan oleh manusia.

Intinya adalah kombinasi antara dalang yang handal dan mekanisme sendi puppet yang sempurna sehingga terlihat seperti hidup. Kalau di belahan bumi bagian barat, puppet digunakan untuk menghibur anak-anak, maka di Jepang puppet Bunraku bisa dijadikan hiburan segala usia.


Image source : insidejapantours.com

Selain para dalang yang handal, aspek menarik lainnya dari pertunjukan Bunraku adalah musik pengiring. Musik tersebut biasanya dimainkan hanya oleh dua orang saja, tetapi tersinkron secara sempurna dengan pergerakan puppet di panggung. Selain itu narator dan pengisi suara juga terlihat menjiwai karakternya masing-masing. Dengan rentang vokal yang lebar, mereka bisa membawakan beragam jenis ekspresi sehingga puppet seperti hidup.

Hal menarik lainnya bisa kamu temukan dari pertunjujan Bunraku adalah bahasa dan teks yang digunakan. Mungkin hanya akan menarik jika kamu bisa memahami bahasa Jepang secara fasih. Karena kebanyakan cerita Bunraku ditulis sejak abad ke-18, sehingga jangan kaget jika menemukan kata-kata baku bahasa Jepang yang sudah tidak digunakan di masa sekarang.


Image source : insidejapantours.com

Sedangkan sekarang ini, Bunraku lebih sering dimainkan di teater modern dengan tempat duduk bergaya Eropa. Dalam sehari biasanya ada dua kali pertunjukan, pada siang hari atau atau pada malam hari, dan memiliki tema atau cerita yang berbeda. Harga tiket tiap pertunjukan bervariasi mulai dari 1500 hingga 6500 yen.

Teater Nasional Bunraku di Osaka, yang menjadi kota kelahiran Bunraku, adalah tempat terbaik bagi para wisatawan untuk melihat pertunjukan wayang boneka Bunraku. Setiap tahunnya, setiap 3 sampai 6 minggu sekali akan ada empat pertunjukan yang sudah terjadwal secara pasti. Setiap pertunjukan juga disediakan headset bahasa Inggris agar kamu bisa memahami ceritanya secara mudah.


Image source : kotobuki-seating.co.jp

Seni teater tradisional khas Jepang memang sangat indah, unik, dan menjadi kekayaan budaya yang dilindungi. Bunraku mungkin bukan hal yang menarik bagi sebagian orang, tetapi sangat direkomendasikan saat kamu berlibur ke Jepang. Kalau kamu ingin mengetahui cerita kepahlawanan, percintaan yang tragis, dan komedi yang menggelitik, Bunraku adalah jawabannya!

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

Top image source : jcccnc.org