City Travel
Serunya Liburan Musim Dingin di Toyooka
2017-02-06 08:10:08
HIS Travel

Musim dingin tentunya jadi salah satu musim yang diminati wisatawan untuk mengunjungi Jepang. Meskipun harus berjalan-jalan menikmati tempat-tempat wisata dalam suhu dingin yang mencapai 0 derajat celcius bahkan sampai minus, tetapi wisatawan akan merasa senang dan antusias untuk berlibur ke Jepang di musim dingin. Salju juga jadi salah satu alasan mengapa wisatawan memilih musim dingin sebagai waktu yang tepat untuk liburan.

Saat ini, tidak semua kota di Jepang merasakan hujan salju ketika musim dingin, hanya di beberapa area yang datarannya agak tinggi seperti Toyooka yang terletak di Prefektur Hyogo. Terdapat resort yang memang disediakan untuk wisatawan yang ingin menghabiskan liburan musim dingin mereka sambil bermain salju sepuasnya.

Toyooka lokasinya tidak jauh dari Osaka dan Kyoto, jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai transportasinya. Kamu bisa menggunakan akses Japan Rail West berupa kereta Limited Express dari Kyoto. Rute yang ditempuh adalah dari stasiun Kinosaki menuju stasiun Ebara dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Atau, kamu juga bisa menggunakan transportasi yang sama dari Osaka. Dari stasiun Osaka, kamu bisa memilih kereta Limited Express dengan tujuan Kinosaki atau Hamakaze menuju stasiun Ebara dengan waktu tempuh setengah jam lebih lama yaitu 2,5 jam perjalanan.

Nah, apa saja yang ada di Toyooka untuk memenuhi keinginan kamu berlibur di Jepang sambil menikmati musim dingin semaksimal mungkin? Ini dia!

1. Kinosaki Onsen

Musim dingin merupakan waktu yang tepat untuk menikmati hangatnya pemandian air panas. Terdapat pusat pemandian air panas yang terkenal di Toyooka, yaitu Kinosaki Onsen. Terletak di sebelah barat laut kota Kyoto. Kinosaki Onsen merupakan sebuah wilayah yang menyediakan tujuh pemandian umum tradisional dengan memakai Yukata (baju khas Jepang). Dekat dengan kota Izushi yang bersejarah menjadikan Kinosaki Onsen begitu kental dengan tradisi dan keramahan penduduknya. Kamu bisa menikmati pemandangan Jepang yang tradisional di setiap sudutnya dan budaya Jepang yang khas, seperti orang-orang yang mengenakan Yukata bisa kamu jumpai di jalan-jalan Kinosaki Onsen.

Tujuh Onsen yang berada di Kinosaki Onsen memiliki julukan "Satoyu" dengan masing-masing nama sebagai berikut Goshono-yu, Mandara-yu, Kouno-yu, Ichino-yu, Yanagi-yu, Jizo-yu, dan Satono-yu. Ketujuh onsen tersebut memiliki nuansa yang berbeda-beda dengan karakteristik masing-masing. Setiap pengunjung yang menginap di Ryokan sekitar bisa mendapatkan tiket gratis untuk mengunjungi salah satu Satoyu sepuasnya hingga pukul 10 keesokan harinya.

Akses menuju Kinosaki Onsen bisa ditempuh dengan menggunakan kereta dari Himeji, Kobe, Osaka, maupun Kyoto. Agar lebih mudah kamu sebaiknya membeli JR-West Rail Pass yang bisa digunakan secara unlimited untuk menggunakan akses kereta JR di wilayah barat Jepang. Untuk info lebih lanjut mengenai JR Pass yang mana yang cocok untuk perjalanan kamu bisa lihat di website resmi JR yaitu www.westjr.co.jp/global/en

 

2. "Omotenashi" Guest House

Merasakan keramahan penduduk lokal Jepang memang bisa dirasakan di kota-kota yang tidak begitu padat penduduknya, seperti Toyooka. Suasana dataran tinggi yang asri membuat Toyooka begitu diminati wisatawan untuk dijadikan penginapan, salah satunya daerah Kannabe, area yang terkenal dengan Ski Resort-nya di musim dingin. Terlebih lagi disediakan berbagai guest house yang dikelola penduduk setempat dengan dekorasi yang unik dan suasana yang begitu nyaman seperti rumah sendiri. Salah satunya adalah Guest House AMIGO.

Guest House AMIGO dikelola oleh pasangan Kakek dan Nenek yang sangat ramah. Guest House AMIGO menyediakan 4 kamar tidur dengan fasilitas yang berbeda. 2 Kamar tidur dengan gaya Jepang lengkap dengan futon (kasur khas Jepang), lemari geser, serta tatami. Kamar gaya Jepang bisa ditempati hingga 3-4 orang, terdapat pintu geser yang menghubungkan ke balkon dengan pemandangan pedesaan yang menakjubkan. Di musim dingin, pemandangan dari balkon akan menyuguhkan hamparan salju yang menutupi pekarangan rumah yang biasanya dijadikan kebun sayuran dan buah-buahan. Lain lagi ketika kamu menginap di musim panas, gemerlap kunang-kunang akan menghiasi langit malam yang bisa kamu nikmati dari balkon. Sedangkan, untuk kamar dengan gaya modern tersedia dengan fasilitas kasur bertingkat yang begitu berwarna, kamar yang bersih dan rapi membuat kamu bisa beristirahat dengan nyaman.

Di musim dingin, kamu akan disuguhi makan malam berupa olahan kepiting besar yang dimasak seperti shabu-shabu. Kepiting khas Kannabe begitu lezat dan manis dagingnya. Lain halnya ketika musim panas, malamnya kamu akan disuguhi pesta barbeque di halaman belakang rumah. Sebelum tidur, kamu dipersilahkan untuk memakai ofuru yaitu kamar mandi dengan bathup lebar berisi air hangat khas Jepang. Terdapat juga toilet dan wastafel yang bisa digunakan bersama-sama.

Dari Kinosaki Onsen, perjalanan menuju Guest House AMIGO bisa ditempuh menggunakan bus sekitar 45 menit. Selain Guest House AMIGO, kamu juga bisa menemukan beberapa Guest House lain yang berada di wilayah yang sama dengan pelayanan yang begitu "Omotenashi", yaitu keramahan yang diberikan pemilik Guest House-nya. 

3. Kannabe Ski Resort

Bermain salju di musim dingin pastinya menjadi hal yang diinginkan wisatawan Indonesia. Selain penasaran dengan dinginnya salju, pastinya menjadi pemandangan yang langka karena Indonesia merupakan negara tropis. Terdapat Ski Resort yang menawarkan berbagai fasilitas Ski mulai dari Snowshoe hingga Sleigh.

Kamu juga bisa mencoba pengalaman mendaki bukit bersalju yang dinamakan Ski Walking. Mencapai puncak bukit dengan hamparan salju dimana-mana merupakan pemandangan yang wajib kamu nikmati di musim dingin. Meskipun perjalanan yang ditempuh lumayan melelahkan, dengan berjalan kaki kamu bisa menikmati pemandangan hutan yang ditutupi salju, rumah-rumah kecil di atas bukit, dan pegunungan sekitar yang mengelilingi. Semuanya terlihat putih dan menakjubkan. Kamu harus mengantisipasi hawa dingin yang timbul, peralatan Ski Walking yang disediakan adalah sepatu salju, celana dan pakaian anti air, sarung tangan, serta papan bergerigi yang digunakan untuk mendaki di tengah salju. Di atas bukit, kamu bisa menikmati camilan dan minuman jahe panas yang disediakan guide-nya untuk mengurangi rasa dingin.

Kannabe Ski Resort bisa ditempuh hanya 10 menit dari Guest House AMIGO menggunakan mobil, biasanya setiap Guest House sudah menyediakan akomodasi menuju Kannabe Ski Resort.

Setelah selesai bermain salju, rasa lapar pasti datang, kamu bisa mengunjungi restoran yang menawarkan menu-menu tradisional khas Jepang seperti Soba (Mie) dalam porsi yang begitu besar, lengkap dengan Tempura juga Sup Miso. Selain pemandangannya yang indah, Kannabe juga menawarkan kuliner yang begitu lezat.

Mengunjungi Toyooka di musim dingin merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan. Selain pemandangan yang indah, kuliner yang lezat, keramahan penduduk lokalnya, serta serunya bermain salju di atas bukit Kannabe.

Transportasi yang mudah menggunakan Japan Rail West Pass menjadikan Toyooka tidak sulit untuk dijangkau. Kamu bisa mendapatkan JR West Pass di HIS Travel Indonesia untuk penawaran terbaik dan kemudahan pemesanan. Atau, kamu bisa memesan secara online melalui hisgo.co.id!

Rasakan kemudahan liburanmu ke Jepang bersama HIS Travel Indonesia!