People & Culture
Semarak Festival Balon Udara Eropa di Igualada
2017-07-09 17:44:04
HIS Travel

Bagi sebagian orang, menaiki balon udara adalah salah satu daftar pada bucket list mereka. Sensasi terbang ratusan meter diatas permukaan tanah dan pemandangan yang sangat indah dari udara menjadi angan-angan tidak hanya anak-anak, namun juga orang-orang dewasa di belahan dunia manapun. Bahkan dengan mengamati balon udara yang terbang beriringan pun sudah memberikan aura yang tenang bagi para penikmatnya. Karena itu, kota Igualada,Catalonia,Spanyol yang hanya berjarak 1-2 jam perjalanan dari kota Barcelona ini merupakan kota yang paling beruntung karena menjadi tuan rumah dari salah satu festival balon udara terbesar di Eropa, European Ballon Festival dengan jumlah pengunjung berkisar di angka 15.000 pengunjung setiap tahunnya. 

imagesource : adventurejay.com


Festival yang dimulai di minggu pertama bulan Juli setiap tahunnya ini diramaikan sebanyak lebih dari 50 balon udara dari seluruh belahan penjuru dunia. Tidak hanya itu, terdapat ratusan fotografer yang siap sedia menelurkan karya-karya apik fotografi di tiap tahunnya. Dan bukan tidak mungkin, hasil karya-karya tersebut menghiasi hari-hari anda sebagai wallpaper pada gadget atau laptop anda. Keindahan dibalik pemandangan balon-balon udara tersebut terletak dari pemaknaan atas balon udara itu sendiri. Balon udara berkaitan erat sebagai lambang dari impian dan petualangan serta jiwa muda yang dinamis.

imagesource : By Laureà (http://www.flickr.com/photos/calabepa/2665289108/) [CC BY 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons


Di daratan, anda akan dapat menikmati berbagai atraksi atau wahana keluarga bak pasar malam yang disediakan bagi para pengunjung; seperti lintasan untuk balap sepeda, sumo, sepakbola, workshop juggling dan masih banyak lainnya. Belum lagi dengan adanya perlombaan-perlombaan yang menguji kemampuan dari awak-awak balon udara ketika harus menempuh lintasan tertentu dan mendaratkan balon udara di tempat yang telah ditentukan oleh panitia festival dan berpacu dengan balon udara yang lainnya. Dan jangan kaget ketika anda mendapati di tengah-tengah festival bahwa balon-balon udara tersebut dapat berkoordinasi satu sama lain untuk membentuk pola-pola yang apik dan memanjakan mata para wisatawan di daratan.

imagesource : wikipedia


Dan apabila pemandangan tersebut masih kurang, anda dapat menantikan hingga malam hari tiba, dimana terdapat letupan-letupan kembang api yang disulut ke langit malam untuk merubah suasana menjadi lebih semarak. Tidak hanya itu, balon-balon udara yang terbang waktu itu akan dihiasi lampu-lampu yang disusun rapi menyesuaikan dengan cahaya temaram bulan di malam hari. Tentunya pemandangan tersebut, dan ditambah dengan lantunan musik yang mengalir dari acara musik yang turut mengiringi malam itu akan memberikan nuansa yang cukup romantis bagi anda dan orang terkasih yang anda ajak bersama untuk melihat festival balon udara ini.
Namun, apabila anda masih merasa kurang puas menjadi spektator, anda dapat secara langsung merasakan sensasi menaiki balon udara dan mewujudkan impian anda yang terpendam. Wisatawan yang telah memesan kesempatan untuk terbang dengan balon udara akan ditemani oleh awak balon yang sudah profesional dan tidak jarang merasa tidak puas hanya dengan 1 kali terbang saja. Apabila anda mau, anda juga dapat merasakan pengalaman baru membantu awak balon udara, mulai dari memompa udara panas ke dalam balon, menavigasi balon -bersama awak profesional tentunya, dan membereskan kembali balon udara yang baru saja digunakan untuk terbang. Selain itu, paket layanan akomodasi yang ditawarkan bagi para pengunjung juga cukup komplit, karena penyedia layanan juga akan memesankan mobil sebagai sarana transportasi para pengunjung setelah kegiatan anda selesai di lahan festival balon udara ini, lengkap dengan guide yang ramah dan komunikatif.

 

top imagesource : wikipedia