People & Culture
10 Hal Penting Tentang Sejarah Mata Uang Vietnam Yang Harus Diketahui Para Wisatawan
2018-01-28 17:50:47
HIS Travel

Tiap negara di dunia memang unik. Mereka memiliki budaya yang berbeda, hingga mata uang yang penyebutnannya beraneka rupa. Bila di Indonesia kita mengenal Rupiah, di Vietnam kita akan mengenal Dong (VND). Tapi, apakah Anda sudah mengetahui tentang sejarah mata uang Vietnam tersebut?

Bila belum, yuk kita simak dulu info yang telah kami rangkumkan sebelum Anda pergi berwisata ke Vietnam bersama H.I.S Travel! Selamat menyimak!

 

1. Sejarah Mata Uang Vietnam Sudah Dimulai Sejak Ribuan Tahun Silam


Image source : https://commons.wikimedia.org/

Berdasarkan penelitian para sejarawan, salah satu anggota dari ASEAN ini sudah memiliki mata uangnya sendiri sejak sekitar abad ke 8. Bentuk fisiknya berupa koin berlubang, yang bila dilihat sekilas memiliki kemiripan dengan koin kuno buatan Jepang dan Cina

Kemiripan tersebut dirasa sangat wajar. Mengingat, letak geografisnya yang cukup berdekatan dengan Cina, menjadikan interaksi sosial dibidang ekonomi dan budaya terlalu sulit untuk ter elakan.

 

2. Sebelum Terbitnya Mata Uang Dong, Uang Kolonial Perancis Sempat Digunakan Di Negara Ini


Image source : https://en.wikipedia.org/

Sama halnya dengan Indonesia, Vietnam pun sempat merasakan pahitnya zaman penjajahan. Bila negri kita dikuasai oleh Belanda, negara Vietnam dijajah oleh Perancis. Dan tercatat, perancis pun sempat berkuasa dan menerbitkan uang yang berlaku di seantero French Indocine (Vietnam) pada sekitar tahun 1885.

Meskipun baru muncul di era penjajahan, nyatanya uang terbitan perancis ini berhasil menggeser peran mata uang kuno yang biasa digunakan oleh para penduduk lokal. Dan perlahan-lahan, uang kuno pun sudah tidak lagi dipergunakan dengan satu dan lain alasan.

 

3. Lepas Dari Belenggu Penjajah, Sejarah Mata Uang Vietnam Memiliki Mata Uang Barunya


Image source : http://cintaihidup.com/

Akibat perang yang semakin berkecamuk, bangsa perancis pun kehilangan dominasinya di Vietnam. Alhasil, Vietnam sukses merdeka, dan mencetak mata uang Dong pada 3 November tahun 1946. Mata uang ini dicetak oleh Bank Nasional Vietnam, dan menggantikan mata uang sebelumnya, yang dicetak oleh bangsa penjajah.

Menariknya, meskipun nama mata uang ini sama dengan mata uang kuno yang berarti tembaga (perunggu), Pihak Bank tetap mencetak versi pecahan uang kertasnya dari pecahan kecil hingga pecahan terbesar.

 

4. Perpecahan Politik Pun Sempat Membuat Dong Menjadi Dua Jenis


Image source : https://www.flickr.com/photos/13476480@N07/10650817143/

Setelah merdeka, Vietnam dilanda perang saudara. Penyebabnya adalah, terdapatnya perbedaan ideologi antara Vietnam utara, dengan Vietnam selatan. Sehingga, menyebabkan Vietnam Selatan memisahkan diri dengan Vietnam utara dan menerbitkan mata uang yang bernilai sama dengan Dong Vietnam Utara.

Pada saat yang sama, Vietnam utara pun melakukan revaluasi terhadap mata uang yang mereka gunakan. Bank central pun menerbitkan mata uang yang bertuliskan North Vietnam Dong guna menunjukan perbedaan yang jelas antara Dong Vietnam utara dan Dong Vietnam selatan.

 

5. Meskipun Sempat Terpisah, Akhirnya Dong Kembali Menjadi Satu Setelah Terucap Kata Damai


Image source : https://www.flickr.com/photos/mvoelker/7380607202/

Setelah melalui serangkaian peristiwa penting, Vietnam akhirnya bisa berdamai dengan saudaranya. Dan hingga kini, hanya terdapat satu jenis Dong saja. Menariknya, buku sejarah mata uang Vietnam mencatat bahwa 1 Dong baru setara dengan 10 Dong lama.

 

6. Ternyata Dong Sempat Memiliki Nilai Pecahan Yang Ada Dibawahnya Loh!


Image source : https://commons.wikimedia.org/

Meskipun Dong cukup populer sebagai sebutan untuk mata uang Vietnam, nyatanya sempat ada sebutan lain untuk beberapa pecahan mata uang di negara tersebut. Adalah Hao dan Xu yang sempat dijadikan alat bertransaksi yang menunjang Dong kala itu. Seiring degan laju inflasi yang kian tinggi, pecahan tersebut akhirnya tidak lagi dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

7. Nilai Mata Uang Dong Berada Di Bawah Rupiah


Image source : https://www.flickr.com/photos/black_claw/5226919881/

Hingga hari ini, Dong memiliki kurs nilai tukar yang berada di bawah nilai mata uang Rupiah. Biasanya, Anda akan mendapatkan sekitar VND 17.000 setiap anda menukarkan IDR 10.000 di money changer terderkat.

Tak hanya mata uangnya saja, biaya hidup disana pun terbilang murah. Sehingga, Anda dapat membeli makanan enak tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

 

8. Uang Pecahan Besar Dong Lebih Keren Ketimbang Uang Pecahan Kecilnya


Image source : https://www.flickr.com/photos/jmparrone/6032133563/

Tak dapat disangkal, masyarakat Vietnam lebih menyukai desain pecahan uang besar ketimbang pecahan uang kecil. Terlepas dari nilainya yang kontras, desain yang ditunjukan oleh mata uang tersebut juga berbeda jauh.

Setelah ditelusuri, ternyata kedua jenis pecahan uang tersebut dicetak oleh percetakan uang yang berbeda. Untuk pecahan uang kecil, Vietnam menyerahkannya pada perum percetakan uang dalam negri. Sementara untuk pecahan uang besar, Vietnam meneken kerjasama dengan pihak percetakan luar negri.

Oleh karenanya jangan heran bila desain dan kualitas uang pecahan besar VND jauh lebih keren dan tangguh ketimbang uang pecahan kecil yang ada disana. Namun sebagai wisatawan asing yang berkunjung kesana, Anda wajib menghargai mata uang lokal ya!

 

9. Tokoh Pada Uang Dong Tidak Sebanyak Tokoh Yang Tercetak Pada Rupiah


Image source : http://cintaihidup.com/

Pernah memperhatikan mata uang Dong? Pasti Anda tidak asing dengan gambar dari Ho Chi Minh, bapak dari bangsa Vietnam. Oleh karenanya, wajib bagi Anda untuk lebih teliti lagi dalam memperhatikan uang yang Anda serah terimakan, bila Anda terbiasa membedakan setiap uang dengan gambar foto yang biasanya berbeda.

 

10. Menukarkan Dong Di Bandara Lebih Menguntungkan


Image source : https://www.flickr.com/photos/dgmckelvey/6914127808/

Sebagai wisatawan asing, Anda dimudahkan untuk mendapatkan pecahan uang Dong di money changer yang tersebar di beberapa lokasi di Vietnam. Meskipun begitu, ada baiknya bila Anda hanya menukarkan uang yang Anda miliki ketika Anda berada di bandara Vietnam. Sebab, pihak money changer bandara menerapkan kurs yang lebih menguntungkan bagi wisatawan, dan Anda pun akan mendapatkan lebih banyak VND untuk dihabiskan selama berlibur di negri Vietnam.

Oke, itulah tadi artikel singkat tentang sejarah mata uang Vietnam. Semoga dengan artikel ini, Anda tak lagi bingung saat berkunjung ke Vietnam bersama H.I.S Travel nanti ya! Sampai jumpa!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/jmparrone/6032133563/