People & Culture
Sejarah Unik Mata Uang Hong Kong
2017-12-14 22:20:53
HIS Travel

Setiap negara memiliki sejarah tersendiri salah satunya sejarah mata uang di setiap negara. Sejarah biasanya menjelaskan mengenai asal usul kebudayaan di suatu negara atau membahas mengenai terjadinya sebuah negara. Seperti halnya Hong Kong yang banyak memiliki sejarah salah satu sejarah mengenai mata uang Hong Kong. Kali ini H.I.S Travel Indonesia akan membahas mengenai sejarah mata uang Hong Kong.
Hong Kong Dollar atau HKD memiliki nilai tukar yang dapat digunakan secara resmi di Hong Kong. Tapi tahukah Anda bahwa dollar Hong Kong jika dtukar di bandara akan mengalami penurunan nilai mata uang tersebut. Karena para penukar dolar memgambil keuntungan besar bagi para traveler yang menginjakan kaki pertama di Hong Kong, untuk itu lebih baik selalu sedia cash HKD demi kenyamanan dan keamanan Anda saat berjalan-jalan. Mata uang Hong Kong memiliki bentuk yang unik, bahkan mata uang dollar di Hong Kong memiliki dua jenis karena dikeluarkan oleh dua pemerintahan yabg berbeda. Mata uang dolar yang pertama dikeluarkan pada saat Hong Kong dikuasai oleh Inggris. Sementara uang selanjutnya dikeluarkan oleh pemerintah China. Membaca dua jenis mata uang dollar Hong Kong membuat pikiran bingung harus menggunakan yang mana. Anda tidak perlu khawatir karena kedua jenis mata uang ini semua dapat digunakan di Hong Kong karena keduanya memiliki nilai jual yang sama.

Kira-kira apa perbedaan dari kedua mata uang ini?, jika dilihat secara seksama dari desainnya sudah terlihat berbeda. Pada uang koin yang dikeluarkan pada zaman pemerintah Inggris Anda akan menemukan gambar tokoh berpengaruh yaitu raja atau ratu Inggris. Sedangkan uang koin yang dikeluarkan oleh pemerintah China dapat Anda jumpai gambar bunga bauhinia. Uang koin Hong Kong keluaran pemerintah Inggris ini sampai sekarang masih diterima oleh publik namun jumlahnya sudah jarang ditemukan. Apabila Anda ke Hong Kong dan menerima mata uang keluaran Inggris tidak apa-apa di terima karena di sana masih berlaku. Selain uang koin ada juga uang kertas yang tak kalah unik. Jika di Indonesia semua uang dikeluarkan oleh satu bank saja yaitu Bank Indonesia, sedangkan di Hong Kong uang kertas di keluarkan oleh tiga bank yaitu HSBC, Bank Of China, atau Standard Chartered Bank. Ketiga bank itulah yang berhak mencetak uang di Hong Kong. Menariknya, uang yang dicetak dari ketiga bank tersebut memiliki desain yang sangat berbeda.

(Sumber gambar : google.com)

Nah jika Anda berada di Hong Kong jangan heran jika mendapati ada beberapa uang yang disimpan berbeda-beda, dari mulai jenis bahan yang digunakan sampai warnanya. Namun tidak perlu khawatir sebab semuanya memiliki nilai jual. Selain itu terdapat pula pecahan 10 dolar Hong Kong berwarna biru yang terbuat dari plastik. Sedangkan yang lainnya terbuat dari kertas. Khusus untuk uang itu pemerintah Hong Kong yang mencetaknya bahan yang digunakan pun terbuat dari plastik. Motif atau ikon yang digunakan sebagai lambang mata uang Hong Kong pun berbeda-beda, seperti cetakan dari Bank Of China mengambil logo Tower Of Bank China di depan Victoria Harbour. Kemudian dari Standard Chartered hadir dengan berbagai macam gambar binatang seperti ikan dan naga.

(Sumber gambar : google.com)

(Sumber gambar : google.com)

Bagaimana?, cukup unik bukan?. Berbeda dengan di Indonesia yang semua pencetakan mata uang dicetak okeh satu Bank saja yaitu Bank Indonesia. Walau di Indonesia terdapat dua jenis mata uang namun yang pertama adalah mata uang sebelumnya sedangkan di Hong Kong memiliki dua mata uang karena dikeluarkan oleh dua pemerintahan yang berbeda. Jadi jangan heran jika Anda berkunjung ke Hong Kong akan menemukan dua mata uang yang berbeda. Bagaimana, unik bukan?. Selain mata uangnya yang unik ada juga nih beberapa kuliner yang tak kalah uniknya. Dari mulai yang biasa, luar biasa, bahkan sampai yang ekstrim sekalipun Hong Kong menyediakan. Hingga yang paling dicari yaitu tempat belanja. Nah yang satu ini pasti memiliki jadwal wajibnya, apalagi wanita paling gemar yang namanya berbelanja. Saat berbelanja seperti ini sering bertaransaksi menggunakan mata uang, jika diberikan mata uang pada saat pemerintahan Inggris jangan dibilang palsu ya sebab itu bisa digunakan lho. Apabila kehabisan uang, Anda bisa langsung ke bank sekitar untuk menukarkan uang rupiah ke dalam HKD. Akhir tahun sudah akan tiba, saatnya merencanakan liburan.